8 Pemain Afrika dengan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier League!

Beberapa di antaranya kini masih aktif bermain lho!

Tak bisa dimungkiri bahwa Premier League merupakan salah satu liga sepak bola terbaik di dunia. Persaingan ketat dalam merebut gelar juara di setiap musimnya terus menghadirkan aksi-aksi pemain top di seluruh penjuru dunia, termasuk dari belahan bumi Afrika.

Beberapa musim terakhir para pemain dari benua Afrika memang sedang on fire dalam urusan mencetak gol. Sebut saja Mo Salah, dan Sadio Mane yang menjadi mesin gol Liverpool beberapa musim belakangan. Namun, sepanjang sejarah Premier League ada nama-nama yang lebih dahulu unjuk gigi dalam urusan mencetak gol. Penasaran siapa saja?

1. Didier Drogba (104 Gol)

8 Pemain Afrika dengan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier League!telegraph.co.uk

Tak heran jika Drogba menjadi yang terbanyak dalam daftar ini. Menjadi striker utama di Chelsea dan timnas Pantai Gading, kemampuannya dalam mencetak gol tidak perlu diragukan lagi. Bersama Chelsea ia telah mencetak 104 gol dan 54 assist serta ia telah memenangkan 4 gelar juara Premier League, 4 FA Cup dan 1 gelar juara Liga Champions Eropa.

2. Emmanuel Adebayor (97 Gol)

8 Pemain Afrika dengan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier League!metro.co.uk

Pemain timnas Togo ini telah bermain di 4 klub berbeda di Premier League yaitu Arsenal, Tottenham Hotspurs, Manchester City dan Crystal Palace, ia berhasil mengemas total 97 gol. Meski begitu ironisnya, ia belum meraih satu gelar juara pun di 4 klub tersebut.

3. Aiyegbeni Yakubu (95 gol)

8 Pemain Afrika dengan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier League!eurosport.com

Pemain timnas Nigeria ini memulai debut Premier Leaguenya dengan membela Portsmouth pada musim 2003-2004. Setelah bermain selama 2 tahu untuk klub tersebut ia pindah ke Middlesbrough pada tahun 2005. Selain kedua klub tersebut, ia juga pernah membela Everton dan Blackburn Rovers. Total selama ia berkarier di 4 klub Premier League berbeda itu, ia mencetak 95 gol.

4. Sadio Mane (80 gol) 

8 Pemain Afrika dengan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier League!90min.com

Didatangkan Liverpool dari Southampton pada tahun 2016, Sadio Mane langsung menjelma menjadi striker tajam Liverpool. Pemain timnas Senegal ini sepanjang kariernya di Premier League ia telah mencetak 80 gol, dan di musim ini ia mengoleksi 14 gol. Ia juga pernah meraih gelar top skor pada musim 2018/2019 dengan 22 golnya. Bersama Liverpool ia telah menjuarai 1 trofi juara dunia antar klub, 1 trofi super Eropa, dan 1trofi Liga Champions.

Baca Juga: 10 Pemain Afrika dengan Market Value Tertinggi, Duo Liverpool Termahal

5. Mohammed Salah (72 gol)

8 Pemain Afrika dengan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier League!goal.com

Tandem Sadio Mane di Liverpool, Mo salah juga memiliki rekor gol yang tak kalah hebat. Pemain berpaspor Mesir ini, bahkan pada musim 2017/2018 ia mampu mencetak 32 gol dan sekaligus menghantarkannya meraih gelar top skor di akhir musim. Sejauh musim ini ia telah mengoleksi 16 gol. Bersama Liverpool ia telah mengoleksi perolehan trofi yang sama dengan Sadio Mane. 

6. Yaya Toure (62 gol)

8 Pemain Afrika dengan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier League!bleacherreport.com

Gelandang timnas Pantai Gading dan Macnhester City ini, menjadi salah satu gelandang yang produktif dalam mencetak gol. Ia juga dipercaya sebagai kapten The Citizen, di beberapa musim. Yaya Toure membantu Manchester City kembali jadi sorotan dengan menjuarai Piala FA pada 2011, setelah 35 tahun puasa gelar. Selama membela Manchester City, Yaya Toure berhasil menjuarai tiga trofi Premier League, tiga trofi FA Cup, dan satu Community Shield.

7. Nwankwo Kanu (54 gol)

8 Pemain Afrika dengan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier League!thesefootballtimes.co

Berkarier selama satu dekade di Premier League, Kanu telah membela 3 klub berbeda yaitu Arsenal, West Bwromwich Albion, dan Porstmouth. Mulai menginjakkan kaki di Premier League bersama Arsenal pada tahun 1999, ia mencetak 42 gol dan membantu Arsenal menjuarai Premier League dan 1 piala FA. Total bersama 3 klub di Premier League ia mencetak 54 gol, dan mengakhiri kariernya bersama Porstmouth pada tahun 2012.

8. Riyad Mahrez (53 gol)

8 Pemain Afrika dengan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier League!id.mancity.com

Menjadi bagian dari skuad "ajaib" Leicester City yang menjuarai Premier League pada tahun 2016, nama Riyad Mahrez ikut menjadi sorotan karena penampilan gemilangnya sepanjang musim. Berkat hal itu, ia direkrut oleh Manchester City dan menjadi salah satu pemain andalan Pep Guardiola. Mahrez juga menjadi pemain Aljazair pertama yang berhasil mencetak hattrick di Premier League, ia mencatatkannya setelah Leicester mengandaskan Swansea City 3-0. Sepanjang ia berkarier di Premier League ia telah mencetak 53 gol.

Bukan tidak mungkin beberapa pemain yang masih aktif seperti Mo salah, Sadio Mane, dan Riyad Mahrez akan menambah pundi-pundi golnya dan memecahkan rekor baru. Dari 8 nama di atas adakah jagoanmu?

Baca Juga: 6 Pemain Afrika Paling Bersinar dalam Sejarah Premier League, Terbaik!

Fany Fachri R Photo Verified Writer Fany Fachri R

Mahasiswa S2 yang suka sepakbola, follow on ig @fanyrhamadan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya