Comscore Tracker

5 Pemain Top Premier League yang Diboyong Olympique Lyon, Ada Shaqiri!

Deretan pemain yang akan habis masa jayanya

Xherdan Shaqiri resmi bergabung dengan klub Ligue 1, Olympique Lyon, pada Selasa 24 Agustus 2021 dengan nilai transfer hanya 6 juta euro atau sekitar Rp101 miliar. Pemain Swiss ini dilepas Liverpool karena Klopp tampaknya tak terlalu membutuhkan jasa mantan winger Bayern Munich tersebut.

Lyon sendiri dalam sejarah transfer pemain memang tidak terlalu banyak mendatangkan para pemain dari Premier League. Mereka cenderung memanfaatkan pemain muda dari akademinya. Namun, tercatat ada 5 nama top EPL, termasuk Shaqiri, yang berhasil mereka datangkan sepanjang berdirinya klub, siapa saja? Berikut ulasannya!

1. Memphis Depay

5 Pemain Top Premier League yang Diboyong Olympique Lyon, Ada Shaqiri!Memphis Depay (tbrfootball.com)

Memphis didatangkan oleh Manchester United dari PSV dengan status pemain muda yang memiliki bakat potensial. Namun, Premier League masih terlalu tangguh sebagai langkah awal kariernya.

Akhirnya pada musim 2017 ia memilih untuk bergabung dengan Les gones dan terikat kontrak 4,5 tahun. Penampilannya di Ligue 1 pun meningkat drastis. Ia pun berhasil mencetak 76 gol serta 55 assist dan kini Lyon melepasnya ke Barcelona.

2. Milan Baros

5 Pemain Top Premier League yang Diboyong Olympique Lyon, Ada Shaqiri!Milan Baros (eurosport.com)

Milan Baros adalah seorang pemain sepak bola profesional yang menjadi salah satu saksi kemenangan ajaib Liverpool ketika menghadapi AC Milan di final Liga Champions Eropa tahun 2005.

Selama 3 tahun bersama Liverpool, Baros bermain 68 kali dan mencetak 19 gol. Akan tetapi, pada 2005 Baros memilih hengkang ke Aston Villa karena merasa masa depannya di Liverpool mulai tak cerah. Akhirnya Lyon resmi merekrutnya dari Aston Villa pada tahun 2007 dan berharap mental juaranya dapat ditularkan ke klub.

Baca Juga: 5 Penjualan Pemain Termahal Olympique Lyon dalam Sedekade Terakhir

3. Bertrand Traore

5 Pemain Top Premier League yang Diboyong Olympique Lyon, Ada Shaqiri!Bertrand Traore (goal.com)

Keberadaan Traore di Chelsea sempat membuat gaduh. Pasalnya, pemain asal Burkina Faso ini didatangkan The Blues dengan larangan aturan yang dibuat oleh FIFA, yaitu terkait mendatangkan pemain asing di bawah usia 18 tahun.

Traore diboyong Chelsea jelas karena bakat potensial yang ia miliki. Namun, sialnya ia tak terlalu bersinar dan hanya mampu menghiasi bangku cadangan. Ia banyak menghabiskan waktu di masa peminjaman hingga pada akhirnya diboyong Lyon pada tahun 2017 dan kini kembali ke Premier League bersama Aston Villa.

4. Emerson Palmieri

5 Pemain Top Premier League yang Diboyong Olympique Lyon, Ada Shaqiri!Emerson Palmieri (chelsea-news.co)

Emerson menjalani karier yang cukup sukses tahun ini. Pasalnya, ia berhasil meriah trofi bergengsi, baik itu di level klub bersama Chelsea maupun Timnas Italia. Ia meraih gelar UCL, UEFA Super Cup, serta kampiun Piala Eropa 2021 bersama Timnas Italia.

Bersama Chelsea, ia hanya menjadi pelapis bek kiri, namun mampu tampil apik ketika tim benar-benar membutuhkannya, seperti 1 golnya ke gawang Atletico Madrid di babak 16 besar UCL. Kini, ia bergabung ke Lyon dengan status pinjaman demi menambah menit bermain dan mampu kembali bersaing di skuad utama Chelsea nantinya.

5. Xherdan Shaqiri

5 Pemain Top Premier League yang Diboyong Olympique Lyon, Ada Shaqiri!Xherdan Shaqiri (skysports.com)

Melanglang buana dari Jerman, Italia, hingga ke Inggris, pemain sayap Timnas Swiss ini sarat akan pengalaman. Di EPL, ia pernah berada di dua klub, yaitu Stoke City dan Liverpool. 

Ketika bersama Liverpool, ia berhasil meraih banyak trofi bergengsi. Di bawah asuhan Jurgen Klopp, ia kerap menjadi opsi lain ketika tim sedang menghadapi kebuntuan. Bersama Liverpool, ia membuat 63 penampilan selama 3 musim terakhir dan turut berkontribusi membawa Liverpool juara Premier League, UCL, Piala Dunia Antarklub, dan Piala Super UEFA. Kini ia resmi hengkang ke perancis bersama Lyon yang berharap mental juaranya dapat ditularkan ke klub.

 

Dominasi Liga Prancis memang cenderung ke klub kaya, PSG. Namun, bukan tidak mungkin Les gones mampu berbicara banyak di kompetisi Ligue 1 sama halnya yang dilakukan Lille musim lalu dengan menjadi kampiun Ligue 1.

Baca Juga: Menguji Keampuhan Lyon Sang Bengkel Kayu Mati Buat Shaqiri

Fany Fachri R Photo Verified Writer Fany Fachri R

Mahasiswa biasa yang suka sepakbola @fanyrhamadan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya