5 Pemain Brasil dengan Penampilan Terbanyak Bersama Liverpool

Roberto Firmino hengkang

Pemain-pemain Brasil sering meramaikan liga-liga top Eropa. Kualitas para pemain Negeri Samba membuat mereka layak bersaing dengan pemain-pemain top dari negara lain. Liverpool, sebagai salah satu klub top Eropa, menjadi salah satu tempat beberapa pemain Brasil untuk berkarier.

Sepanjang sejarah klub, terdapat sebelas pemain berpaspor Brasil yang pernah menjadi bagian dari klub yang bermarkas di Anfield tersebut. Beberapa bahkan telah mengoleksi ratusan penampilan selama mereka berseragam The Reds. Berikut lima pemain Brasil dengan penampilan terbanyak bersama Liverpool.

1. Roberto Firmino

5 Pemain Brasil dengan Penampilan Terbanyak Bersama LiverpoolRoberto Firmino (instagram.com/roberto_firmino)

Roberto Firmino menjadi pemain Brasil dengan koleksi penampilan terbanyak bersama Liverpool. Selama 8 musim membela The Reds, dia telah mencatatkan 362 pertandingan dengan mengoleksi 111 gol dan 79 assist. Sebuah catatan yang cukup impresif bagi seorang penyerang.

Firmino telah membela Liverpool sejak didatangkan dari klub asal Jerman, TSG Hoffenheim, pada musim panas 2015. Bersama mereka, pemain berusia 31 itu telah mempersembahkan beberapa gelar, termasuk trofi UEFA Champions League (UCL) 2018/2019. Patut dinantikan ke klub mana dia akan berlabuh musim depan.

2. Lucas Leiva

5 Pemain Brasil dengan Penampilan Terbanyak Bersama LiverpoolLucas Leiva saat berseragam Liverpool. (instagram.com/leivalucas)

Lucas Leiva menjadi bagian dari Liverpool pada 2007—2017. Pada musim panas 2007, The Reds memboyongnya dari klub asal Brasil, Gremio, dengan mahar 10 juta euro atau sekitar Rp161 miliar. Saat itu, pemain yang biasa bermain sebagai gelandang itu masih berusia 20 tahun.

Selama 10 musim berseragam The Reds, dia mencatatkan 346 pertandingan dan mencetak 7 gol dan 21 assist. Pada Maret 2023, dia memutuskan untuk pensiun dari dunia sepak bola. Hal itu terjadi karena dia memiliki masalah dengan jantungnya.

Baca Juga: 7 Raihan Titel Juara Roberto Firmino bersama Liverpool, Memukau!

3. Alisson Becker

5 Pemain Brasil dengan Penampilan Terbanyak Bersama LiverpoolAlisson (instagram.com/alissonbecker)

Alisson Becker didatangkan Liverpool dari klub asal Italia, AS Roma, pada musim panas 2018. Kiper berpostur 193 sentimeter itu sendiri berseragam Serigala Ibu Kota mulai pada musim panas 2016. The Reds kemudian mengeluarkan dana sebesar 62,5 juta euro atau sekitar Rp1 triliun untuk memboyongnya.

Selama hampir 5 musim bermain untuk Liverpool, dia telah mencatatkan 231 pertandingan dan 103 di antaranya tanpa kebobolan. Berposisi sebagai kiper, pemain berusia 30 tahun ini juga mengoleksi satu gol. Dia juga telah mempersembahkan beberapa gelar untuk Liverpool, salah satunya ialah trofi EPL 2019/2020.

4. Fabinho

5 Pemain Brasil dengan Penampilan Terbanyak Bersama LiverpoolFabinho (instagram.com/fabinho)

Selanjutnya, ada pemain yang telah mengoleksi 29 caps bersama Timnas Brasil. Sama seperti Alisson, Fabinho didatangkan Liverpool pada musim panas 2018. Saat itu, dia diboyong dari klub yang berlaga di Ligue 1 Prancis, AS Monaco, dengan mahar 45 juta euro atau sekitar Rp723 miliar.

Bermain sebagai gelandang, dia telah mencatatkan 219 pertandingan dan mengoleksi 11 gol dan 10 assist di semua ajang. Beberapa gelar telah dia dapatkan selama membela The Reds. Salah satu yang paling bergengsi ialah trofi UCL 2018/2019.

5. Philippe Coutinho

5 Pemain Brasil dengan Penampilan Terbanyak Bersama LiverpoolPhilippe Coutinho saat berseragam Liverpool. (instagram.com/phil.coutinho)

Philippe Coutinho menjadi nama terakhir dalam daftar ini. Pemain berusia 30 tahun ini menjadi bagian dari Liverpool pada 2013—2018 sebelum akhirnya diboyong Barcelona. Selama 5 musim berseragam The Reds, dia mencatatkan 201 pertandingan dan mengoleksi 54 gol dan 45 assist.

Performa Coutinho bisa dibilang menurun sejak hengkang dari Liverpool. Dia gagal menampilkan performa terbaiknya kala berseragam Barcelona. Di English Premier League 2022/2023, dia bermain untuk Aston Villa setelah dibeli dari Barcelona pada awal musim.

Musim 2022/2023 menjadi musim terakhir Roberto Firmino bersama Liverpool. Pencapaian yang dia catatkan bersama The Reds membuatnya layak disebut sebagai legenda klub. Patut kita nantikan ke mana dia akan berlabuh musim depan.

Baca Juga: 3 Momen Apik Roberto Firmino Selama Membela Liverpool

Firdaus Ala Illiyyin Photo Verified Writer Firdaus Ala Illiyyin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya