5 Pelatih Top yang Pernah Melatih Duo Milano, Ada Stefano Pioli

Ada yang mampu persembahkan Scudetto, lho!

Duo Milano, AC Milan dan Inter Milan akan saling berhadapan di pekan ke-12 Serie A, Senin (8/11/2021) dini hari. Sebagai tim satu kota, kedua tim tentu memiliki sejarah persaingan yang sangat panjang.

Sepanjang eksistensi kedua tim, terdapat banyak pemain yang pernah membela kedua tim asal Milan ini. Bahkan, ada juga pelatih yang sempat menangani Inter Milan dan AC Milan.

Siapa saja sederet pelatih tersebut? Berikut ini ulasannya.

1. Ilario Castagner

5 Pelatih Top yang Pernah Melatih Duo Milano, Ada Stefano Piolipotret Ilario Castagner (calciopedia.com)

Dalam sejarah, AC Milan pernah terdegradasi ke Serie B. Namun, pada musim 1982/83 mereka berhasil menjuarai kasta kedua Liga Italia tersebut sekaligus kembali promosi ke Serie A. Sosok pelatih yang mengembalikan Milan adalah Ilario Castagner. Sayangnya, ia tidak bertahan lama karena dua tahun berikutnya dipecat manajemen usai bersitegang dengan presiden klub, Giuseppe Farina.

Di tahun yang sama, ia menyebrang ke Inter Milan. Namun, jabatannya pun tak berjalan panjang. Ia hanya bertahan satu tahun setengah dengan menorehkan 70 laga dengan rincian 38 kemenangan, 20 imbang, dan 14 kali menderita kekalahan.

2. Giovanni Trapattoni

5 Pelatih Top yang Pernah Melatih Duo Milano, Ada Stefano Piolipotret Giovanni trapattoni (inter.it)

Giovanni Trapattoni adalah salah satu pelatih terbaik dalam sejarah sepak bola Italia. Ia adalah sosok yang sukses mempersembahkan enam Scudetto dan 1 Liga Champions bagi Juventus. Uniknya, ia juga sempat menangani dua tim raksasa lainnya, AC Milan dan Inter Milan.  Ia mengawali kariernya sebagai carateker AC Milan pada musim pada 1974 sebelum dipermanenkan musim berikutnya.

Pada 1976, ia hijrah ke Juventus dan meraih prestasi terbaik sepanjang kariernya. Mr Trap, julukannya, kemudian hijrah ke Inter Milan pada 1986 dan bertahan selama lima musim di sana. Selama itu, ia sukses berikan satu gelar Scudetto dan satu UEFA Cup (Liga Europa) untuk Inter.

Baca Juga: 5 Pemain Serie A yang Berpotensi Diboyong Antonio Conte ke Tottenham

3. Alberto Zaccheroni

5 Pelatih Top yang Pernah Melatih Duo Milano, Ada Stefano Piolipotret Alberto Zaccheroni (facebook/acmilan)

Alberto Zaccheroni ditunjuk menjadi pelatih AC Milan pada 1998. Di musim perdananya, ia langsung persembahkan gelar Scudetto bagi Rossonerri. Sayang, kesuksesannya tidak bertahan lama. Ia dipecat pada tahun 2001 usai Rossonerri tampil buruk di Serie A. Sempat menangani Lazio selama satu musim, ia kemudian hijrah ke Inter Milan pada 2003 untuk menggantikan posisi Hector Cuper.

Namun, kariernya di Inter Milan tak berjalan mulus. Zaccheroni hanya bertahan satu musim saja.

4. Leonardo

5 Pelatih Top yang Pernah Melatih Duo Milano, Ada Stefano Piolipotret Leonardo (eurosport.fr)

Leonardo memiliki perjalanan karier yang sangat unik. Ia adalah pemain yang besar bersama AC Milan dan gantung sepatu pada tahun 2003. Sempat menjadi pemandu bakat Rossonerri, ia kemudian ditunjuk menjadi pelatih utama pada tahun 2009 menggantikan posisi Carlo Ancelotti. Kariernya tak berjalan mulus sebagai pelatih AC Milan sekaligus hanya bertahan satu musim.

Kedua belah pihak sepakat mengakhiri kerja sama usai AC Milan tersingkir di babak 16 besar Liga Champions. Secara kontroversial, Leonardo justru menyebrang ke Inter Milan pada tahun 2010. Namun, ia juga hanya bertahan satu musim setelah berhasil mempersembahkan gelar Coppa Italia. Dua tim tersebut menjadi satu-satunya tim yang pernah dilatih oleh Leonardo karena setelah itu ia memilih untuk berkarier sebagai Direktur Teknik klub.

5. Stefano Pioli

5 Pelatih Top yang Pernah Melatih Duo Milano, Ada Stefano Piolipotret Stefano Pioli (twitter.com/SerieAFFC)

Sepanjang kariernya, Stefano Pioli lebih banyak menangani tim-tim medioker Serie A, seperti Modena, Parma, Sassuolo, Bologna dan Palermo. Pada 2016, ia pernah ditunjuk menjadi pelatih Inter Milan menggantikan posisi Frank De Boer yang dipecat. Sayang, kariernya di Inter cukup singkat dengan hanya menjalani 27 laga saja.

Ia kemudian menjadi pelatih Fiorentina sebelum ditunjuk menjadi pelatih AC Milan pada 2019 menggantikan Marco Giampaolo. Ia sempat diragukan fans karena rekor kepelatihannya yang tak mengesankan. Namun, apa yang ia berikan justru luar biasa. Dia menjadi kunci kebangkitan AC Milan dalam dua musim terakhir.

Musim lalu AC Milan berhasil finis sebagia runner up. Musim ini mereka berpeluang besar menjadi juara usai belum terkalahkan di 11 laga Serie A.

Bukan tugas mudah untuk menangani dua tim rival satu kota ini. Terbukti tak ada nama yang berhasil meraih kesuksesan di kedua klub tersebut sekaligus. 

Baca Juga: Pindah dari Inter ke AC Milan, 5 Pemain Ini Akhirnya Juara Serie A

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya