3 Alasan Kuat Maurizio Sarri Layak Dipertahankan Chelsea

Sarri rumornya bakal merapat ke Juventus

Maurizio Sarri baru saja mengukir catatan impresif. Ia berhasil membawa Chelsea FC meraih trofi Liga Europa musim 2018/2019. Armada The Blues menundukkan Arsenal 4-1 di Stadion Olimpiade, Baku, Azerbaijan, Kamis (30/5) dini hari WIB.

Fakta demikian sangat penting dalam karir Sarri. Pertama kalinya eks pelatih Napoli mendapatkan sebuah gelar kompetitif. Pun demikian dengan skuad London Biru. Olivier Giroud dan rekan-rekan bisa berlibur dengan tenang. Sang pelatih membuat akhir musim Chelsea terasa sempurna.

Meski demikian, rumor Sarri bakal meninggalkan Stamford Bridge masih saja terdengar. Allenatore berusia 60 tahun itu dikaitkan dengan Juventus. Sejumlah penggawa Chelsea menilai sang arsitek layak dipertahankan. Apa saja yang membuat Sarri dinilai pantas melanjutkan tugas di London Biru? Simak ulasannya berikut ini.

1. Mampu mewujudkan target klub

3 Alasan Kuat Maurizio Sarri Layak Dipertahankan ChelseaStandard.co.uk

Dalam sebuah pernyataan usai duel kontra Arsenal, bek kiri Chelsea, Emerson Palmieri memuji kiprah Maurizio Sarri. Ia menilai sang juru taktik berhasil merealisasikan dua target yang diusung sejak awal musim.

Manajemen mengharuskan Sarri membawa The Blues lolos ke Liga Champions musim depan. Itu artinya skuad London Biru harus finish di zona empat besar klasemen akhir Liga Primer Inggris musim 2018/2019.

Apa yang terjadi? Eden Hazard dan rekan-rekan mengakhiri kompetisi Liga Inggris di posisi ketiga. Chelsea hanya kalah dari Manchester City dan Liverpool.

Sarri juga diminta untuk membawa pemilik Stadion Stamford Bridge menjuarai Liga Europa. Juru taktik asal Italia itu mampu mewujudkan asa tersebut. Chelsea nyaris meraih dua gelar musim ini. Sayang, di final Carabao Cup, The Blues dikalahkan City melalui adu penalti.

Baca Juga: 5 Prestasi Dunia Sepak Bola Indonesia di Luar Timnas

2. Mendapat dukungan dari para Pemain

3 Alasan Kuat Maurizio Sarri Layak Dipertahankan ChelseaSky Sports.com

Sehebat-hebatnya seorang pelatih, tidak akan berhasil jika tanpa dukungan pemain. Kerja sama antar dua elemen tersebut, berpengaruh bagi kesuksesan sebuah klub dalam mengarungi kompetisi. Para penggawa Chelsea menyadari hal itu. Ramai-ramai mereka memuji kinerja pelatih Maurizio Sarri.

Hal itu sebagai bentuk apresiasi pada hasil kerja juru taktik berkebangsaan Italia tersebut. Sarri baru saja membawa the Blues menjadi jawara Liga Europa.

Namun suara-suara yang menginginkan sang arsitek dipecat masih nyaring terdengar. Bersamaan dengan itu eks allenatore Napoli itu dikaitkan dengan Juventus.

Beberapa nama menginginkan manajemen berpikir ulang. Mereka yang mendukung keberadaan Sarri di Stamford Bridge pada musim depan, di antaranya David Luiz, Emerson Palmieri, Pedro Rodriguez, dan Jorginho. Para pemain tersebut menyinggung pencapaian impresif tokoh berusia 60 tahun dalam semusim. Selain trofi Liga Europa, Chelsea berstatus finalis Carabao Cup, dan finish di peringkat ketiga klasemen akhir Liga Primer Inggris.

 

3. Revolusi taktik Chelsea

3 Alasan Kuat Maurizio Sarri Layak Dipertahankan ChelseaSky Sports.com

Sejak membeli Chelsea beberapa tahun silam, Roman Abramovic menginginkan trofi Liga Primer Inggris. Berjalannya waktu, target tersebut tercapai. Di era kepelatihan Jose Mourinho, armada The Blues digdaya. Pemiliki Stadion Stamford Bridge menguasai kompetisi terelit negeri Ratu Elisabeth.

Selanjutnya, impian Abramovic berkembang. Ia ingin klubnya meraih trofi Liga Champions. Asa tersebut tercapai. Pada 2012 lalu, di bawah komando Roberto di Matteo John Terry dan rekan-rekan mendapatkan si Kuping Lebar. 

Kendati juara Eropa, permainan Chelsea saat itu, banjir kritikan. Di Matteo dinilai terlalu memainkan strategi bertahan. 

Walhasil Abramovic pun menginginkan perubahan. Ia meminta The Blues menjuarai sebuah kompetisi secara meyakinkan. Artinya berani tampil menyerang. Pada era Antonio Conte dan kembalinya Mourinho, Chelsea belum konsisten bermain seperti itu. Oleh karenanya, manajemen mendatangkan Maurizio Sarri.

Bersama Sarri, anak-anak London Biru mampu mengambil inisiatif penyerangan. Bahkan bek-bek Chelsea cenderung menaikkan garis pertahananan ketika berlaga. Ada hasrat untuk mendominasi. Ini sesuatu yang  penting di era sepak bola modern.  Sarri merevolusi cara bermain Chelsea yang semula lebih identik dengan konsep pragmatis.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

FDB Photo Verified Writer FDB

Selalu Ingin belajar apa saja. Menyukai tantangan. Sepak bola dan musik seperti sahabat dalam keseharian.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya