Comscore Tracker

5 Catatan Menarik Pekan Ke-16 Serie A Italia, AC Milan Kudeta Napoli!

Napoli anjlok ke peringkat tiga

Serie A pekan ke-16 menghadirkan deretan drama yang membuat Serie A musim ini semakin menarik. Setelah sekian lama memuncaki klasemen, Napoli akhirnya harus terdepak oleh duo Milan. AC Milan berhasil mengambil alih puncak klasemen usai meraih kemenangan meyakinkan atas Salernitana.

Tidak hanya itu, drama persaingan perebutan tiket kompetisi Eropa pun tidak kalah memanas. Apa yang terjadi? Berikut ini lima catatan menarik pekan ke-16 Serie A Italia.

1. Dibungkam Atalanta, Napoli kehilangan takhta

5 Catatan Menarik Pekan Ke-16 Serie A Italia, AC Milan Kudeta Napoli!selebrasi gol Merih Demiral ke gawang Napoli (twitter.com/Atalanta_BC)

Pada pekan ke-16 Napoli harus menghadapi tim yang sedang panas, Atalanta di kandang sendiri, Diego Maradona Stadium. Duel dua tim papan atas ini berjalan sangat intens dan saling berbalas gol. Namun, pada akhrnya tim tamu keluar sebagai pemenang dengan skor 3-2. Tiga gol Atalanta dicetak oleh Ruslan Malinovskyi (7'), Merih Demiral (66') dan Remo Freuler (71').

Sedangkan dua gol Napoli dilesatkan oleh Piotr Zeilinski (40') dan Dries Mertens (47'). Dengan hasil ini, Napoli harus rela kehilangan tahkta. Napoli bahkan harus turun ke urutan ketiga karena ditelikung duo Milan, yang sama-sama meraih kemenangan. Tak hanya itu, Atalanta pun mulai mengancam Napoli dengan hanya selisih dua poin di posisi empat. 

2. Duo Milan sengit berebut puncak klasemen

5 Catatan Menarik Pekan Ke-16 Serie A Italia, AC Milan Kudeta Napoli!para pemain Inter Milan melakukan selebarasi gol (twitter.com/Inter_en)

Dua klub asal Milan, AC Milan dan Inter Milan, kompak meraih kemenangan di pekan ke-16. Rossonerri mengalahkan tim dasar klasemen Salernitana dengan 2-0 lewat gol Frank Kessie dan Alexis Saelemaekers. Sedangkan Inter Milan secara luar biasa membantai tuan rumah AS Roma dengan skor 3-0 melalui tiga gol dari pemain barunya, Hakan Calhanoglu, Edin Dzeko dan Denzel Dumfries.

Dengan hasil ini, AC Milan merebut puncak klasemen dari tangan Napoli dengan koleksi 38 poin. Inter Milan mengikuti dengan sengit, hanya berselisih satu poin saja. Dengan tiga laga tersisa, akan sangat menarik siapa yang akan keluar sebagai juara paruh musim.

Baca Juga: 5 Pemain Top Terakhir yang Dilepas Chelsea ke Klub Serie A

3. AS Roma masih inkonsisten, Juventus memanas!

5 Catatan Menarik Pekan Ke-16 Serie A Italia, AC Milan Kudeta Napoli!para pemain Juventus melakukan selebrasi gol (twitter.com/juventusfcen)

AS Roma kembali tampil inkonsisten setelah menelan dua kekalahan beruntun dalam jangka waktu empat hari. Usai dikalahkan Bologna 1-0 pekan sebelumnya, AS Roma justru babak belur di kandang sendiri usai dibungkam 3-0 oleh Inter Milan. Ini menjadi kekalahan ketujuh mereka musim ini, dan membuat posisi mereka anjlok ke urutan ke-7.

Di sisi lain, Juventus perlahan tapi pasti mulai menemukan kembali permainan terbaiknya. Bianconerri sukses mengalahkan Genoa dengan skor 2-0. Tambahan tiga poin ini membuat posisi mereka naik ke urutan ke-5 dengan 27 poin. Mereka kini terpaut tujuh angka dari Atalanta di posisi empat.

4. Dusan Vlahovic tak terhentikan

5 Catatan Menarik Pekan Ke-16 Serie A Italia, AC Milan Kudeta Napoli!Dusan Vlahovic (sport.blic.rs)

Performa apik Dusan Vlahovic terus berlanjut dan semakin tak terhentikan. Fiorentina berhasil mengalahkan Bologna dengan skor tipis 3-2. Dusan Vlahovic menjadi penentu kemenangan pada laga tersebut dengan golnya lewat titik penalti di menit ke-67.

Satu golnya itu pun mengokohkan posisinya sebagai top skor sementara dengan 13 gol dari 16 laga Serie A. Hebatnya lagi, Dusan Vlahovic kini tercatat dalam sejarah Serie A sebagai pemain keempat yang mampu mencetak 30 gol dalam satu tahun kalender sebelum berusia 22 tahun.

5. Tim-tim Serie A bakal hadapi laga penentuan di kompetisi Eropa

5 Catatan Menarik Pekan Ke-16 Serie A Italia, AC Milan Kudeta Napoli!duel AC Milan vs Salernitana (acmilan.com)

Prestasi klub-klub Serie A di kompetisi Eropa dalam satu dekade terakhir terbilang tidak mengesankan. Inter Milan menjadi klub Italia terakhir yang berhasil menjuarai Liga Champions pada musim 2009/10. Musim ini sendiri baru Juventus dan Inter Milan yang memastikan tiket lolos ke babak 16 besar Liga Champions, dan Lazio ke babak 32 besar Liga Europa.

Sementara itu tiga tim lainnya, AC Milan dan Atalanta nasibnya akan ditentukan di laga terkahir fase grup tengah pekan ini. AC Milan bakal berhadapan dengan Liverpool, sedangkan Atalanta melawan Villareal. Sementara Napoli yang akan melawan Leicester di Liga Europa. Ketiganya wajib menang demi bisa lolos, tetapi itu juga bakal dipastikan dengan hasil dari laga lainnya.

Baca Juga: 5 Klub yang Paling Sering Dikalahkan Inter Milan, AC Milan Termasuk!

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya