5 Wonderkid Turki yang Bikin Raksasa Eropa Kepincut

Ada titisan Mesut Ozil

Jakarta, IDN Times - Turki merupakan sebuah negara yang terletak di dua benua, tepatnya di Asia Barat dan Eropa Tenggara. Negara yang satu ini memiliki kultur sepak bola kental. Sebut saja Besiktas, Fenerbahce, dan Galatasaray yang kerap kali lolos ke ajang bergengsi Liga Champions dan Liga Europa.

Para pesepak bola hebat juga lahir di Turki. Metin Oktay, Hakan Sukur, Burak Yilmaz, Arda Turan, hingga Nuri Sahin, adalah beberapa pengolah si kulit bundar bertalenta dan melegenda dari Turki.

Kini para pemain muda sudah mulai bermunculan ke permukaan. Mereka siap menjadi bintang-bintang selanjutnya bagi dunia sepak bola Turki.

Siapa saja mereka? Berikut IDN Times sajikan daftar wonderkid Turki yang sukses membuat klub-klub top Eropa terpesona.

1. Arda Gueler

5 Wonderkid Turki yang Bikin Raksasa Eropa Kepincutnumberone.com.tr

Yang pertama ada pemain Fenerbahce, Arda Gueler. Pemain yang fasih bermain sebagai gelandang sentral dan serang ini masih berusia 17 tahun. Dia didatangkan dari klub Turki lainnya, Genclebirligi, pada 2019 lalu. Gueler melakoni debutnya di tim senior Fenerbahce pada 2021 di sebuah laga Europa League.

Pemain yang digadang-gadang memiliki kemiripan gaya main dengan Mesut Oezil ini terus mendapat kesempatan bermain seiring berjalannya musim. Pada musim ini, Guler tercatat sudah merumput sebanyak 16 kali bersama tim utama Fenerbahce termasuk 12 kali di antara di Super Lig dengan torehan produktivitas tiga gol dan tiga assist. Melansir Goal, Gueler telah menarik minat klub-klub top Eropa seperti Bayern Munich, Liverpool, serta Arsenal.

Baca Juga: Mesut Oezil Mau Pensiun di Fenerbahce, Peluang Bali United Tertutup

2. Burak Ince

5 Wonderkid Turki yang Bikin Raksasa Eropa Kepincutnw.de

Berikutnya ada pemain yang merantau ke Jerman dan bermain untuk kontestan Bundesliga, Arminia Bielefeld. Ince adalah seorang gelandang sentral yang masih 18 tahun. Ince baru didatangkan Bielefeld pada 2022 dari klub Turki, Altinordu. Pada 2020 lalu, dia menjalani debut profesionalnya bersama Altinordu dan memecahkan rekor sebagai pemain termuda yang pernah merumput di Divisi Dua Liga Turki.

Musim ini, Ince telah diturunkan sebanyak lima kali di Bundesliga. Sebelum memutuskan untuk hijrah ke Bielefeld, talenta Ince sempat diincar terendus beberapa raksasa Eropa seperti Bayern Munich, Liverpool, serta Manchester City.

3. Bartug Elmaz

5 Wonderkid Turki yang Bikin Raksasa Eropa Kepincutajanscyprus.com

Berikutnya, giliran pemain Galatasaray yang mencuri perhatian. Elmaz merupakan pemain berusia 19 tahun yang berposisi sebagai gelandang bertahan. Bergabung sejak 2013, Elmaz menandatangani kontrak professional pertamanya pada 2020. Elmaz menjalani debutnya pada Desember 2020 lalu.

Musim ini, Elmaz harus puas merumput lagi bersama Galatasaray U-19. Total, tiga gol berhasil dia koleksi dari delapan pertandingan. Meski begitu, kariernya tetap menanjak. Terbukti, pada Januari 2022 lalu, Elmaz sepakat untuk menandatangani kesepakatan pra-kontrak dengan raksasa Prancis, Marseille. Dia baru akan secara resmi berlabuh ke Stade Velodrome pada Juni 2022 mendatang.

4. Dogan Alemdar

5 Wonderkid Turki yang Bikin Raksasa Eropa Kepincutsportune.fr

Yang keempat ada pemain muda berbakat yang berposisi sebagai kiper. Di usianya yang masih 19 tahun, Alemdar sudah berkiprah di Prancis bersama Rennes. Alemdar didatangkan Rennes pada Agustus 2021 lalu dari klub Turki, Kayserispor. Sebelumnya, Alemdar telah mencatatkan 28 caps bersama Kayserispor di ajang Super Lig. Talentanya sebagai kiper masa depan sudah terdeteksi sejak dini, saat menjalani debutnya di usia 17 tahun. Tak tanggung-tanggung, di laga tersebut Alemdar juga menjadi kapten.

Bergabung bersama Rennes, Alemdar terus meroket. Musim ini, total 15 pertandingan sudah ia jalani dengan 12 di antaranya datang dari ajang Ligue 1. Bahkan, lima cleansheet berhasil ia toreh.  Sebelum memutuskan untuk berlabuh ke Rennes, Alemdar sempat diincar oleh raksasa Italia, AC Milan, mengutip situs Sempre Milan.

5. Omer Beyaz

5 Wonderkid Turki yang Bikin Raksasa Eropa Kepincutsortitoutsi.net

Terakhir, ada Omer Beyaz. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini merupakan produk hasil akademi Fenerbahce. Dia menandatangani kontrak profesionalnya pada 2018 lalu. Beyaz lantas menjalani debutnya di tim senior pada 2020 lalu dalam sebuah laga Piala Turki kontra Trabzonspor. Saat itu, Beyaz masih berusia 16 tahun.

Sama seperti Ince, Omer Beyaz juga tengah mengasah kemampuannya di Jerman. Pemain yang baru berusia 18 tahun ini kini berkostum Stuttgart setelah didatangkan dari Fenerbahce pada 2021 lalu. Bersama Stuttgart, performa Beyaz terus meningkat dengan mencatatkan lima kali penampilan di Bundesliga dan DFB Pokal musim ini. Mengutip dari berbagai sumber, Beyaz sempat masuk dalam radar dua klub top Inggris, Chelsea dan Manchester United.

Ahmad Fikri Adzhani Photo Writer Ahmad Fikri Adzhani

Football and coffee really define me.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya