5 Anak Ajaib Norwegia yang Asah Kemampuan di Premier League

Bukan cuma Martin Odegaard  

Jakarta, IDN Times - Bakat sepak bola terus bermunculan dari Norwegia. Sejumlah pemain muda bertalenta tinggi terus muncul dari Norwegia.

Paling sensasional, tentu Erling Braut Haaland, yang kini jadi rebutan. Haaland saat ini menjadi pemimpin dari mekarnya talenta muda Norwegia.

Meski demikian, Norwegia masih memiliki banyak pemain muda yang sedang mengasah bakatnya di negeri lain, seperti Inggris dengan kompetisi paling bergengsi di dunia.

Bukan hanya Martin Odegaard, Joshua King, dan Mohamed Elyounoussi, tetapi masih ada lima pemain muda Norwegia yang merumput di Inggris.

Berikut IDN Times sajikan daftarnya hanya untukmu, mengutip dari berbagai sumber.

1. Leo Hjelde

5 Anak Ajaib Norwegia yang Asah Kemampuan di Premier Leaguehitc.com

Yang pertama ada bek tengah milik Leeds United, Leo Hjelde. Pemain berusia 18 tahun ini merupakan anak dari mantan bek tengah yang lama membela Nottingham Forest, Jon Olav Hjelde. Hjelde didatangkan The Whites dari Celtic pada 2021 lalu. Musim ini, dia telah dua kali diturunkan di Premier League.

Selayaknya pemain muda yang mengorbit dari akademi, perannya lebih banyak menjadi penghangat bangku cadangan yang disebabkan oleh krisis cedera yang dialami Leeds. Meski begitu, bek kelahiran Nottingham, Inggris, ini menjadi andalan bagi Leeds U-23 dengan turun 10 kali di Premier League 2. Kariernya di Timnas Norwegia juga cukup menjanjikan. Dia telah membela timnas kelompok umur mulai dari U-16, U-17, U-18, dan U-21.

Baca Juga: Madrid Diklaim Sudah Dapatkan Mbappe dan Haaland

2. Kristoffer Klaesson

5 Anak Ajaib Norwegia yang Asah Kemampuan di Premier Leaguesportsmanheight.com

Klaesson adalah penjaga gawang berusia 21 tahun yang bermain satu tim dengan Leo Hjelde di Leeds United. Kiper kelahiran Oslo, Norwegia, itu didatangkan The Whites pada awal musim ini dari Valerenga.

Bersama Leeds, Klaesson menjalani peranan sebagai pelapis Illan Meslier. Di Premier League, Klaesson baru bermain sekali dan itu pun sebagai pemain pengganti saat Meslier cedera di pertandingan kontra Wolves. Meski demikian, Klaesson menjadi pemain kunci di tim U-23 dengan dimainkan sebanyak 19 kali di Premier League 2 dengan catatan cleansheet sebanyak empat kali. Klaesson juga menjadi pilihan reguler bagi Norwegia mulai dari U-15 hingga U-21.

3. Kristoffer Ajer

5 Anak Ajaib Norwegia yang Asah Kemampuan di Premier Leagueenfieldindependent.co.uk

Selanjutnya, ada bek tengah lain yang menjadi andalan tembok pertahanan Brentford, Kristoffer Ajer. Pemain yang bertinggi nyaris dua meter ini masih berusia 23 tahun. Sebelum membela The Bees, Ajer tampil impresif bersama klub Skotlandia, Celtic. Di sana, Ajer diturunkan sebanyak 176 kali di semua kompetisi.

Hal itu yang membuat Brentford kesengsem dan akhirnya mendatangkannya awal musim ini. Sejauh musim ini berjalan, Ajer telah memainkan total 21 pertandingan di semua kompetisi. Bersama Norwegia, Ajer telah mencatatkan total 25 caps.

4. Sander Berge

5 Anak Ajaib Norwegia yang Asah Kemampuan di Premier Leaguethestar.co.uk

Tak hanya di Premier League, pemain muda Norwegia juga ada yang merumput di Championship bersama Sheffield United. Pemain itu adalah Sander Berge. Gelandang berusia 24 tahun ini menjadi andalan bagi The Blades semenjak didatangkan pada 2020 lalu dari Genk. Berge tercatat sudah memainkan 56 pertandingan bagi Sheffield United.

Musim ini, Berge diturunkan sebanyak 23 kali dengan catatan empat gol dan satu assist. Berkat kontribusinya tersebut, Sheffield United kini berada di peringkat lima dan bersaing untuk bisa promosi ke Premier League musim depan. Bersama Norwegia, Berge telah menorehkan total 24 kaps.

5. Mathias Normann

5 Anak Ajaib Norwegia yang Asah Kemampuan di Premier Leaguenorfolklive.co.uk

Berikutnya ada Mathias Normann yang merumput bersama tim yang sedang berjuang untuk keluar dari zona merah, Norwich City. Meski telah berusia 25 tahun, potensi Normann untuk menjadi pemain kunci timnas Norwegia cukup besar. Dia sudah mencatatkan 11 caps bersama Norwegia sejak debut pada 2019 lalu.

The Canaries meminjam Normann dari klub Rusia, Rostov, hingga akhir musim. Bersama Norwich City, Normann jadi pemain kunci. Pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah ini tercatat sudah diturunkan sebanyak 18 kali di seluruh kompetisi. Dia hanya satu kali duduk di bangku cadangan dan sisanya harus absen karena cedera.

Ahmad Fikri Adzhani Photo Writer Ahmad Fikri Adzhani

Football and coffee really define me.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya