5 Pemain Dortmund dengan Nilai Transfer Tertinggi di Musim 2021/2022

Mereka jadi rebutan tim-tim besar Eropa

Borussia Dortmund dikenal sebagai klub yang sangat cerdas soal urusan transfer. Mereka selalu berhasil menyulap pemain-pemain potensialnya menjadi pemain berkelas bintang, sehingga memberikan keuntungan finansial besar bagi klub. Sepanjang sejarahnya, Dortmund telah melepas pemain-pemain dengan harga sangat tinggi seperti Ousmane Dembele, Christian Pulisic, Aubameyang hingga yang terbaru Jadon Sancho.

Musim ini, mereka pun kembali melahirkan sederet pemain potensial. Mereka menjadi pemain andalan dan telah berkembang pesat. Nilai transfernya pun melesat tinggi. Berikut lima pemain Dortmund dengan nilai transfer tertinggi pada musim 2021/2022.

1. Erling Haaland (Rp483 miliar)

5 Pemain Dortmund dengan Nilai Transfer Tertinggi di Musim 2021/2022Erling Haaland (twitter.com/ErlingHaaland)

Dortmund berhasil mendaratkan Erling Haaland pada 2020 dari RB Salzburg dengan harga 20 juta euro atau sekitar Rp483 miliar. Mereka mengalahkan tim-tim besar seperti Man United, Real Madrid dan Chelsea, yang juga menginginkan jasanya kala itu. Dortmund menjadi klub yang tepat bagi Haaland untuk  mengembangkan permainannya.

Terbukti ia semakin tajam dan mencetak banyak rekor di klub asal Jerman ini. Haaland berhasil mencetak 74 gol hanya dari 73 laga saja bagi Dortmund. Tidak mengherankan jika nilai transfernnya kini melambung di angka 150 juta euro atau sekitar Rp2,4 triliun. Ia bukan hanya pemain Dortmund dengan nilai transfer tertinggi, tetapi di seluruh Eropa. Meski demikian, dia memiliki klausul rilis dengan harga 90 juta euro atau sekitar Rp1,5 triliun pada musim depan.

2. Jude Bellingham (Rp371 miliar)

5 Pemain Dortmund dengan Nilai Transfer Tertinggi di Musim 2021/2022Jude Bellingham (bvbbuzz.com)

Kepergian Jadon Sanho ke Man United tampaknya tidak menjadi masalah besar bagi Dortmund. Mereka memiliki pemain Inggris potensial lainnya pada diri Jude Bellingham. Gelandang 18 tahun ini baru didatangkan dari Birmingham pada musim lalu dengan harga 23 juta euro atau sekitar Rp371 miliar. Penampilan pada musim perdananya cukup meyakinkan. 

Ia mencetak satu gol dan tiga assist dari 29 laga Bundesliga. Musim ini ia berkembang pesat dan telah melewati capaiannya di musim lalu. Bellingham sudah mengoleksi dua gol dan lima assist hanya dari 14 laga saja. Nilai transfernya pun kini melesat ke angka 70 juta euro atau sekitar Rp1,13 triliun. Ia pun menjadi incaran klub-klub raksasa Premier League.

Baca Juga: 5 Pemain Borussia Dortmund Bernomor Punggung 9 sebelum Haaland 

3. Giovanni Reyna (Rp677 miliar)

5 Pemain Dortmund dengan Nilai Transfer Tertinggi di Musim 2021/2022Giovanni Reyna (twitter.com/BVB)

Giovanni Reyna adalah wonderkid terbaru Dortmund yang sedang bersinar dua musim terakhir. Meski masih berusia 19 tahun, ia tampil matang dan berkembang pesat bersama klub Bundesliga ini. Ia bahkan sudah menjadi andalan bagi Timnas Amerika Serikat. Reyna sendiri merupakan lulusan akademi Dortmund yang diboyong dari klub akademi New York FC. Musim lalu ia menjalani debut penuhnya untuk tim utama Dortmund dan tampil sangat menjanjikan.

Musim itu ia mencetak empat gol dan tujuh assist dari 32 laga Bundesliga. Sayang, performanya di musim ini harus terganjal cedera. Ia baru tampil dalam tiga laga saja dengan torehan dua gol. Ia menderita cedera otot sejak September lalu dan masih belum fit hingga saat ini. Nilai transfernya sendiri kini berada di angka 42 juta euro atau sekitar Rp677 miliar.

4. Raphaël Guerreiro (Rp645 miliar)

5 Pemain Dortmund dengan Nilai Transfer Tertinggi di Musim 2021/2022Raphaël Guerreiro (twitter.com/bvb_central)

Raphaël Guerreiro didatangkan Dortmund pada 2016 lalu dari klub Prancis, FC Lorient. Dia adalah andalan tim di posisi bek kiri, dan salah satu yang terbaik di Bundesliga. Ia tidak hanya memiliki kecepatan, tetapi juga tajam dan mencetak gol dan memberikan assist. Musim ini ia telah tampil delapan laga Bundesliga dengan torehan tiga gol dan satu assist.

Sedangkan total sudah mencatatkan 32 gol dan 33 assist dari 171 pertandingan di semua ajang. Tidak mengherankan jika nilai transer pemain asal Portugal ini kini berada di angka 40 juta euro atau sekitar Rp645 miliar. Kontraknya bersama Dortmund akan berakhir pada 2023 mendatang.

5. Manuel Akanji (Rp338 miliar)

5 Pemain Dortmund dengan Nilai Transfer Tertinggi di Musim 2021/2022Manuel Akanji (bvbbuzz.com)

Bek 26 tahun ini sudah bergabung dengan Dortmund sejak 2018. Akanji diboyong dari klub Swiss FC Basel dengan hharga 21 juta euro atau sekitar Rp338 miliar. Sejak itu ia langsung jadi andalan klub dan menjadi duet maut bagi Matt Hummels. Akanji telah menorehkan 144 pertandingan, dan persembahkan DFb Fokal musim lalu.

Tampil tangguh di lini pertahanan, saat ini nilai transfernya berada di angka 30 juta euro atau sekitar Rp483 miliar. Musim ini ia sudah tampil dalam 14 laga, tetapi harus absen pada dua laga terkahir karena mengalami cedera lutut.

Strategi Borussia Dortmund soal pengembangan pemain memang tak diragukan lagi. Mereka adalah gudangnya para pemain berbakat. Mereka tak pernah kehilangan pemain potensial meski tiap musimnya digerogoti klub lain. Meski kehilangan pemain bintang bisa merugikan tim, tetapi ini juga memberikan keuntungan finansial yang sangat besar.

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya