5 Fakta Menarik Pekan Ke-18 Serie A, Inter Milan Juara Paruh Musim!

Ini tak lepas dari kekalahan AC Milan oleh Napoli

Serie A pekan ke-18 pada 2021/2022 ini menghadirkan deretan pertandingan menarik dan dramatis. Sang juara bertahan Inter Milan terus menunjukkan konsistensinya.

Usai membantai Salernitana dengan skor 5-0, Nerazzurri didapuk sebagai juara paruh musim. Ini tidak lepas dari kekalahan AC Milan oleh rival kuat mereka, Napoli.

Persaingan untuk perebutan tiket kompetisi Eropa pun tidak kalah sengit. Selisih poin yang tipis membuat kompetisi musim ini berjalan sangat menarik.

1. Inter Milan juara paruh musim

5 Fakta Menarik Pekan Ke-18 Serie A, Inter Milan Juara Paruh Musim!Lautaro Martinez (twitter.com/Inter_en)

Inter Milan melanjutkan performa luar biasa di Serie A musim ini. Pada pekan ke-18, mereka membantai penghuni dasar klasemen Salernitana dengan skor 5-0. Ini menjadi kemenangan kedelapan dari 10 laga terakhir mereka di Serie A, sedangkan dua laga lainnya berakhir imbang. Hebatnya lagi, Inter Milan tampil sangat tajam.

Tambahan lima gol membuat Inter Milan mampu mencetak 100 gol dalam satu kalender Serie A. Mereka menciptakan rekor itu untuk pertama kalinya dalam sejarah klub.

Nerazzurri pun makin kokoh di puncak klasemen dengan 43 poin, unggul empat angka dari rival terkuat, Napoli dan AC Milan. Dengan ini, Inter Milan didapuk sebagai juara paruh musim.

2. Kalah dari Napoli, AC Milan turun peringkat

5 Fakta Menarik Pekan Ke-18 Serie A, Inter Milan Juara Paruh Musim!duel AC Milan vs Napoli (twitter.com/acmilan)

Gelar juara paruh musim Inter Milan tidak lepas dari kalahnya AC Milan oleh Napoli. Rossoneri harus menerima kekalahan 0-1 di San Siro lewat gol tunggal Napoli yang dicetak Eljif Elmas.

Kekalahan ini membuat AC Milan turun peringkat ke posisi tiga. Mereka tergeser oleh Napoli. Kedua tim saat ini memiliki jumlah poin sama, 39 angka.

Meski kalah, AC Milan cukup beruntung karena pada laga lainnya Atalanta pun kalah dari AS Roma, sehingga poin mereka masih berjarak dua poin. Bagi Napoli sendiri, ini menjadi langkah kebangkitan usai menderita dua kekalahan beruntun di Serie A.

Baca Juga: Sukses Bawa Inter Milan Juara Serie A, Antonio Conte Justru Dipecat 

3. Tim-tim kuda hitam kompak meraih kemenangan

5 Fakta Menarik Pekan Ke-18 Serie A, Inter Milan Juara Paruh Musim!selebrasi gol pemain AS Roma ke gawang Atalanta (twitter.com/ASRomaEN)

Persaingan sengit tidak hanya terjadi di peringkat empat besar, tetapi juga perebutan tiket Liga Europa. Tim-tim kuda hitam kompak meraih kemenangan. AS Roma menjadi yang paling mengejutkan usai membantai tim kuat Atalanta dengan skor 4-1. Sedangkan, Juventus menang 2-0 atas Bologna dan Lazio menang 3-1 atas Genoa. 

Hanya Fiorentina yang gagal meraih kemenangan usai bermain imbang 2-2 melawan Sassuolo. Dengan hasil ini, AS Roma, Fiorentina dan Juventus memiliki jumlah poin sama, 31, disusul Lazio di peringkat ke-8 dengan 28 poin.

4. Tajamnya Dusan Vlahovic dan konsistensi Hakan Calhanoglu

5 Fakta Menarik Pekan Ke-18 Serie A, Inter Milan Juara Paruh Musim!para pemain Inter Milan melakukan selebarasi gol (inter.it)

Dusan Vlahovic dan Hakan Calhanoglu menjadi dua nama yang paling bersinar pada pekan ke-18 Serie A. Satu gol Vlahovic berhasil membawa Fiorentina keluar dari kekalahan usai sempat tertinggal dua gol dari Sassuolo. Sedangkan, satu gol lainnya dicetak Lucas Torreira. Dengan tambahan satu golnya, Vlahovic kokoh di puncak skor dengan 16 gol.

Hebatnya, ia mampu mencetak gol beruntun dalam enam laga terakhir di Serie A. Sementara itu, Hakan Calhanoglu menjadi bintang kemenangan Inter Milan melawan Salernitana. Meski tak mencetak gol, ia sukses memberikan dua assist. Torehan itu menjadikannya top assist Serie A sementara dengan total tujuh assist.

5. Rekor buruk para pelatih anyar

5 Fakta Menarik Pekan Ke-18 Serie A, Inter Milan Juara Paruh Musim!Andriy Shevchenko (twitter.com/jksheva7)

Separuh musim berlalu, Serie A telah membuat lima pelatih dipecat. Tiga pelatih baru di antaranya menangani tim-tim zona degradasi. Namun, ketiga pelatih anyar ini belum mampu juga memberikan perubahan. Mereka justru makin terpuruk.

Mereka ini adalah Andriy Shevchenko (Genoa), Stefano Colantuono (Salernitana) dan Walter Mazzari (Cagliari). Pada pekan ke-18, ketiga tim kompak menderita kekalahan besar.

Genoa dan Salernitana bahkan mengalami 4 kekalahan beruntun pada 5 laga terakhirnya di Serie A. Sedangkan, Cagliari menderita 2 kekalahan dan 3 kali imbang. Jika tak kunjung membaik, bukan tak mungkin mereka bakal dilengserkan.

Inter Milan dipastikan keluar sebagai juara paruh musim dengan selisih empat angka dari para rivalnya. Meski demikian, ini bukan jaminan mereka bakal bisa mempertahankan gelar musim ini. Apalagi dengan jendela transfer akan segera dibuka, persaingan pada paruh musim kedua pasti akan makin sengit.

Baca Juga: Pindah dari Inter ke AC Milan, 5 Pemain Ini Akhirnya Juara Serie A

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya