Comscore Tracker

5 Pelatih Aktif dengan Kemenangan Terbanyak di Premier League

Pep Guardiola baru saja cetak rekor baru, nih

Premier League adalah salah satu kompetisi paling populer dan kompetitif di dunia. Tidak hanya karena dihuni oleh sederet pemain berkelas dunia, liga ini menjadi sangan atraktif karena juga menjadi ajang pelatih-pelatih top untuk membuktikan diri. Sebut saja mulai dari nama Sir Alex Fergusson, Arsene Wenger, Carlo Ancelotti, Jose Mourinho, hingga Pep Guardiola berusaha menaklukan kompetisi teratas Liga Inggris ini.

Sepanjang sepak terjangnya, mereka pun sukses menorehkan banyak prestasi. Tidak hanya di liga domestik, beberapa dari mereka juga sukses di kompetisi Eropa.  Bahkan, beberapa nama juga mampu mencatatkan namanya dalam sejarah Premier League sebagai pelatih dengan catatan kemenangan terbanyak. 

Siapa saja pelatih pemegang aktif saat ini yang memegang rekor tersebut? Langsung simak daftarnya berikut ini!

1.  David Moyes (236)

5 Pelatih Aktif dengan Kemenangan Terbanyak di Premier Leaguepotret David Moyes (whufc.com)

David Moyes saat ini adalah salah satu manajer paling berpengalaman di Premier League. Sebelum menangani West Ham, ia pernah menjadi manajer Everton, Manchester United, dan Sunderland. Meski memiliki karier yang cukup panjang, Moyes baru berhasil memenangi satu trofi Community Shield bersama Setan Merah. 

Musim ini nama David Moyes kembali jadi perbincangan karena prestasinya membawa The Hammers merangsek ke posisi empat besar Premier League. Dalam prosesnya, ia sukses menumbangkan Liverpool, Chelsea, dan Tottenham. Sepanjang kariernya di Premier League sendiri, Moyes sudah mengoleksi 236 kemenangan dari 598 pertandingan.

2. Jose Mourinho (217)

5 Pelatih Aktif dengan Kemenangan Terbanyak di Premier Leaguepotret Jose Mourinho (twitter.com/Spurs_ID)

Jose Mourinho adalah salah satu manajer terbaik yang pernah tampil di Premier League. Pelatih asal Portugal tersebut sukses mempersembahkan tiga trofi Premier League bagi Chelsea pada dua periode masa kepelatihannya. Ia juga sempat membela dua klub Inggris lainnya, yaitu Manchester United dan Tottenham Hotspurs. Namun, dua kali juga ia mengalami pemecatan kala menangani kedua tim tersebut.

Sepanjang kariernya di Inggris, Jose Mourinho telah mengoleksi 217 kemenangan di Premier League dari 362 pertandingan. Saat ini Mourinho sendiri telah hengkang ke Serie A untuk menangani AS Roma.

Baca Juga: Keras! 5 Pelatih Premier League yang Sudah Dipecat Musim Ini

3. Rafael Benitez (173)

5 Pelatih Aktif dengan Kemenangan Terbanyak di Premier Leaguepotret Rafael Benitez (premierleague.com)

Sepanjang karier kepelatihannya, Rafael Benitez pernah mengangani tiga klub Inggris yang berbeda. Klub-klub tersebut adalah Liverpool, Newcastle United, dan Everton. Pelatih asal Spanyol ini telah memimpin 355 pertandingan dengan torehan 173 kemenangan. Prestasi terbaik Benitez adalah memenangkan tiga trofi bersama Liverpool, termasuk Liga Champions, FA Cup, dan UEFA Super Cup.

Saat ini Rafael Benitez menangani Everton usai ditunjuk pada musim panas kemarin untuk menggantikan Carlo Ancelotti. Saat ini Everton sendiri baru menduduki peringkat 12 klasemen sementara Premier League hingga pekan ke-15.

4. Pep Guardiola (151)

5 Pelatih Aktif dengan Kemenangan Terbanyak di Premier Leaguepotret Pep Guardiola (mancity.com)

Pep Guardiola sukses mencetak sebuah rekor luar biasa kala timnya mengalahkan Aston Villa di pekan ke-14 Premier League. Poin penuh itu sekaligus menjadi kemenangannya yang ke-150 di Premier League bersama Manchester City. Hebatnya lagi, ia menjadi pelatih tercepat yang mampu meraih jumlah tersebut dengan hanya melewati 204 laga saja. Catatan ini pun mengalahkan rekor yang sebelumnya dimiliki oleh Sir Alex Ferguson.

Saat ini, total Pep sudah mengoleksi 151 kemenangan dari 205 laga di Premier League. Pep Guardiola mulai menangani Manchester City sejak 2016 dengan menorehkan prestasi yang gemilang. Tiga gelar Premier League, empat Piala Liga, dan satu FA Cup sukses dipersembahkan oleh Pep untuk klub rival Manchester United ini. 

5. Jurgen Klopp (148)

5 Pelatih Aktif dengan Kemenangan Terbanyak di Premier Leaguepotret Jurgen Klopp (liverpoolfc.com)

Manajer Liverpool saat ini, Jurgen Klopp, telah memenangkan 148 pertandingan Liga Premier. Pelatih asal Jerman ini sendiri telah memimpin The Reds dalam 235 pertandingan di Premier League. Sepanjang perjalanan itu, ia telah sukses mempersembahkan satu trofi Premier League.

Klopp sendiri memulai kariernya di Liverpool sejak 2015. Di era kepemimpinannya, Liverpool  berhasil membangun skuad yang cukup ditakuti di ajang domestik hingga kompetisi Eropa. Klopp pun telah sukses mempersembahkan gelar Liga Champions pada musim 2018/19.

Itulah lima manajer aktif dengan torehan kemenangan terbanyak di Premier League. Dengan masih aktifnya mereka di kompetisi Premier League saat ini, banyak rekor kemenangan lainnya yang selanjutnya masih mungkin mereka pecahkan. Rekor terbanyak dalam sejarah Premier League sendiri saat ini masih dipegang oleh Sir Alex Fergusson dengan torehan 536 kemenangan.

Baca Juga: 5 Mantan Pelatih Bundesliga di Premier League 2021/2022

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya