Comscore Tracker

5 Pesepak Bola Top Asal Afrika dengan Catatan Gol Terbanyak di UCL

Deretan striker top dunia!

UEFA Champions League (UCL) memang menjadi ajang bagi striker top dunia untuk saling bersaing dan membuktikan diri sebagai juru tombak terbaik dalam menembus pertahanan lawan untuk mencetak gol. Sepanjang sejarah berjalannya kompetisi paling top antarklub Eropa tersebut, nama-nama pemain top asal Eropa seperti Cristiano Ronaldo dan Lewandowski menempati posisi teratas daftar pencetak gol terbanyak.

Namun, siapa sangka striker asal benua Afrika juga mampu tampil apik di setiap laga UCL dengan mencetak banyak gol dan masuk ke dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah berjalannya kompetisi tersebut? Penasaran siapa saja? berikut ulasannya!

1. Didier Drogba - 44 Gol

5 Pesepak Bola Top Asal Afrika dengan Catatan Gol Terbanyak di UCLDidier Drogba (ghanasoccernet.com)

Pemilik nomor 11 sebelum Timo Werner di Chelsea ini telah menjadi seorang legenda yang kontribusinya tak bisa dilupakan oleh fans. Drogba menjadi salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki oleh Chelsea.

Salah satu momen yang paling berkesan adalah saat ia menjadi penentu kemenangan Chelsea lewat adu penalti di final UCL tahun 2012 lalu. Kemenangan itu menjadi trofi UCL pertama untuk klub asal London tersebut.

2. Samuel Eto'o - 33 Gol

5 Pesepak Bola Top Asal Afrika dengan Catatan Gol Terbanyak di UCLSamuel Eto'o (fcbarcelona.com)

Striker asal Kamerun ini telah menjalani karier senior sepak bola selama 22 tahun di beberapa klub top Eropa, seperti Barcelona, Real Madrid, Inter Milan, dan Chelsea. Selama itu pula ia telah meraih beberapa trofi bergengsi, salah satunya adalah trofi UCL.

Sebanyak 33 gol telah ia ciptakan selama berkompetisi di UCL dengan beberapa klub top di atas. Ia juga menjadi salah satu pemain yang mampu meraih treble winners di dua klub berbeda, yakni Barcelona dan Inter Milan.

Baca Juga: 5 Penyerang Muda Top Afrika yang Saat Ini Bermain di Premier League

3. Mohamed Salah - 32 Gol

5 Pesepak Bola Top Asal Afrika dengan Catatan Gol Terbanyak di UCLMohamed Salah (footballcoin.io)

Performa Liverpool yang beberapa tahun terakhir meningkat tentu tak lepas dari peran Mohamed Salah sebagai pencetak gol ulung di lini depan. Bersama Liverpool ia telah meraih beberapa trofi bergengsi, baik di level domestik maupun kompetisi antarklub top Eropa, yakni UCL.

Mo Salah sendiri telah menjadi tumpuan lini serang Liverpool di bawah asuhan Klopp beberapa musim terakhir. Hal ini terlihat dari jumlah golnya di UCL, yakni 32 gol dan menjadi pemain aktif asal Afrika dengan torehan gol terbanyak sepanjang sejarah.

4. Sadio Mane - 19 Gol

5 Pesepak Bola Top Asal Afrika dengan Catatan Gol Terbanyak di UCLSadio Mane (premierleague.com)

Meski musim ini performanya menurun dibanding musim sebelumnya, perlu diingat ia telah sukses mencetak 19 gol selama bermain di UCL dan semua gol dicetak ketika berseragam Liverpool.

Tandem Mo Salah di Liverpool, Sadio Mane, juga layak menjadi salah satu orang yang paling penting bagi Liverpool dalam meraih trofi bergengsi di beberapa musim terakhir. Pemain asal Senegal ini juga sukses meneruskan performa si nomor 10 yang ditinggalkan Coutinho.

5. Pierre Emerick Aubameyang - 15 Gol

5 Pesepak Bola Top Asal Afrika dengan Catatan Gol Terbanyak di UCLPierre Emerick Aubameyan (transfermarkt.com)

Meski dalam beberapa musim terakhir Arsenal belum mampu tampil di UCL, Aubameyang menjadi salah satu striker yang mampu masuk ke dalam catatan sejarah sebagai pencetak gol terbanyak di UCL dari Benua Afrika.

Ironisnya, semua gol tersebut dicetak ketika Aubameyang masih memperkuat Borrusia Dortmund. Mengingat musim ini Arsenal berada di jauh di posisi 4 besar klasemen Liga Inggris, akankah Aubameyang mulai mempertimbangkan untuk pindah klub demi ambisi bermain di UCL?

 

Dari sederetan nama di atas, nama Mo Salah adalah orang yang paling kuat untuk melewati rekor sang legenda Chelsea, Didier Drogba. Mampukah ia mewujudkannya? menarik untuk ditunggu.

Baca Juga: 10 Pemain Afrika yang Pernah Membela Arsenal, Kanu Hingga Aubameyang

Fany Fachri R Photo Verified Writer Fany Fachri R

Mahasiswa biasa yang suka sepakbola @fanyrhamadan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya