Comscore Tracker

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak Sepanjang Tahun 2021

Tak ada nama Alisson Becker dalam daftar ini

Seorang penjaga gawang menjadi sosok penting sebuah klub sebagai garda terakhir untuk menjaga gawang dari kebobolan. Sepanjang sejarah sepak bola, tentu kita telah menyaksikan sederet kiper berkualitas, seperti Dino Zoff, Oliver Khan, Gianluigi Buffon, hingga Iker Casillas. Reflek-reflek penyelamatan luar biasa menjadi seni yang sangat untuk dinikmati.

Sepanjang tahun 2021 sendiri, beberapa nama penjaga gawang sukses menjadi sorotan. Mereka tampil luar biasa karena menjadi kiper dengan clean sheet terbanyak di tahun 2021 ini, baik saat tampil untuk klub maupun tim nasional.

Lalu, siapa saja deretan penjaga gawang tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

1. Yassine Bounou (30 clean sheet)

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak Sepanjang Tahun 2021potret Yassine Bounou (football-espana.net)

Penjaga gawang asal Maroko ini memang merupakan kejutan dalam daftar karena namanya masih kalah mentereng dibandingkan sederet kiper top lainnya. Namun, Yassine Bonou membuktikan kualitasnya dengan menjadi kiper paling banyak lakukan clean sheet sepanjang tahun 2021.

Kiper berusia 30 tahun ini berhasil melakukan 30 clean sheet hanya dalam 56 penampilan di semua kompetisi. Luar biasanya, musim ini ia sukses membawa Sevilla bersaing dengan Real Madrid dalam perburuan gelar LaLiga. Sevilla saat ini duduk di peringkat kedua klasemen sementara LaLiga dengan selisih delapan poin dari Real Madrid. 

2. Thibaut Courtois (30 clean sheet)

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak Sepanjang Tahun 2021potret Thibaut Courtois (twitter.com/thibautcourtois)

Setelah musim pertama yang mengecewakan di Real Madrid, Thibaut Courtois berhasil bangkit dan berkembang menjadi salah satu kiper terbaik Eropa. Dia telah membuktikan dirinya layak untuk menjadi pengganti Keylor Navas sebagai kiper utama Real Madrid sejak didatangkan dari Chelsea.

Tahun 2021 menjadi penanda salah satu performa terbaik kiper asal Belgia itu. Thibaut Courtois berhasil mencatatkan 30 clean sheet  dari 82 penampilan untuk klub dan negara sepanjang tahun ini. Ia pun berhasil membawa Real Madrid memuncaki LaLiga serta menjadi kiper kedua dengan kebobolan paling sedikit, 16 gol.

Baca Juga: 5 Penjaga Gawang dengan Gaji Termahal di Dunia Saat Ini, Siapa Saja?

3. Edouard Mendy (29 clean sheet)

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak Sepanjang Tahun 2021potret Edouard Mendy (twitter.com/ChelseaFC)

Kedatangan Edouard Mendy musim lalu menjadi salah satu kunci keberhasilan Chelsea mennjuarai Liga Champions. Ia berhasil menyingkirkan kiper termahal dunia, Kepa Arrizabalaga, sebagai kiper utama Chelsea. 

Musim ini, Chelsea menjadi tim kedua dengan kebobolan paling sedikit, 14 gol, di Premier League di bawah Manchester City. Sepanjang tahun 2021 sendiri, Mendy berhasil mengoleksi 29 clean sheet di semua ajang, baik untuk klub maupun negaranya.

4. Ederson (28 clean sheet)

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak Sepanjang Tahun 2021potret Ederson (twitter.com/edersonmoraes93)

Manchester City saat ini menjadi tim dengan kebobolan paling sedikit di Premier League, 12 gol. Hal ini tentunya tidak lepas dari peran luar biasa sang kiper, Ederson. Dia juga menjadi kunci klub meraih juara Premier League musim lalu sekaligus terpilih sebagai Kiper Terbaik Premier League musim 2020/2021.

Ederson Moraes mencatatkan total 28 clean sheet sepanjang tahun 2021 di semua ajang. Satu kegagalannya di tahun ini adalah final Liga Champions ketika Manchester City harus menyerah dari Chelsea dengan kekalahan tipis, 1-0.

5. Manuel Neuer (26 clean sheet)

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak Sepanjang Tahun 2021potret Manuel Neuer (bundesliga.com)

Kiper Jerman dan Bayern Munchen ini dianggap sebagai salah satu kiper terbaik sepanjang masa. Meski sudah dimakan usia, Neuer tetap menunjukan performa yang sangat luar biasa. Sepanjang kariernya, ia sudah merasakan hampir semua gelar bergengsi di level klub dan internasional. 

Sepanjang tahun 2021 sendiri, Neuer masih menorehkan catatan 26 clean sheet di semua ajang. Berkat kontribusinya tersebut, ia berhasil memecahkan rekor Oliver Khan sebagai kiper dengan clean sheet terbanyak Bundesliga di angka 205 clean sheet.

 Memasuki tahun baru 2022, kapasitas mereka akan diuji kembali dengan memasuki paruh kedua liga-liga top sepak bola Eropa. Menariknya, kelima kiper ini masih berpotensi membawa klubnya masing-masing menjuarai kompetisi domestik. Mampukah mereka membantu klub yang dibela merengkuh gelar juara di akhir musim nanti?

Baca Juga: 5 Kiper Top yang Ternyata Memulai Karier Tidak Sebagai Kiper

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya