6 Gelandang Serang Terbaik Setahun Terakhir Versi FootballDatabase

Ada gelandang serang jagoanmu?

FootballDatabase adalah salah satu situs terlengkap yang menyajikan statistik mengenai sepak bola di seluruh penjuru dunia. Mulai dari jendela transfer, profil detail pemain, kompetisi liga dari semua benua, dan tentu saja live score.

Tak jarang mereka memberikan peringkat terbaik dunia berdasarkan data lengkap yang mereka rangkum, termasuk para gelandang serang yang tampil impresif satu tahun terakhir. Berikut kami sajikan ulasan gelandang menyerang terbaik dalam setahun terakhir yang dikutip dari laman footballdatabase.eu. dengan skala 0--100!

1. Mohammed Salah (100/100)

6 Gelandang Serang Terbaik Setahun Terakhir Versi FootballDatabaseMohammed Salah (thisisanfield.com)

Mo Salah jelas memiliki andil besar bagi Liverpool dalam kebangkitan mereka di bawah asuha Jurgen Klopp. Ia pun kini bisa disebut-sebut siap merebut Ballon D'or  mengingat penampilan impresifnya setahun terakhir.

Dikutip dari footballdatabase.eu, pria asal mesir ini memiliki presentase sebesar 76% pernah bermain di posisi gelandang serang kanan dan 74% sebagai sayap kanan. Sejauh musim ini pun ia telah mencetak 25 gol dan 13 assists di semua kompetisi. Saat ini ia akan berjuang meraih trofi di level timnas bersama Mesir di Piala Afrika.

2. Riyad Mahrez (91/100)

6 Gelandang Serang Terbaik Setahun Terakhir Versi FootballDatabaseRiyad Mahrez (sportscri.com)

Meski berada di tim yang memiliki stok gelandang serang yang mumpuni, Riyad Mahrez nyatanya masih mampu bersaing di Manchester City. Musim ini ia dipercaya tampil di 34 pertandingan, baik di klub maupun Timnas Aljazair.

Musim lalu, ia menjadi salah satu tokoh kunci keberhasilanThe Citizens meraih trofi Liga Inggris dan melaju ke final UCL. Ia bermain di sayap kanan sebanyak 66% dan gelandang serang sebanyak 12%.

Tercatat, ia mampu mencetak 18 gol dan 7 assists untuk Manchester City dan Timnas Aljazair meskipun di piala Afrika tahun ini timnya harus gugur di penyisihan grup.

3. Bruno Fernandes (86/100)

6 Gelandang Serang Terbaik Setahun Terakhir Versi FootballDatabaseBruno Fernandes (eurosport.com)

Semenjak kedatangannya ke Liga Inggris pada 2020 lalu, ia langsung memberikan dampak yang signifikan di lini tengah Setan Merah. Pria asal Portugal itu mampu beradaptasi dan menjadi pilihan utama Ole saat itu. Ia sendiri aktif bermain di posisi playmaker dengan presentase 55%.

Meskipun musim ini ia baru mampu mencetak 9 gol dan 3 assists bagi klub dan negaranya, musim 2020/2021 lalu ia telah mencetak 30 gol dan 20 assists untuk keduanya. Bersama Timnas Portugal, ia harus berjuang untuk masuk Piala Dunia tahun ini dari jalur play-off.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Bruno Fernandes, Andalan Manchester United!

4. Thomas Muller (85/100)

6 Gelandang Serang Terbaik Setahun Terakhir Versi FootballDatabaseThomas Muller (skysport.com)

Muller menjadi salah satu pemain yang loyal dimiliki oleh Bayern Munchen dan mampu tampil konsisten di setiap musimnya. Ia kerap bermain di posisi gelandang serang kanan dengan presentase 38%.

Musim ini, ia telah mencetak 12 gol serta 21 assists bagi klub dan Timnas Jerman. Sejatinya ia adalah seorang striker bayangan yang mampu menyuplai bola dengan baik. Terbukti lima musim berturut dari 2016 hingga 2022 ini ia mencetak lebih dari dua digit assists di liga Jerman.

5. Leroy Sane (80/100)

6 Gelandang Serang Terbaik Setahun Terakhir Versi FootballDatabaseLeroy Sane (bayernstrikes.com)

Diproyeksikan sebagai pengganti Arjen Robben, Sane pun sejauh ini berhasil menunjukkan penampilan yang impresif semenjak pertama kali bergabung dengan Bayern Munchen. Tercatat, ia sendiri paling banyak bermain di posisi gelandang serang kiri dengan presentase 65%.

Dengan kecepatan dan skill yang mumpuni, sejauh musim ini ia telah mencetak 16 gol dan 13 assists untuk klub dan timnas. Bersama Timnas Jerman, ia menjadi favorit Hansi Flick mengingat Sane kembali menemukan sentuhannya setelah kembali dari cidera ACL.

6. Sadio Mane (80/100)

6 Gelandang Serang Terbaik Setahun Terakhir Versi FootballDatabaseSadio Mane (goal.com)

Sadio Mane merupakan rekan yang solid di lini depan bersama Mo Salah di Liverpool sejak kedatangan Jurgen Klopp dan bersama-sama menunjukkan penampilan yang impresif. Pemain asal Senegal ini paling sering bermain di posisi gelandang serang kiri dengan presentase 66%.

Total, ia telah mencetak 15 gol dan 6 assists untuk Liverpool dan Senegal sejauh musim ini. Menariknya, Sadio Mane berhasil menuju final Piala Afrika. Ia dan Salah akan saling berhadapan untuk meraih trofi di level timnas.

 

Penampilan impresif nama-nama di atas memang banyak sekali membantu klub dan timnas yang mereka bela. Akankah mereka mampu untuk terus meningkatkan performanya di lapangan hingga akhir musim ini?

Baca Juga: Mohamed Salah Jumpa Sadio Mane di Final Piala Afrika

Fany Fachri R Photo Verified Writer Fany Fachri R

Mahasiswa S2 yang suka sepakbola, follow on ig @fanyrhamadan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya