Piala Dunia, Pembuktian Serbia Bukan Tim Hore

Mereka sempat jadi juru kunci dalam Piala Dunia 2010 lalu

Dibanding negara-negara eropa timur lainnya, nama Serbia jelas kalah beken. Prestasi mereka jauh jika dibandingkan dengan Rusia, Republik Ceko atau Kroasia. Namun, sejak memisahkan diri dari Montenegro pada 2006 lalu, mereka sudah dua kali lolos Piala Dunia. Sempat tercecer di 2010, kini mereka kembali lolos untuk membuktikan bahwa pecahan Yugoslavia ini bukan hanya tim hore.

1. Tercecer pada Piala Dunia 2010

Piala Dunia, Pembuktian Serbia Bukan Tim HoreTwitter.com/@FSSrbije

Sejak berpisah dengan Montenegro, Serbia memulai debut mereka di pertandingan internasional pada tahun 2006. Saat itu, mereka mampu mengalahkan Republik Ceko dengan skor 3-1. Kemudian, untuk pertama kalinya mereka mampu menembus piala dunia pada tahun 2010. Sayangnya, debut tim berjuluk The Eagles ini tak berujung manis. Mereka hanya menjadi juru kunci di grup D dengan sekali kemenangan dan dua kali kalah.

Sempat absen pada 2014, kini mereka mencoba kembali menunjukkan bahwa tim ini memang layak disejajarkan dengan perserta-peserta lain. Namun, langkah mereka juga tak akan mudah. Sebab, Serbia tergabung dengan raksasa dunia Brasil, serta dua kuda hitam lain, Kosta Rika, dan Swiss.

2. Diisi pemain yang berlaga di liga top eropa

Piala Dunia, Pembuktian Serbia Bukan Tim HoreTwitter/@FSSrbije

Meski tak terlalu mentereng, skuad Serbia juga tak bisa dianggap enteng. Tim mereka diisi nama-nama yang merumput di berbagai liga top eropa.

Sebut saja penyerang Manchester United Nemanja Matic, bek AS Roma Aleksandar Kolarov hingga pemain senior mereka Branislav Ivanovic. Jangan lupakan juga striker muda mereka Aleksandar Mitrovic yang menjadi andalan Newcastle United musim lalu.

Berikut skuad Serbia yang dibawa ke Rusia

Pelatih:

Mladen Krstajić 

Penjaga gawang:

Vladimir Stojkovic (Partizan Belgrade), Predrag Rajkovic (Maccabi Tel Aviv), Marko Dmitrovic (Eibar).

Pemain belakang:

Aleksandar Kolarov (AS Roma), Branislav Ivanovic (Zenit St. Petersburg), Dusko Tosic (Guangzhou R&F), Antonio Rukavina (Villarreal), Milos Veljkovic (Werder Bremen), Milan Rodic (Red Star Belgrade), Uros Spajic (Krasnodar), Nikola Milenkovic (Fiorentina).

Pemain tengah:

Nemanja Matic (Manchester United), Luka Milivojevic (Crystal Palace), Sergej Milinkovic-Savic (Lazio), Marko Grujic (Liverpool), Adem Ljajic (Torino), Dusan Tadic (Southampton), Filip Kostic (Hamburg SV), Andrija Zivkovic (Benfica), Nemanja Radonjic (Red Star Belgrade).

Striker:

Aleksandar Mitrovic (Newcastle United), Aleksandar Prijovic (PAOK Salonika), Luka Jovic (Benfica).

3. Negara eropa timur kerap jadi kuda hitam

Piala Dunia, Pembuktian Serbia Bukan Tim HoreTwitter.com/@FSSrbije

Kuda hitam. Itulah label yang kerap kali disematkan kepada tim-tim eropa timur dalam piala dunia. Prestasi mereka memang tak semoncer para tetangga dari belahan barat layaknya Jerman, Prancis atau Belanda.

Tercatat, hanya Kroasia yang mampu meraih prestasi terbaik dengan duduk di tempat ketiga pada Piala Dunia 1998. Kini, bersama Rusia dan Kroasia, Serbia akan mempertaruhkan nama besar negara-negara eropa timur lainnya. Terlebih, Piala Dunia akan digelar di Rusia, "kandang" mereka sendiri.

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya