Comscore Tracker

5 Momen Terbaik David de Gea Sepanjang Karier di Man United, Kelas!

Terbaru, ia lakukan aksi heroik melawan West Ham pekan lalu

David de Gea telah mencatatkan namanya dalam sejarah Manchester United sebagai salah satu kiper terbaik. Ia datang ke Premier League dari Atletico Madrid dan melewati fase awal yang cukup berat.

Kiper asal Spanyol itu membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan gaya permainan Premier League yang cepat. Namun, perlahan tapi pasti, ia menemukan permainan terbaiknya, dan bertansformasi menjadi salah satu kiper tebaik di Eropa.

Pekan lalu dia menjadi topik pembicaraan usai lakukan aksi heroik. Aksi penyelamatannya menepis tendangan penalti lawan pada menit akhir memastikan 3 poin penting bagi Setan Merah atas West Ham. Namun, itu bukanlah aksi paling hebat eks Atletico Madrid itu selama berseragam Manchester United.

Berikut ini adalah deretan 5 momen paling ikonik David De Gea ketika berkostum Setan Merah.

1. Gagalkan penalti West Ham di menit akhir laga

Pertandingan Liga Premier pekan ke-5 musim 2021/22 antara West Ham United dan Manchester United berakhir dengan sangat dramatis. Penyelamatan itu akan tercatat dalam sejarah sebagai salah satu momen paling ikonik dalam karier David de Gea. Pemain berusia 30 tahun itu menyelamatkan penalti Mark Noble di menit akhir untuk memastikan tiga poin penting bagi Setan Merah.

Ini adalah penyelamatan penalti pertama pemain Spanyol itu dalam 40 tendangan penalti terakhir yang ia hadapi. Berkat penyelamatannya, MU pun memastikan posisinya di papan atas klasemen sementara dengan 13 poin.

2. Menahan tendangan free kick spektakuler Juan Mata yang merubah nasibnya

https://www.youtube.com/embed/C4lrjYb-y68

Karier David de Gea di Manchester United dimulai dengan catatan yang meragukan. Namun, Sir Alex Ferguson melihat potensi besar pada kiper berkebangsaan Spanyol ini.

Nasibnya berubah setelah lakukan penyelamatan spektakuler saat bertanding melawan Chelsea. Dalam pertandingan Liga Premier tahun 2012 silam, de Gea melakukan penyelamatan luar biasa dari tendangan bebas Juan Mata yang mengarah ke sudut kiri atas yang sekaligus menyelamatkan MU dari kekalahan. Musim itu juga jadi satu-satunya momen dimana de Gea berhasil meraih trofi Premier League.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo yang Bikin Gairah De Gea dan Pogba Bangkit

3. Penyelamatan terbanyak dalam satu pertandingan Premier League 

https://www.youtube.com/embed/OpR4H34d8Ew

David de Gea menyamai rekor penyelamatan terbanyak dalam satu pertandingan Liga Premier pada musim 2017. Dalam pertandingan melawan Arsenal di Emirates Stadium, ia membuat 14 penyelamatan untuk membantu Setan Merah mencatatkan kemenangan 3-1 melawan klub asal London Utara tersebut.

Jose Mourinho, manajer MU saat itu, menyebut De Gea menunjukan penampilan terbaiknya selama berkarier di pertandingan tersebut. Kiper asal Spanyol itu membuktikan diri mengapa ia sempat dianggap sebagai salah satu kiper terbaik di dunia.

4. Aksi impresif lainnya di Premier League melawan Tottenham, 11 penyelamatan

https://www.youtube.com/embed/LccmH8g8Taw

David de Gea melakukan penampilan ikonik lainnya di Stadion Wembley kala menghadapi Tottenham Hotspur di tahun Januari 2019. Kiper asal Spanyol itu membuat 11 penyelamatan gemilang yang sekaligus mengantarkan kemenangan tandang bagi MU dengan skor 1-0.

Serangkaian penyelamatan dari jarak dekat dengan kaki yang ia lakukan menunjukan keahliannya yang luar biasa di bawah mistar gawang. 

5. Meraih 4 kali penghargaan Sir Matt Busby POTY Award

5 Momen Terbaik David de Gea Sepanjang Karier di Man United, Kelas!potret David De Gea (manutd.com)

David de Gea telah memenangkan penghargaan Sir Matt Busby Player of the Year sebanyak empat kali. Dia telah menjadi pemain paling konsisten di Manchester United sejak pensiunnya Sir Alex Ferguson pada 2013.

De Gea memenangkan penghargaan tersebut tiga kali berturut-turut pada musim 2013/14, 2014/15 dan 2015/16. Raihan ini menjadikannya pemain pertama dan satu-satunya yang mencatatkan rekor tersebut. 

Itulah 5 aksi paling ikonik David De Gea selama berkostum Manchester United. Dia sudah membuktikan dirinya adalah salah satu kiper terbaik di Eropa dalam satu dekade terakhir. Meski sempat dianggap kariernya sudah habis, musim ini de Gea kembali menunjukan performa terbaiknya. 

Baca Juga: 5 Pemain yang Seharusnya Segera Meninggalkan Manchester United

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya