Comscore Tracker

Casillas: C. Ronaldo Tidak Berhak Meraih Gelar Ballon d’Or Musim Ini!

Messi dan Van Dijk lebih berhak gelar tersebut

Dalam waktu dekat, pemain terbaik dunia versi Ballon d’Or akan segera diumumkan. Persaingan pada edisi kali ini masih didominasi dua nama yaitu Cristiano Ronaldo dan juga Lionel Messi sebab keduanya menunjukkan performa yang menakjubkan di masing-masing klub, Juventus dan Barcelona.

Messi dan Ronaldo memang masih menjadi kandidat teratas. Namun, kenyataannya ada nama Virgil van Dijk yang tidak boleh dianggap sebelah mata. Pasalnya, bek berusia 28 tahun tersebut memberikan gelar Liga Champions ke Liverpool dan UEFA Nations League ke Timnas Belanda.

1. Pernyataan Casillas

Casillas: C. Ronaldo Tidak Berhak Meraih Gelar Ballon d’Or Musim Ini!sportbible.com

Di balik panasnya persaingan perebutan gelar Ballon d’Or, Iker Casillas mengungkapkan argumennya. Melalui akun Twitter pribadi, eks kiper Real Madrid tersebut menyebutkan apabila Cristiano Ronaldo tidak berhak meraih trofi Ballon d’Or. Alasannya cukup sederhana, yakni Messi dan Van Dijk lebih superior di edisi saat ini.

“Virgil van Dijk terpilih sebagai pemain terbaik Eropa versi UEFA. Sementara itu, Lionel Messi menjadi pemain terbaik dunia versi FIFA. Jika Cristiano Ronaldo memenangkan penghargaan ini, saya pikir hal ini tidaklah masuk akal,” ucap Casillas.

2. Dukungan kepada Van Dijk

Casillas: C. Ronaldo Tidak Berhak Meraih Gelar Ballon d’Or Musim Ini!marca.com

Tak hanya Casillas yang memberikan applause kepada Van Dijk, legenda Liverpool bernama Danny Murphy mengatakan hal yang sama. Bahkan, Murphy lebih spesifik mengatakan jika bek asal Belanda tersebut seharusnya yang mengangkat piala Ballon d’Or, bukan Messi apalagi Ronaldo.

“Bagi saya, pemenang sebenarnya adalah Virgil van Dijk. Saya percaya akan hal itu, karena Van Dijk memberikan dampak yang positif bagi Liverpool sejauh ini (menjuarai UCL 2018/19),” ujar Murphy seperti yang dilansir dari Goal.

Baca Juga: Mane: Saya Pilih Messi Baru Virgil van Dijk Sebagai Peraih Ballon d'Or

3. Pernah setim dengan C. Ronaldo

Casillas: C. Ronaldo Tidak Berhak Meraih Gelar Ballon d’Or Musim Ini!joe.co.uk

Pernyataan dari Iker Casillas mengenai tidak berhaknya Cristiano Ronaldo meraih gelar Ballon d’Or merupakan sebuah hal yang unik. Pasalnya, Casillas dan Ronaldo pernah bermain bersama di Real Madrid beberapa waktu.

Bahkan, keduanya sempat membawa Los Blancos menjadi juara di Liga Champions sebelum pada akhirnya Casillas memilih hengkang dari Real Madrid menuju Porto. Kala itu, Casillas enggan hanya menjadi cadangan dari Diego Lopez yang menjadi pilihan utama di klub asal ibu kota Spanyol tersebut.

4. Kriteria peraih Ballon d'Or

Casillas: C. Ronaldo Tidak Berhak Meraih Gelar Ballon d’Or Musim Ini!straitstimes.com

Sejatinya, tidak ada kriteria khusus untuk menjadi pemenang gelar Ballon d’Or. Sebab, Ballon d’Or diraih dengan sistem voting. Namun, Danny Murphy mengemukakan sebuah teori yang cukup unik dan hal tersebut terjadi setidaknya dalam 9 kali dari 12 edisi terakhir.

“Biasanya (9 dari 12 edisi terakhir) pemenang gelar Ballon d’Or berasal dari klub yang menjadi juara di Liga Champions Eropa. Kriterianya seperti itu dan aku sepertinya yakin jika hal itu tidak akan berubah,” tukas Murphy.

Menilik dari pernyataan Murphy, peraih gelar Liga Champions musim lalu adalah Liverpool. Klub asal kota Merseyside tersebut mengalahkan Tottenham Hotspurs pada UCL sehingga mereka berhak membawa pulang piala Si Kuping Besar ke Anfield.

5. Perbedaan pemain terbaik UEFA, FIFA dan Ballon d’Or

Casillas: C. Ronaldo Tidak Berhak Meraih Gelar Ballon d’Or Musim Ini!barcelonanoticias.com

Setiap musimnya, akan ada tiga penghargaan bergengsi yakni UEFA Best Player yang merupakan pemain terbaik versi asosiasi sepak bola Eropa. FIFA Best Player yang merupakan pemain terbaik dunia versi asosiasi sepak bola dunia serta Ballon d’Or yang merupakan pemain terbaik dunia versi majalah asal Prancis. Apa perbedaan ketiganya?

UEFA Best Player dipilih oleh 53 jurnalis top dunia yang memilih tiga pemain dengan penilaian skor berbeda. (Peringkat 1 mendapatkan 5 poin, peringkat 2 mendapatkan 3 poin dan peringkat 3 mendapatkan 1 poin).

FIFA Best Player ditentukan berdasarkan hasil voting seluruh kapten dan pelatih timnas sepak bola dunia yang berasal dari 5 benua berbeda. Semua timnas yang ikut serta hanya mereka yang telah berada di naungan FIFA.

Ballon d’Or ditentukan oleh 193 jurnalis top dari seluruh dunia dan biasanya akan dilakukan setiap satu tahun sekali. Penghargaan ini terbilang sudah cukup tua karena sudah ada sejak 1956.

Baca Juga: Performa Memukau, Sergio Ramos: Van Dijk Layak Meraih Ballon d'Or 2019

Fery Andriawan Photo Community Writer Fery Andriawan

Interested in writing and traveling. Check out my blog https://moneylesstraveler.blogspot.co.id/ Owner : @main_benang @fry_andr

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You