Comscore Tracker

4 Keunggulan Liverpool dari Tottenham Jelang Final Liga Champions

Kedua tim harus berjuang keras hingga ke final

Final Liga Champions musim 2018/2019 mempertemukan dua tim asal Inggris. Liverpool bakal berhadapan dengan Tottenham Hotspur di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Minggu (2/6) dini hari WIB.

Baik The Reds maupun Spurs telah melakukan perjalanan panjang sejauh musim ini bergulir. Kedua tim tersebut melewati berbagai dinamika hingga sampai di tahapan akhir kompetisi terelit benua Biru.

Banyak intrik, drama, dan rekor yang terjadi. Tak ada yang benar-benar diunggulkan dalam big match di Stadion milik Atletico Madrid tersebut.

Situasi di lapangan bakal lebih menentukan. Meski demikian, secara keseluruhan kubu Merseyde Merah memiliki beberapa keunggulan menuju duel di ibu kota Spanyol ini. Apa saja keunggulan Liverpool atas Tottenham? Simak ulasan berikut ini.

1. Mentalitas

4 Keunggulan Liverpool dari Tottenham Jelang Final Liga ChampionsLiverpoolFC.com

Liverpool memiliki sejarah panjang di Eropa. Tim asal kota pelabuhan telah mengoleksi lima trofi Liga Champions.

Itulah mengapa the Reds dihormati di Benua Biru. Jika dihitung jumlah gelar di atas, kubu Merseyde Merah hanya kalah dari Real Madrid (13), dan AC Milan (7).

Secara keseluruhan Liverpool telah memainkan delapan final Liga Champions. Sebanyak tiga di antaranya berakhir dengan kekalahan.

Teranyar, musim lalu, Mohamed Salah dan rekan-rekan ditumbangkan Real Madrid di Kiev, Ukraina. Fakta ini menunjukkan, secara mental, armada The Reds sudah terbiasa berada di pertandingan level tertinggi. Ini menjadi salah satu keunggulan skuad polesan Juergen Klopp menuju Madrid.

Sementara prestasi tertinggi Spurs di kompetisi Eropa, hanya sebagai jawara Piala Winners (1962/1963), dan dua kali juara Piala UEFA (sekarang Liga Europa). Itu terjadi pada musim 1971/1972, dan 1983/1984.

2. Kondisi terakhir dari para pemain

4 Keunggulan Liverpool dari Tottenham Jelang Final Liga ChampionsPremierLeague.com

Pasukan Liverpool siap tempur di Wanda Metropolitano. Hanya dua nama yang masuk ruang perawatan sebelum final Liga Champions kontra Tottenham Hotspur. Mereka adalah Roberto Firmino, dan Naby Keita. Pelatih Juergen Klopp mengisyaratkan Firmino bisa bermain di Wanda Metropolitano. Kondisi penyerang asal Brasil itu terus membaik.

Belakangan Firmino dikabarkan sudah berlatih bersama rekan-rekannya. Berbeda dengan Keita. Klopp telah memastikan eks pemain RB Leipzig itu absen di markas Atletico Madrid.

Sementara kubu Spurs lebih merana. Sejumlah pemain inti masih diragukan tampil. Para penggawa Tottenham yang belum 100 persen fit antara lain Harry Kane, Jan Vertonghen, juga Harry Winks. Fakta ini membuat Mauricio Pochettino harus memutar otak memaksimalkan amunisi tersisa. Sementara Klopp lebih memiliki banyak pilihan.

Baca Juga: 5 Prestasi Dunia Sepak Bola Indonesia di Luar Timnas

3. Catatan pertemuan dan statistik musim ini di Liga Inggris

4 Keunggulan Liverpool dari Tottenham Jelang Final Liga ChampionsExpress.co.uk

Sebelum menuju final Liga Champions, Liverpool dan Tottenham Hotspur sudah saling berhadapan sejauh musim ini bergulir. Itu terjadi pada ajang Liga Primer Inggris.

Kubu The Reds superior atas lawannya. Dalam dua pertemuan baik di kandang maupun tandang, Jordan Henderson dan rekan-rekan selalu meraih kemenangan. Masing-masing dengan skor 2-1. Ini modal berharga bagi skuad polesan Juergen Klopp jelang partai puncak kompetisi terelit benua Biru.

Liverpool finish di peringkat kedua klasemen akhir Liga Inggris. Skuat Merseyde Merah meraih 32 kemenangan dan tujuh imbang. Mohamed Salah cs hanya sekali mengalami kekalahan.

Berbeda jauh dengan Spurs. Armada The Lilywhites finish di peringkat keempat. Tim asal London Utara itu meraih 23 kemenangan dan dua imbang pada ajang Liga Inggris. Harry Kane dan kawan-kawan menuai kekalahan di 13 laga.

Terlihat Liverpool lebih konsisten meraih hasil positif. Ini menjadi keunggulan tambahan The Kops jelang duel bergengsi di ibu kota Spanyol.

4. Konsentrasi pelatih

4 Keunggulan Liverpool dari Tottenham Jelang Final Liga ChampionsUEFA.Com

Dalam beberapa bulan terakhir, Mauricio Pochettino terus diperbincangkan. Pelatih Tottenham Hotspur berulang kali dikaitkan dengan sejumlah klub besar. Pertama Real Madrid. Hingga saat ini isu Pochettino bakal ke Santiago Bernabeu masih berembus. Padahal El Real telah memiliki Zinedine Zidane.

Pochettino juga masuk kandidat pengganti Massimiliano Allegri di Juventus. Di tengah persiapan menuju final Liga Champions, juru taktik asal Argentina masih meladeni pertanyaan wartawan tentang hal itu. Ia terus membantah. Pada akhirnya ia bakal memutuskan masa depannya usai duel kontra Liverpool di Madrid. 

Kondisi ini menunjukkan konsentrasi Pochettino terbagi ke berbagai situasi. Sementara pelatih Liverpool, Juergen Klopp tidak terganggu rumor apapun. Klopp fokus hanya untuk anak asuhnya. Belum ada isu pergantian kepelatihan di kubu The Reds apapun hasil musim ini.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

FDB Photo Verified Writer FDB

Selalu Ingin belajar apa saja. Menyukai tantangan. Sepak bola dan musik seperti sahabat dalam keseharian.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya