Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Sheriff Tiraspol, Debutan UCL yang Siap Kejutkan Eropa

Mereka kalahkan Shakthar di laga pembuka UCL

Sheriff Tiraspol sukses mencetak sejarah di musim ini setelah pertama kalinya lolos ke  fase grup Liga Champions. Klub asal Moldova ini bukanlah tim yang akrab dengan kompetisi elit di level klub ini. Namun, secara luar biasa mereka melewati babak kualifikasi dan playoff dengan mengalahkan klub-klub yang lebih mapan.

Mereka kemudian tergabung di grup D yang berisikan Real Madrid, Inter Milan, dan Shakthar Donetsk. Jika melihat kualitas dan pengalaman, Sherriff jadi tim medioker di grup ini. Namun, kejutan mungkin saja terjadi.

Berikut ini adalah 5 fakta menarik Sheriff Tiraspol yang menarik untuk kamu simak.

1. Perjalanan panjang dengan mengalahkan tim mapan

5 Fakta Menarik Sheriff Tiraspol, Debutan UCL yang Siap Kejutkan Eropapotret Sherriff Tiraspol (uefa,com)

Berstatus sebagai juara Liga Moldova, Sherriff Tiraspol memulai perjalanan Liga Champions mereka melalui babak kualifikasi. Di laga pertama mereka sukses membungkam klub Albania, Teuta dengan skor aggregate 5-0, dan mengalahkan Armenia Alashkert dengan skor 4-1. 

Di fase ketiga, mereka berhadapan dengan klub kuat Red Star Belgrade sekaligus membuat kejutan dengan kemenangan aggregate 2-1. Mereka pun lolos ke babak playoff untuk hadapi klub langganan  Liga Champions, Dynamo Zagreb. Lagi-lagi, kejutan terjadi ketika mereka mampu menang dengan skor aggregate 3-0. Mereka pun untuk pertama kalinya dalam sejarah lolos ka fase grup Liga Champions.

2. Kejutan terus berlanjut di laga pembuka Liga Champions

5 Fakta Menarik Sheriff Tiraspol, Debutan UCL yang Siap Kejutkan Eropapotret selebrasi kemenangan Sherriff Tiraspol (espn.co.uk)

Kisah dongeng Sherriff Tiraspol terus berlanjut di laga pembuka Liga Champions musim ini. Menghadapi Shakthar Donetsk di kandang sendiri, mereka berhasil meraih kemenangan meyakinkan dengan skor 2-0. Ini menjadi kemenangan perdana sepanjang sejarah klub di ajang ini, sekaligus mengantarkan mereka ke puncak klasemen sementara grup D dengan raihan 3 poin.

Mereka unggul selisih gol dari Real Madrid yang mengalahkan Inter Milan dengan skor tipis, 0-1. Kisah ajaib mereka akan diuji di dua laga mendatang dengan bertandang ke Santiago Bernabeu untuk melawan Real Madrid dan menjamu Inter Milan pada pertemuan berikutnya.

Baca Juga: 5 Pemain yang Berhasil Tampil Gemilang di Pekan Pertama Liga Champions

3. Wakil pertama asal Moldova dalam sejarah Liga Champions

5 Fakta Menarik Sheriff Tiraspol, Debutan UCL yang Siap Kejutkan Eropapotret selebrasi kemenangan Sheriff Tiraspor (uefa.com)

Moldova bukanlah negara dengan sejarah dan budaya sepak bola kuat di Eropa. Mereka hanyalah negara kecil tanpa catatan impresif di ranah sepak bola. Namun, kehadiran Sherriff Tiraspol di Liga Champions musim ini menorehkan sejarah baru. Mereka menjadi klub pertama asal Moldova yang berhasil tampil di Liga Champions.

Sebelumnya, kompetisi elit yang mereka ikuti hanyalah Liga Europa pada musim 2017/18. Namun, mereka terhenti di fase grup usai finis di peringkat ketiga di bawah Lokomotiv Moskow dan FC Copenhagen.

4. Klub muda yang langsung kejutkan Eropa

5 Fakta Menarik Sheriff Tiraspol, Debutan UCL yang Siap Kejutkan Eropapotret Sheriff Tiraspor (uefa.com)

Klub ini terbilang masih muda karena baru berusia 24 tahun setelah dibangun pada tahun 1997. Sebelumnya, mereka bernama Tiras Tiraspol. Meski demikian, mereka merupakan salah satu klub tersukses di Liga Moldova. Mereka sudah mengoleksi 19 gelar Liga  Moldova, 10 Piala Liga, dan 7 Piala Super Moldova.

5. Peringkat mereka melejit di rangking UEFA

5 Fakta Menarik Sheriff Tiraspol, Debutan UCL yang Siap Kejutkan Eropapotret selebrasi gol Sherriff Tiraspor (uefa.com)

Keberhasilan mereka lolos ke fase grup Liga Champions musim ini tidak hanya menjadi sejarah baru, tetapi juga meningkatkan peringkat mereka di rangking UEFA. Musim lalu mereka hanya menempati urutan ke-98 UEFA. Musim ini, peringkat mereka menanjak drastis 27 peringkat ke urutan 71. 

Jika mereka bisa mampu meneruskan kejutan mereka musim ini di Liga Champions, posisi mereka akan terus meningkat. 

Sherriff adalah sebuah cerita ajaib di Liga Champions musim ini. Mereka menunjukan kepada dunia jika sebuah klub kecil bisa saja meraih prestasi dan mencetak sejarah. Dengan semangat dan motivasi besar saat ini, publik pasti menunggu bakal sejauh mana langkah mereka di ajang ini. Akankah kisah dongeng ini terus berlanjut?

Baca Juga: 5 Pemain yang Mencetak Gol Bagi Klub Barunya di Liga Champions Eropa

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya