Comscore Tracker

Performa Jeblok, 5 Pelatih yang Tepat Gantikan Mikel Arteta di Arsenal

Saat ini Arsenal berada di peringkat 14

Mikel Arteta sempat menghadirkan optimisme bagi publik Emirates Stadium ketika ditunjuk menggantikan Unai Emery pertengahan musim lalu. Namun, tampaknya itu tidak berlangsung lama ketika musim baru dimulai. Hingga pekan ke-10, The Gunners justru terpuruk di peringkat 14 setelah menderita lima kekalahan, satu imbang dan hanya empat kali menang.

Isu pemecatan Mikel Arteta pun mulai disuarakan fans karena tidak puas dengan performa yang ditampilkan. Jika kemudian pelatih asal Spanyol tersebut memang dipecat, Arsenal tampaknya memiliki opsi yang mumpuni sebagai pelatih baru. Siapa mereka? Yuk disimak.

Baca Juga: Wow! Mikel Arteta Naik Jabatan di Arsenal

1. Massimiliano Allegri

Performa Jeblok, 5 Pelatih yang Tepat Gantikan Mikel Arteta di Arsenalskysports.com

Sejak musim lalu Massimiliano Allegri sudah santer dikabarkan jadi kandidat pelatih Arsenal selain Arteta. Eks pelatih Juventus itu bahkan sudah mengambil kelas bahasa Inggris demi kelancaran komunikasi. Tampaknnya ini menjadi saat yang tepat baginya mengambil alih komando jika Arteta dipecat.

Allegri memiliki pengalaman mumpuni untuk mengembalikan kebesaran Arsenal. Ia telah mengoleksi enam gelar Scudetto bersama Juventus dan AC Milan. Apalagi, saat ini pelatih asal Italia itu sedang menganggur dan sempat menyatakan siap kembali ke lapangan hijau.

2. Eddie Howe

Performa Jeblok, 5 Pelatih yang Tepat Gantikan Mikel Arteta di Arsenalbournemouthecho.co..uk

Saat Arsene Wenger meninggalkan Arsenal, Eddie Howe sempat menjadi kandidat sebagai suksesornya. Hal itu tidak lepas dari prestasinya membawa Bournemouth naik kasta dari League Two hingga Premier League. Meski ia tak memiliki nama besar, strategi permainannya kala itu dinilai tepat untuk The Gunners.

Sang pelatih sendiri saat ini juga dalam keadaan menganggur setelah kariernya bersama Bournemouth berakhir musim lalu usai terdegradasi ke divisi Championship.

3. Leonardo Jardim

Performa Jeblok, 5 Pelatih yang Tepat Gantikan Mikel Arteta di Arsenaltwitter.com/_sam1906

Leonardo Jardim merupakan salah satu pelatih yang sudah berpengalaman di Eropa. Ia pernah menangani berbagai tim seperti Braga, Olympiakos, Sporting Lisbon, dan AS Monaco. Karier terbaiknya tentu bersama AS Monaco ketika mereka lolos ke semifinal Liga Champions musim 2016/2017 serta meraih trofi Ligue 1.

Kala itu ia juga mampu mengasah talenta muda seperti Kylan Mbappe, Thomas Lemar, Bernardo Silva, Fabinho, dan Tiemoue Bakayoko. Ini menjadi kriteria pelatih yang cocok bagi The Gunners yang diisi banyak talenta muda berbakat. Saat ini ia juga sedang available usai dipecat AS Monaco pada musim lalu.

4. Ernesto Valverde

Performa Jeblok, 5 Pelatih yang Tepat Gantikan Mikel Arteta di Arsenalfcbarcelona.fr

Musim lalu Ernesto Valverde mengalami nasib tidak menyenangkan usai dipecat Barcelona. Padahal prestasinya kala itu sangat baik dengan mempersembahkan empat trofi, yakni 2 gelar La Liga, serta masing-masing 1 Coppa del Rey dan Supercopa de Espana. Setelah pemecatan dirinya, Barcelona bahkan belum kembali ke performa terbaiknya.

Valverde juga dinilai sebagai pelatih yang memiliki filosofi bermain menyerang dan bertahan secara seimbang. Sesuatu yang dibutuhkan Arsenal saat ini yang telah kebobolan 12 gol dan hanya mampu mencetak 10 gol dari 10 laga Premier League.

5. Thomas Tuchel

Performa Jeblok, 5 Pelatih yang Tepat Gantikan Mikel Arteta di Arsenalgoal.com

Thomas Tuchel saat ini tengah menangani PSG dan sukses mempersembahkan enam trofi sejak ditunjuk pada 2018. Musim lalu, ia bahkan sukses membawa klub ke babak final Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah. Kontraknya bersama PSG sendiri akan berakhir pada 2021 mendatang dan belum ada tanda akan diperpanjang.

Jika keduanya berpisah, ia cukup layak menjadi nakhoda Arsenal selanjutnya. Sebelum menangani PSG, ia juga sempat melatih Mainz dan Dortmund, dua tim yang didominasi pemain muda dan memiliki filosofi bermain menyerang, layaknya Arsenal.

Jika Arsenal belum juga menunjukan perbaikan performa dalam beberapa pekan ke depan, bukan tak mungkin Arteta akan segera angkat kaki dari Emirates Stadium. Untuk calon penggantinya nanti, tugas ini tidak akan mudah mengingat permasalahan Arsenal tidak hanya di atas lapangan, tetapi juga di luar seperti kasus Mesut Ozil yang terus menjadi kemelut.

Baca Juga: 8 Rekrutan Termahal Thomas Tuchel Selama Menjadi Pelatih, Fantastis!

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya