Comscore Tracker

3 Modal Penting Antarkan Portugal Raih Juara UEFA Nations League 

Portugal menumbangkan Belanda sengan skor 1-0

Berakhir sudah penyelenggaraan UEFA Nations League musim 2018/2019. Tim nasional Portugal keluar sebagai juara. 

Pertama kalinya turnamen tersebut berlangsung. Armada Selecao das Quinas melanjutkan dominasi di Benua Biru.

Sebelumnya pada 2016, Cristiano Ronaldo dan rekan-rekan berstatus kampiun Piala Eropa. Skuat polesan Fernando Santos belum tergeser dari singgasana.

Pada final UEFA Nations League  perdana, Portugal menumbangkan Belanda 1-0. Duel berlangsung di Stadion Do Dragao, Porto, Senin (10/6) dini hari WIB.

Beberapa faktor menjadi penyebab kedigdayaan Bernardo Silva cs atas De Orange. Apa saja faktor tersebut? Simak ulasan berikut ini.

1. Dukungan penggemar

3 Modal Penting Antarkan Portugal Raih Juara UEFA Nations League ESPN.com

Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) menetapkan Portugal sebagai tuan rumah semifinal dan final, UEFA Nations League musim 2018/2019. Itu menjadi keuntungan lebih bagi Selecao das Quinas.

Terbukti, dalam dua pertandingan, Cristiano Ronaldo dan rekan-rekan tampil trengginas. Dukungan penggemar membuat skuat polesan Fernando Santos mendapatkan energi lebih.

Pada akhirnya, tim tersebut mencetak sejarah. Karena turnamen ini baru pertama di gelar, otomatis Portugal menjadi pembuka jalan bagi yang lain.

Pada final, Selecao Das Quinas menumbangkan Belanda, 1-0. Pengaruh penonton begitu terasa di Estadio Do Dragao, Senin (10/6) dini hari WIB.

Sepanjang 90 menit mereka terus menyemangati Bernardo Silva cs. Sebaliknya, beberapa pemain De Orange jadi bulan-bulanan siulan dari penggemar tuan rumah.

Baca Juga: 10 Fakta Unik Eden Hazard, dari Keluarga hingga Karir Sepak Bola

2. Penampilan buruk tim lawan sejak babak semifinal

3 Modal Penting Antarkan Portugal Raih Juara UEFA Nations League Eurosport.com

Sejak babak empat besar Portugal tampil efektif. Skuat polesan Fernandos Santos menumbangkan Swiss 3-1.

Cristiano Ronaldo dan rekan-rekan tak banyak menguasai bola. Tapi ketika mendapatkan peluang, langsung dimaksimalkan dengan baik.

Situasi demikian berlanjut hingga ke final. Selecao das Quinas kalah penguasaan bola dari Belanda.

Dalam konteks menebar ancaman, Portugal jauh lebih baik. Bernard Silva cs melepaskan tujuh shoot on target.  Sementara De Orange hanya memiliki satu peluang berbahaya.

Statistik demikian menunjukkan kepantasan pasukan Santos menjadi jawara UEFA Nations League perdana. Lagi-lagi Portugal menguasai Eropa. Pada Final, Selecao Das Quinas menumbangkan Belanda. 1-0, di Estadio Do Dragao, Senin (10/6) dini hari WIB.

3. Kembalinya Cristiano Ronaldo

3 Modal Penting Antarkan Portugal Raih Juara UEFA Nations League Eurosport.com

Kehadiran pemain bintang sekaligus kapten tim, menambah atmosfer positif di kamar ganti sebuah kesebelasan. Itulah yang dialami tim nasional Portugal.

Cristiano Ronaldo memperkuat Selecao das Quinas sejak semi final hingga final UEFA Nations League musim 2018/2019. Sebelumnya pada putaran grup, Ronaldo memilih absen.

Saat itu ia fokus ke Juventus untuk beradaptasi. Maklum, ia bestatus penggawa anyar si Nyonya Tua.

Kini, musim kompetisi di level klub, telah usai. Perhatian CR7 hanya untuk negaranya. Hasilnya berakhir manis.

Pada semi final, eks Real Madrid itu mencetak hattrick ke gawang Swiss. Pada final timnya menumbangkan Belanda, hingga keluar sebagai jawara UEFA Nations League edisi perdana.

Baca Juga: [LINIMASA] Arus Mudik Lebaran 2019, Ini Fakta dan Datanya

FDB Photo Community Writer FDB

Selalu Ingin belajar apa saja. Menyukai tantangan. Sepak bola dan musik seperti sahabat dalam keseharian.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You