5 Fakta Menarik Jelang Duel Aston Villa Vs. Man City, Gerrard Onfire!

Aston Villa raih dua kemenangan beruntun di bawah Gerrard

Pekan ke-14 Premier League bakal menghadirkan salah satu laga menarik antara Aston Villa melawan Manchester City. Laga bakal digelar di Villa Park pada Kamis dini hari (02/12) WIB. Aston Villa saat ini menempati peringkat ke-13, sedangkan Manchester City duduk di peringkat kedua.

Meski secara posisi keduanya sangat jauh, Manchester City tidak boleh menyepelekan sang lawan. The Villans saat ini sedang onfire di bawah asuhan pelatih baru Steven Gerrard. Jelang duel kedua tim, berikut ini lima fakta menariknya.

1. Ujian sebenarnya bagi Steven Gerrard

5 Fakta Menarik Jelang Duel Aston Villa Vs. Man City, Gerrard Onfire!Steven Gerrard (premierleague.com)

Steven Gerrard baru saja ditunjuk menjadi pelatih Aston Villa menggantikan Dean Smith. Eks pelatih Rangers itu pun menjalani debut Premier League dengan sempurna. Gerrard berhasil meraih dua kemenangan beruntun dengan mengalahkan Brighton dan Crystal Palace dengan permainan yang menjanjikan.

Kini kapasitas Steven Gerrard yang sebenarnya bakal diuji dengan menghadapi juara bertahan Manchester City. Anak asuh Pep Guardiola sedang dalam performa terbaik usai meraih empat kemenangan dari lima laga Premier League terakhirnya. Mereka juga baru saja memastikan lolos ke babak 16 besar UCL usai kalahkan Paris Saint-Germain.

2. Manchester City masih kehilangan lima pemain inti

5 Fakta Menarik Jelang Duel Aston Villa Vs. Man City, Gerrard Onfire!Kevin de Bruyne (twitter.com/DeBruyneKev)

Meski lebih diunggulkan dalam laga ini, City tak boleh jumawa. Aston Villa sedang dalam performa terbaiknya di bawah asuhan Steven Gerrard dengan kemenangan sempurna dalam dua laga terakhir. Di sisi lain, City pun masih tanpa lima pemain intinya dengan berbagai alasan. Kevin de Bruyne masih akan absen usai terinfeksi COVID-19, sedangkan Aymeric Laporte masih menjalani skorsing kartu merah.

Sedangkan dua pemain lainnya, Ferran Torres dan Jack Grealish masih berkutat dengan cederanya. Sementara Phil Foden cukup diragukan karena mengalami cedera ringan pada laga sebelumnya. 

Baca Juga: 10 Potret Cole Palmer, Playmaker Masa Depan Manchester City

3. Aston Villa kalah jauh secara statistik

5 Fakta Menarik Jelang Duel Aston Villa Vs. Man City, Gerrard Onfire!duel Aston Villa vs Man City (premierleague.com)

Meski bermain di kandang sendiri, kans Aston Villa untuk menang akan cukup sulit. Selain kalah kualitas, mereka juga kalah jauh secara statistik. Dari 41 pertemuan kedua tim, Aston Villa hanya meraih enam kemenangan, berbanding 28 kemenangan milik Man City. Dalam lima pertemuan terakhir, Aston Villa bahkan selalu kalah dari City.

Kekalahan terbesar mereka terjadi pada Januari 2020 lalu saat dibantai dengan skor 1-6 di hadapan fansnya sendiri. Villa pun kesulitan membobol gawang City dengan hanya mampu mencetak tiga gol saja dari lima pertemuan terakhir kedua tim.

4. Efektifitas Aston Villa vs. daya serang Man City

5 Fakta Menarik Jelang Duel Aston Villa Vs. Man City, Gerrard Onfire!para pemain Aston Villa melakukan selebrasi gol (avfc.co.uk)

Aston Villa hanya akan kehilangan Bertrand Traore jelang hadapi Man City, sehingga Gerrard bisa menurunkan formasi terbaiknya. Pada dua laga sebelumnya, Gerrard mengandalkan formasi 4-3-3. Satu hal yang menarik adalah efektifitas para pemainnya di lapangan. Pada dua laga tersebut Aston Villa selalu kalah jauh dalam penguasaan bola dengan rata-rata 36 persen saja.

Namun, mereka tampil dengan efektifitas luar biasa. Pada dua laga itu, anak asuh Gerrard keluar sebagai pemenang dengan mencetak dua gol. Kini, lawan yang dihadapi adalah Man City, yang selalu menguasai bola dengan daya serang dan tekanan luar biasa. Akan sangat menarik menyaksikan adu strategi dua mantan gelandang hebat, Stevan Gerrard melawan pep Guardiola.

5. Prediksi starting XI

5 Fakta Menarik Jelang Duel Aston Villa Vs. Man City, Gerrard Onfire!duel Aston Villa vs Man City (premierleague.com)

Meski Man City lebih diunggulkan, Aston Villa bakal mendapatkan motivasi lebih dari para fansnya. Hadirnya Steven Gerrard, yang merupakan motivator ulung, pun bakal memberikan kepercayaan diri lebih bagi para pemain Aston Villa. Bukan tidak mungkin mereka bisa memberikan kejutan seperti yang ditunjukan Crystal Palace saat mengalahkan Man City.

Berikut ini prediksi starting XI kedua tim jelang laga dini hari nanti.

Aston Villa (4-3-3): Martinez; Targett, Mings, Konsa, Cash; Ramsey, Nakamba, McGinn; Young, Watkins, Buendia.

Manchester City (4-3-3): Ederson; Cancelo, Dias, Stones, Walker; Bernardo Silva, Rodri, Gundogan; Sterling, Foden, Mahrez.

Itulah lima fakta menarik jelang duel dua tim yang sedang onfire, Aston Villa dan Manchester City. Peluang Aston Villa untuk meraih kemenangan mungkin lebih kecil, tetapi dengan semangat besar yang mereka saat ini miliki, itu bisa jadi pemicu kejutan. Di sisi lain, Man City butuhkan tiga poin untuk terus menempel Chelsea di puncak klasemen.

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya