Comscore Tracker

5 Gelandang dengan Assist Terbanyak di Liga Top Eropa Sejauh Ini

Fun fact: Top assist LaLiga berasal dari klub promosi, lho

Dalam sepak bola, peran seorang gelandang sangat krusial dalam membangun sebuah permainan. Mereka adalah sosok jenderal di lapangan tengah yang bertanggung jawab mengalirkan bola. Dalam perkembangannya, seorang gelandang juga bertransformasi menjadi seorang pemberi assist dan pencetak gol ulung.

Musim ini, beberapa nama gelandang top menarik perhatian dengan torehan assist-nya yang fantastis. Mereka mampu memberikan kontribusi signifikan bagi klub masing-masing serta membantu para striker untuk lebih mudah mencetak gol.

Berikut ini lima gelandang dengan assist terbanyak di liga top Eropa sejauh ini.

1. Paul Pogba - 7 assist

5 Gelandang dengan Assist Terbanyak di Liga Top Eropa Sejauh Inipotret Paul Pogba (twitter.com/paulpogba)

Paul Pogba tampil sangat impresif di laga pembuka Premier League saat Manchester United mengalahkan Leeds dengan skor 5-1. Pada laga tersebut, Paul Pogba sukses mencetak empat assist. Performa impresifnya berlanjut ketika memberikan satu assist lagi kala imbang menghadapi Southampton, serta memberikan dua assist tambahan pada pekan keempat Premier League musim ini saat MU mengalahkan Newcastle, 4-1.

Total ia sudah mengoleksi tujuh assist dari sembilan laga Premier League. Sayang, setelahnya performa Pogba justru menurun. Ia absen dalam empat laga terakhir karena hukuman kartu merah serta cedera hamstring yang dideritanya. Praktis, musim ini akan menjadi musim terakhir Pogba bersama Manchester United karena kontraknya akan berakhir pada musim panas 2022.

2. Óscar Trejo - 7 assist

5 Gelandang dengan Assist Terbanyak di Liga Top Eropa Sejauh Inipotret Óscar Trejo (football-espana.net)

Musim ini Rayo Vallecano berhasil promosi ke LaLiga setelah sempat terdegradasi pada musim 2018/19. Hebatnya, mereka langsung tampil luar biasa meski berstatus sebagai tim promosi. Hingga pekan ke-15, mereka mampu menduduki peringkat ke-6 klasemen sementara LaLiga musim ini; mengungguli Barcelona. Salah satu pemain yang memberikan dampak besar adalah sang gelandang serang, Óscar Trejo.

Pemain berusia 33 tahun itu sudah mencetak tiga  gol dan tujuh assist dari 13 pertandingan LaLiga. Saat ini namanya berada di jajaran top assist bersama Karim Benzema. Óscar Trejo sendiri bergabung dengan Rayo Vallecano pada 2017 kala dibeli dari klub Prancis, Toulouse.

Baca Juga: Bertalenta, Inilah 5 Gelandang Muda Italia Terbaik di Seria A

3. Florian Wirtz - 6 assist

5 Gelandang dengan Assist Terbanyak di Liga Top Eropa Sejauh Inipotret selebrasi gol Florian Wirtz (twitter.com/bayer04_en)

Florian Wirtz digadang-gadang sebagai penerus titah Kai Havertz di Bayer Leverkusen. Gelandang berusia 18 tahun ini tampil sangat memukau musim ini. Dari 11 laga yang dijalaninya di Bundesliga, ia sukses mencetak lima gol dan enam assist. Performa impresifnya ini tidak hanya membawa Bayer Leverkusen bertengger di posisi tiga besar, tetapi juga membawanya meraih debut di timnas senior Jerman.

Berkat penampilannya ini, ia pun mulai dilirik klub-klub raksasa Eropa. Real Madrid dan Chelsea dikabarkan tertarik untuk memboyong sang pemain. Saat ini nilai transfernya pun melesat ke angka 65 juta euro atau sekitar Rp1 triliun.

4. Nicolo Barella - 6

5 Gelandang dengan Assist Terbanyak di Liga Top Eropa Sejauh Inipotret Nicolo Barella (twitter.com/Inter_en)

Sejak bergabung dengan Inter Milan pada 2019 lalu, Nicolo Barella bertransformasi menjadi salah satu gelandang terbaik Serie A. Ia juga menjadi sosok pemain kunci Inter Milan kala merengkuh Scudetto musim lalu. Di musim tersebut, ia berkontribusi lewat catatan sembilan assist dan tiga gol dari 36 laga Serie A.

Nyatanya, kepergian Antonio Conte tidak menurunkan performanya. Kini ia bahkan tampil lebih produktif di bawah arahan Simone Inzaghi. Dari 14 laga Serie A musim ini, ia sudah mengoleksi enam assist dan satu gol. Ia juga baru saja membawa Inter Milan lolos ke babak 16 besar Liga Champions; sesuatu yang gagal tercapai di era Antonio Conte.

5. Mateo Kovacic - 5 assist

5 Gelandang dengan Assist Terbanyak di Liga Top Eropa Sejauh Inipotret Mateo Kovacic (twitter.com/mateokovacic8)

Saat merapat ke Chelsea dari Real Madrid pada 2019 lalu, Mateo Kovacic tidak menjalani musim yang mudah. Ia hanya diplot sebagai pemain pelapis di era Frank Lampard. Namun, hadirnya Thomas Tuchel memberinya harapan baru. Ia menjadi gelandang andalan sang pelatih di musim ini.

Kepercayaannya ini pun ia balas dengan performa apik. Kovacic sukses mengoleksi lima assist dan satu gol dari sembilan laga Premier League musim ini. Sayangnya, ia harus menderita cedera hamstring yang memaksanya menepi dalam enam laga terakhir di semua ajang yang dilakoni Chelsea.

Itulah lima gelandang dengan jumlah assist terbanyak di liga top Eropa sejauh ini. Peran mereka sukses memberikan dampak signifikan bagi performa klub di musim ini.

Dengan kompetisi yang masih panjang bergulir, deretan assist dan gol mereka pun masih sangat mungkin untuk terus mengalir. Namun, yang jadi pertanyaan adalah, mampukah mereka menandai performa impresif masing-masing ini dengan raihan trofi di akhir musim nanti?

Baca Juga: 5 Pelatih Top yang Merupakan Mantan Gelandang Bertahan, Ada Pep!

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya