Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Jelang Duel West Ham Vs. Chelsea, Lukaku Comeback!

Chelsea hanya unggul tipis dalam lima pertemuan terakhir

Pekan ke-15 Premier League bakal dibuka dengan satu laga akbar antara tuan rumah West Ham melawan Chelsea, Sabtu (4/12/2021) pukul 19.30 WIB. Duel derby London ini kini lebih prestisius karena kedua tim berada di posisi empat besar. Sementara ini, The Hammers sedang bercokol di peringkat keempat, sedangkan Chelsea berada di puncak klasemen.

Tidak hanya itu, laga ini juga sangat penting bagi kedua tim. Kekalahan di laga ini sekaligus membuat posisi masing-masing rawan tergeser oleh para persaing terdekat di bawah mereka. Langsung simak sederet fakta dan ulasan jelang laga West Ham versus Chelsea di laga lanjutan pekan ke-15 Premier League berikut ini, yuk!

1. Menang atau tergusur!

5 Fakta Menarik Jelang Duel West Ham Vs. Chelsea, Lukaku Comeback!potret duel pemain West Ham dan pemain Chelsea (premierleague.com)

Laga ini tidak hanya duel pembuktian klub mana yang menguasai London, tetapi juga penentuan nasib di tabel klasemen. Meski Chelsea masih berada di puncak, posisi mereka sangat rentan karena hanya berselisih satu poin dari Manchester City, dan dua poin dari Liverpool.

Tidak kalah rentan, West Ham yang mengoleksi 24 poin di peringkat keempat pun terancam oleh tim-tim di bawah mereka. Arsenal, Tottenham, dan Manchester United siap menyalip West Ham kapan saja karena selisih poin di antara keempat tim itu sangatlah tipis. Di pekan ini, ketiga pesaing terdekat West Ham pun notabene menghadapi lawan yang lebih mudah sehingga mereka diunggulkan untuk meraih tiga poin.

2. Chelsea masih berjibaku dengan badai cedera

5 Fakta Menarik Jelang Duel West Ham Vs. Chelsea, Lukaku Comeback!potret Trevoh Chaboah mengalami cedera (twitter.com/TrevohChalobah)

Beberapa pekan terakhir Chelsea dipusingkan dengan banyaknya pemain inti yang cedera. Mulai dari Ben Chilwell, N'Golo Kante, Mateo Kovacic, hingga Trevoh Chalobah harus menepi karena cedera. Namun, The Blues bisa kembali menurunkan Jorginho, Reece James, dan Timo Werner setelah ketiganya absen pekan lalu saat mengalahkan Watford.

Sementara, West Ham hanya bakal kehilangan Victor Ogbonna yang menderita cedera. Mereka pun diprediksi bakal menjamu Chelsea dengan skuad terbaiknya. Meski demikian, Chelsea tetap tim yang tangguh. Mereka memiliki kedalaman skuad yang merata di semua lini yang tetap harus diwaspadai oleh West Ham.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Premier League yang Saat Ini Berstatus Tanpa Klub

3. Menanti tuah Romelu Lukaku dan Michael Antonio

5 Fakta Menarik Jelang Duel West Ham Vs. Chelsea, Lukaku Comeback!potret Romelu Lukaku (premierleague.com)

Setelah absen satu bulan akibat cedera pergelangan kaki, Romelu Lukaku akhirnya sembuh dan dipastikan tampil pada laga ini. Sejauh ini, eks striker Inter Milan tersebut baru mencetak tiga gol dari sembilan laga Premier League.

Performanya yang tak terlalu impresif itu melahirkan banyaknya kritik yang tertuju pada striker asal Belgia tersebut. Di sisi lain, Chelsea dinilai justru tampil impresif saat Lukaku absen. Sembuh dari cedera, ajang ini menjadi kesempatan bagi Lukaku untuk membuktikan kapasitasnya.

Di sisi lain, striker West Ham, Michail Antonio, mulai kehilangan tajinya. Ia gagal mencetak satu gol pun dari lima laga terakhir di Premier League meski di awal musim ia sempat tampil moncer dengan mencetak empat gol di tiga laga awal. Sejauh ini ia telah mengoleksi enam gol dari 13 pertandingan. Mampukah ia menemukan kembali ketajamannya saat melawan Chelsea nanti malam?

4. Head to head kedua tim

5 Fakta Menarik Jelang Duel West Ham Vs. Chelsea, Lukaku Comeback!potret duel pemain West Ham dan pemain Chelsea (premierleague.com)

Chelsea mungkin unggul secara kualitas pemain dan belakangan sedang dalam tren positif. Namun, West Ham adalah klub yang selalu merepotkan mereka. Dalam lima laga terakhir, Chelsea hanya unggul tipis dengan tiga kemenangan, berbanding dua milik The Hammers. 

Secara keseluruhan, kedua tim sudah 116 kali bertemu. Chelsea unggul dengan 52 kemenangan, sedangkan West Ham mengoleksi 42 kemenangan dan sisanya berakhir imbang. 

Meski demikian, West Ham bakal diuntungkan dengan bermain di hadapan fansnya sendiri. Mereka pun termotivasi untuk bangkit usai gagal meraih kemenangan dalam tiga laga terakhir di Premier League.

5. Prediksi starting XI

5 Fakta Menarik Jelang Duel West Ham Vs. Chelsea, Lukaku Comeback!potret duel pemain West Ham dan pemain Chelsea (premierleague.com)

Di atas kertas Chelsea sedikit diunggulkan dari West Ham karena kualitas pemain yang dimiliki oleh The Blues. Chelsea pun sejauh ini baru menderita satu kekalahan dari 14 laga di Premier League.

Namun, West Ham memiliki catatan cukup impresif melawan sederet kub besar di musim ini. Sejauh ini mereka mampu membuktikan kekuatan mereka kala mengalahkan Liverpool dan Tottenahm di Premier League, serta menyingkirkan Manchester United dan Manchester City di Piala Liga.

Jelang duel West Ham kontra Chelsea, berikut prediksi starting XI nanti malam.

West Ham (4-2-3-1): Fabianski; Cresswell, Zouma, Dawson, Johnson; Rice, Soucek; Fornals, Benrahma, Bowen; Antonio.

Chelsea (3-4-2-1): Mendy; Rudiger, Silva, Christensen; Hudson-Odoi, Jorginho, Mount, Azpilicueta; Havertz, Ziyech; Lukaku.

Itulah lima fakta menarik jelang duel akbar tuan rumah West Ham melawan sang pemuncak klasemen sementara, Chelsea. Kedua tim saat ini berstatus penghuni empat besar Premier League yang otomatis bakal membuat duel ini makin bergengsi. Tim manakah yang layak disebut penguasa London di edisi kali ini?

Baca Juga: 5 Hal Menarik Jelang Pekan Ke-15 Premier League

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya