Comscore Tracker

5 Gelandang Muda Terbaik di Liga Top Eropa Sejauh Ini, Calon Bintang!

Ada yang baru saja menangi penghargaan Golden Boy, nih

Salah satu yang menarik dari sepak bola adalah menyaksikan lahirnya para pemain muda potensial yang kemudian berkembang menjadi seorang bintang sepak bola. Dalam dua dekade terakhir, tentu banyak dari kita yang ikut menjadi saksi bagaimana Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo bertransformasi menjadi salah satu pemain terhebat sepanjang masa. Kini, saat era mereka hampir usai sederet bintang muda pun siap mengambil alih panggung sepak bola dari kaki mereka.

Musim ini sendiri, performa beberapa pemain muda mulai menarik perhatian pecinta sepak bola. Beberapa di antara pemain muda paling berbakat sepak bola top Eropa saat ini berposisi sebagai gelandang serang. Seakan mereka ini sudah diberkati visi bermain dan ketenangan mengolah bola di lini tengah dengan alami meski usia mereka masih sangat muda.

Nah, berikut ini lima gelandang muda terbaik di liga-liga top Eropa sejauh ini.

1. Phil Foden

5 Gelandang Muda Terbaik di Liga Top Eropa Sejauh Ini, Calon Bintang!potret Phil Foden (twitter.com/PhilFoden)

Foden bisa dibilang sebagai talenta terbaik asal Inggris dalam beberapa tahun terakhir. Meski baru berusia 21 tahun, Foden sudah bermain lebih dari 130 pertandingan untuk Manchester City. Dia juga memenangkan PFA dan penghargaan Pemain Muda Terbaik Premier League musim lalu.

Musim ini ia telah menyumbangkan lima gol dalam 12 pertandingan di semua kompetisi. Di bawah asuhan Pep Guardiola, Foden pun menjelma menjadi pemain yang serba guna. Selain gelandang serang, dia pun bisa bermain sebagai winger, bahkan striker.

2. Pedri

5 Gelandang Muda Terbaik di Liga Top Eropa Sejauh Ini, Calon Bintang!potret Pedri (twitter.com/Pedri)

Pedri adalah sosok fenomenal di dunia sepak bola sejak musim lalu. Di usianya yang masih 18 tahun, ia sudah menampilkan kematangan bermain yang sangat luar biasa. Dia bahkan sudah melakukan debut untuk timnas senior Spanyol sekaligus tampil di Piala Eropa 2020 dan Olimpiade 2020. Sebagai gelandang, ia memiliki visi bermain yang sangat baik serta akurasi umpan yang luar biasa. 

Barcelona sangat sadar bahwa Pedri adalah aset paling berharga mereka saat ini. Prestasi teranyar, Pedri juga baru saja dianugerahi penghargaan Golden Boy 2021.

Baca Juga: 5 Pemain LaLiga yang Pernah Meraih Gelar Golden Boy, Bakat Muda Hebat

3. Ryan Gravenberch

5 Gelandang Muda Terbaik di Liga Top Eropa Sejauh Ini, Calon Bintang!potret Ryan Gravenberch (twitter.com/ChampionsLeague)

Ryan Gravenberch menjadi salah satu kunci perfroma impresif Ajax musim ini di Eredivisi dan Liga Champions. Ia merupakan salah satu produk terbaik akademi Ajax yang berkembang pesat di bawah arahan Erik ten Hag musim ini. Menariknya, Gravenberch sendiri baru berusia 19 tahun. Berposisi sebagai gelandang, musim lalu ia tampil apik dengan mencetak tiga gol dan lima assist.

Catatan itu melampaui nama-nama gelandang top Eropa seperti Nicolo Barella, Federico Valverde, bahkan Paul Pogba. Sedangkan musim ini, ia baru mencetak satu gol dari 13 laga Eredivisi. Lewat performa apiknya ini, tak ayal Ryan Gravenberch pun segera menjadi incaran sederet klub top, seperti Juventus, Manchester United, dan Liverpool.

4. Dominik Szoboszlai

5 Gelandang Muda Terbaik di Liga Top Eropa Sejauh Ini, Calon Bintang!potret Dominik Szoboszlai (bundesliga.com)

Dominik Szoboszlai adalah salah satu pemain muda paling menjanjikan di Bundesliga musim ini. Pemain asal Hungaria itu kini bermain di RB Leipzig usai ditebus dari RB Salzburg pada Januari 2021 kemarin seharga 22 juta euro atau sekitar Rp358 milyar.

Szoboslai telah mencetak enam gol dan tiga assist dalam 16 pertandingan di semua kompetisi bersama RB Leipzig. Energik, tenang, dan jeli melihat peluang mencetak gol menjadi ciri khas pemain berusia 21 tahun tersebut. Kini, sang pemain dirumorkan bakal menjadi buruan Manchester United setelah Ralf Rangnick ditunjuk sebagai pelatih sementara Setan Merah.

5. Florian Wirtz

5 Gelandang Muda Terbaik di Liga Top Eropa Sejauh Ini, Calon Bintang!potret selebrasi gol Florian Wirtz (twitter.com/bayer04_en)

Beberapa musim terakhir, Bayer Leverkusen memang selalu berhasil melahirkan pemain-pemain muda potensial. Salah satu nama terakhir yang populer adalah Kai Havertz yang akhirnya dilepas ke Chelsea dengan harga 80 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun pada tahun 2020. Menariknya, posisi Kai Havertz di Bayer Leverkusen segera digantikan dengan talenta baru yang tak kalah luar biasa, Florian Wirtz, di tahun yang sama.

Musim ini, Wirtz segera menarik perhatian publik sepak bola setelah menunjukkan permainan yang luar biasa matang. Ia berhasil mencetak tujuh gol dan sembilan assist dari 16 laga di semua ajang bersama Leverkusen. Hebatnya lagi, gelandang serang ini baru berusia 18 tahun, lho! Sejak menampilkan performa impresif, nilai transfer Florian Wirtz pun kini melesat jauh di angka 65 juta euro atau sekitar Rp1triliun. 

Itulah lima gelandang muda terbaik di Eropa saat ini. Di usia mereka yang masih sangat muda, mereka mampu menampilkan permainan yang matang dan menjanjikan. Banyak pihak meyakini jika mereka ini calon bintang di masa depan. Apakah kamu setuju?

Baca Juga: 5 Peraih Golden Boy yang Gagal Meraih Potensi Terbaik dalam Kariernya

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya