Comscore Tracker

Produk Akademi: Ini 5 Wonderkid Premier League Terbaik, Siapa Saja?

Memiliki masa depan cerah~

Tidak bisa dimungkiri sepak bola di era sekarang masih didominasi 2 nama besar yakni C.Ronaldo dan Lionel Messi. Meski begitu tentu usia mereka sudah tidak lagi muda dan lambat laun akan segera gantung sepatu. Menariknya, beberapa nama talenta muda saat ini digadang-gadang untuk meneruskan rivalitas mereka.

Berbagai liga top Eropa memiliki banyak talenta muda berbakat nan potensial atau biasa disebut sebagai wonderkid. Salah satu liga yang paling populer di dunia yakni Premier League, di dalamnya banyak memiliki pemain berstatus wonderkid. Berikut rangkuman 5 nama wonderkid Premier League hasil produk akademi klubnya!

1. Bukayo Saka (Arsenal)

Produk Akademi: Ini 5 Wonderkid Premier League Terbaik, Siapa Saja?goal.com

Sudah menunjukkan bakat di atas rata-rata sejak memulai karier sepak bola junior bersama Arsenal, ia pun mulai dilirik untuk masuk ke tim senior. Berposisi sebagai bek kiri, tak ayal ia sering dijuluki oleh fans sebagai "the next Ashley Cole" karena kemampuannya. Sepanjang musim ini, Bukayo Saka sudah mencatatkan sembilan assist, lebih banyak dibanding pemain muda lainnya di kompetisi Eropa yang seumuran dengannya. Bahkan, Bukayo Saka sudah menciptakan 13 peluang di Liga Inggris. Insting di depan gawangnya cukup mumpuni dan pergerakan untuk maju-mundur tergolong cepat.

2. Ki-Jana Hoever (Liverpool)

Produk Akademi: Ini 5 Wonderkid Premier League Terbaik, Siapa Saja?90min.com

Sebelum pindah ke Liverpool, Hoever lebih dulu meniti karier di Belanda. Memulai karier junior bersama Liverpool pada tahun 2018, bek asal Belanda ini, turun ke lapangan pertama kali di bawah asuhan Klopp pada menit keenam di ajang Piala FA di Molineux menggantikan Dejan Lovren yang mengalami cedera. Pada pertandingan itu jelas fans Liverpool merasa bahagia karena salah satu talenta muda mereka berhasil melakukan debutnya dengan sangat baik.

Statistik mencatat Hoever membuat 76 umpan sepanjang 84 menit di lapangan dengan akurasi 87 persen, dua kali dribel sukses, enam umpan panjang yang akurat, dua tekel sukses, satu intersep, dua sapuan, dan satu kali memenangi duel udara.

Baca Juga: Matheus Cunha, Wonderkid Brasil yang Masuk Radar Inter Milan

3. Billy Gilmour (Chelsea)

Produk Akademi: Ini 5 Wonderkid Premier League Terbaik, Siapa Saja?90min.com

Berpostur 166 cm, kemampuan Billy Gilmour di lini tengah mengingatkan kita akan salah satu mantan punggawa Barcelona yakni Andres Iniesta. Wonderkid Chelsea tersebut tampil gemilang sebelum pandemi COVID-19. Dia tampil di dua laga terakhir The Blues dan di setiap laga itu dirinya mampu menjadi man-of-the-match. Tak ayal Frank Lampard sangat menyukai permainan anak muda ini. Dilansir Squawka, manajer Chelsea, Frank Lampard menyebut kalau Billy Gilmour punya potensi yang cemerlang, dan layak untuk mendapat tempat utama.

4. Curtis Jones (Liverpool)

Produk Akademi: Ini 5 Wonderkid Premier League Terbaik, Siapa Saja?90min.com

Produk asli akademi Liverpool ini benar-benar menunjukkan dirinya layak untuk masuk ke tim utama The Reds. Pasalnya ia kerap kali menjadi pahlawan kemenangan Liverpool di laga-laga penting. Seperti saat Liverpool berhadapan dengan Arsenal di Piala Liga Inggris pada 31 Oktober 2019. Ia tampil sebagai eksekutor terakhir yang memastikan kemenangan Liverpool pada babak tos-tosan. Itu menjadi gol pertama Curtis Jones saat berseragam tim utama Liverpool

Wonderkid berusia 18 tahun itu biasanya bermain di tim Liverpool U-23 sebagai gelandang tengah. Lalu yang terbaru ia juga berhasil mencetak gol semata wayang Liverpool dengan cara spektakuler saat menyingkirkan Everton pada babak ke-3 piala FA.

5. Mason Greenwood (Manchester United)

Produk Akademi: Ini 5 Wonderkid Premier League Terbaik, Siapa Saja?goal.com

Salah satu striker terbaik Belanda Robin van Persie bahkan berani menyebutkan bahwa cerminan permainannya ada pada anak muda bertalenta ini. Produk asli akademi The Red Devils ini total berhasil mencetak 12 gol dari 36 penampilannya pada semua kompetisi sejauh ini. 

Sang remaja mampu memimpin lini serang setan merah untuk menggebrak di Liga Europa dan telah menjalani beberapa laga sulit di kancah Liga Primer Inggris, laga-laga yang membuat Solskjaer begitu terpesona melihat talenta yang dimilikinya itu.

Muda dan berbakat, lima daftar di atas adalah wonderkid yang memiliki prestasi cemerlang. Yang mana idolamu?

Baca Juga: Wonderkid Real Madrid Jadi Rebutan Barcelona dan MU, Siapakah Dia?

Fany Fachri R Photo Writer Fany Fachri R

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya