Comscore Tracker

5 Gelandang Bertahan Terbaik yang Pernah Membela Chelsea, Tangguh!

Kante tersukses?

Posisi gelandang bertahan di sepak bola memiliki peranan penting di lini tengah, mereka bertugas untuk menjadi orang pertama memutus serangan lawan maupun membangun serangan.

Chelsea sebagai salah satu klub top Premier League terkenal mendatangkan para pemain kelas dunia mulai dari posisi penjaga gawang hingga penyerang. Salah satu transfer sukses dilakukan Chelsea adalah pemain yang bermain di posisi gelandang bertahan. Berikut lima gelandang bertahan terbaik yang pernah membela Chelsea seperti dilansir Bleacher Report. Check this out!

1. Emmanuel Petit 

5 Gelandang Bertahan Terbaik yang Pernah Membela Chelsea, Tangguh!Emmanuel Petit (90min.com)

Pemain timas Perancis ini sejatinya adalah mantan pemain rival Chelsea sendiri yakni Arsenal. Selama bermain untuk Chelsea, ia mengalami penurunan performa akibat cedera lutut dan mengakibatkan tersingkirnya ia dari tim reguler.

Petit bergabung dengan Chelsea pada 2001 dengan harga 7,5 juta pounds. Selama tiga tahun mengabdi bersama Chelsea, ia pernah mengantar The Blues bermain di final FA Cup pada tahun 2002 dan lolos ke Liga Champions sebelum era Roman Abramovich.

2. Eddie Newton

5 Gelandang Bertahan Terbaik yang Pernah Membela Chelsea, Tangguh!Eddie Newton (tribuna.com)

Eddie merupakan pemain kunci di lini tengah Chelsea ketika tim sedang berburu tempat untuk kejuaraan Eropa. Chelsea mendatangkan Eddie dari tim muda mereka dan menjadi yang paling potensial diantara pemain lainnya.

Eddie bermain tidak terlalu terampil, tetapi dia disiplin dan efisien dalam mengolah si kulit bundar. Ia juga menjadi pemain favorit Ruud Gulit ketika dinahkodai pria asal Belanda tersebut. Selama membela Chelsea ia telah menjuarai 1 piala liga dan 1 piala FA.

3. Michael Essien 

5 Gelandang Bertahan Terbaik yang Pernah Membela Chelsea, Tangguh!Michael Essien (farpost.co.za)

Pemain timnas Ghana ini selain jago dalam bertahan, ia terkenal juga sebagai salah satu gelandang bertahan yang cukup menjadi ancaman lini pertahanan lawan terbukti dengan ia kerap kali menjadi pencetak gol di momen-momen penting Chelsea.

Namun, sialnya akibat cedera lutut yang terus menerus menyababkan performanya sedikit demi sedikit berkurang. Ia sempat membela Real Madrid mengikuti Jose Mourinho namun belum juga menemukan performa terbaiknya. Selama membela Chelsea ia telah menjuarai dua juara liga primer, satu UCL, dan tiga piala FA.

4. Claude Makelele

5 Gelandang Bertahan Terbaik yang Pernah Membela Chelsea, Tangguh!Claude Makelele (football-espana.net)

Makelele memberikan dampak yang signifikan untuk the blues ketika paradigma gelandang bertahan yang tidak terlalu dipentingkan menjadi salah satu posisi yang paling penting jika ingin mendominasi kompetisi domestik maupun menantang klub Eropa lainnya.

Nyatanya, Makelele adalah pemain buangan Real Madrid yang mampu menemukan performa terbaiknya ketika bergabung dengan Chelsea. Sebanyak dua trofi liga primer dan satu piala FA telah ia raih selama berseragam Chelsea.

Baca Juga: Telak, 5 Kemenangan Terbesar Chelsea dalam Sejarah Premier League

5. N'Golo Kate

5 Gelandang Bertahan Terbaik yang Pernah Membela Chelsea, Tangguh!N'Golo Kante (thechelseachronicle.com)

Kante menjadi salah satu pesepak bola yang mampu memancarkan aura positif baik di dalam dan di luar lapangan sehingga tak ada satupun penikmat sepak bola yang membencinya. Bermain sebagai gelandang bertahan, Kante menjadi sosok penting di lini tengah Chelsea sejak didatangkan dari Leicester City.

Ia mampu menjadi seorang yang memutuskan serangan lawan dan menjadi motor serangan. Sebanyak satu trofi liga primer, satu piala FA, dan satu UEL telah ia raih selama membela Chelsea.

Dari deretan nama di atas, semua pemain mampu menjadi pilihan utama di lini tengah untuk urusan bertahan maupun meyerang. Apakah kamu yakin jika Kante akan menjadi gelandang bertahan paling sukses di Chelsea?

Fany Fachri R Photo Verified Writer Fany Fachri R

Mahasiswa biasa yang suka sepakbola @fanyrhamadan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya