5 Pemain Ini Juarai EPL Pasca Terdegradasi Musim Sebelumnya, Unik!

Definisi lonjakan karier yang melesat apa aji mumpung, nih?

Premier League dianggap sebagai liga sepak bola paling ketat di dunia. Tak jarang tim non-unggulan bisa mengejutkan tim-tim papan atas.

Dari sekian banyak kisah yang tersaji sepanjang sejarah Premier League, ada fakta menarik seputar beberapa pemain yang sukses meraih trofi liga kendati tim yang mereka bela di musim sebelumnya terdegradasi.

Siapa sajakah pemain tersebut? Berikut ini 5 pemain sepak bola di Premier League yang dimaksud.

1. Roy Keane

5 Pemain Ini Juarai EPL Pasca Terdegradasi Musim Sebelumnya, Unik!potret Roy Keane (caughtoffside.com)

Gelandang tengah asal Irlandia ini bergabung dengan klub Nottingham Forest saat berusia masih berusia 18 tahun. Pada musim 1992/93, Nottingham Forest degradasi. Manchester United pun bergerak cepat untuk mengamankan jasa gelandang yang sangat berkarakter ini. 

Manchester United kemudian memenangkan musim perdana era Premier League di tahun 1993/94.  Sepanjang berkarier di Old Trafford, Roy Keane sukses persembahkan 7 gelar liga untuk Manchester United.

2. Tomasz Kuszczak

5 Pemain Ini Juarai EPL Pasca Terdegradasi Musim Sebelumnya, Unik!potret Roy Keane (eurosport.com)

Tomasz Kuszczak adalah pemain lain yang mengalami degradasi, namun berhasil menjuarai Premier League musim berikutnya saat pindah klub. Kiper asal Polandia itu bergabung dengan West Brom dari Hertha BSC di Bundesliga Jerman pada Juli 2004. Dia adalah bagian dari tim West Brom yang terdegradasi pada musim 2005/06.

Musim berikutnya, pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang ini meneken kontrak dengan Manchester United dengan status pemain pinjaman dan berhasil memenangkan gelar Premier League musim 2006/07. Kuszczak pun total sukses memenangkan tiga gelar Premier League bersama Manchester United.

Baca Juga: 5 Pemain Polandia yang Berkarier di Premier League

3. Ben Foster

5 Pemain Ini Juarai EPL Pasca Terdegradasi Musim Sebelumnya, Unik!potret Ben Foster (mirror.co.uk)

Ben Foster menjalani nasib yang hampir sama seperti Tomasz Kuszczack ketika ia memenangkan Liga Premier bersama Manchester United pada 2007/08. Di musim sebelumnya, sang kiper bermain untuk Watford dengan status pemain pinjaman dari MU selama musim 2006/07. Bersama Watford, Foster tampil di 29 pertandingan Premier Leaguedengan catatan 6 kali clean-sheet. Namun, hal itu tak cukup untuk menyelamatkan Watford dari jurang degradasi. 

Beruntung bagi Foster karena tak perlu ikut berkiprah bersama Watford di kasta kedua Liga Inggris musim berikutnya. Ia dipulangkan oleh Manchester United yang langsung merengkuh gelar juara walaupun ia hanya sekali tampil saja sepanjang bergulirnya liga di musim tersebut.

4. Harvey Elliott

5 Pemain Ini Juarai EPL Pasca Terdegradasi Musim Sebelumnya, Unik!Harvey Elliott (rushthekop.com)

Harvey Elliott saat ini menjelma menjadi salah satu pemain muda paling menjanjikan di sepak bola Inggris. Pemain berusia 18 tahun itu melakukan debut di Premier League musim 2018/19 bersama Fulham. Sayangnya, klub asal London itu harus terdegradasi di akhir musim. Liverpool datang melamar sang pemain untuk bermain di skuad U-23 Liverpool.

Elliott kemudian dipanggil tim utama untuk membuat beberapa penampilan Premier League pada musim 2019/20. Di musim tersebut, Liverpool sukses menjuarai Premier League setelah hampir tiga dekade puasa gelar.

Sebenarnya musim ini Elliot mendapatkan kepercayaan lebih dari Jurgen Klopp untuk bermain reguler di skuad utama. Sayang cedera parah yang ia alami memaksanya menepi untuk waktu yang cukup lama. 

5. Nathan Ake

5 Pemain Ini Juarai EPL Pasca Terdegradasi Musim Sebelumnya, Unik!potret Nathan Ake (si.com)

Nathan Ake pindah ke Manchester City pada bursa transfer musim panas, Agustus 2020. Sebelumnya, bek asal Belanda itu tampil impresif bersama Bournemouth yang terpaksa turun kasta usai finis di urutan ke-18 pada musim 2019/20. Langkah City merogoh kocek yang dalam untuk memboyong pemain yang klubnya terdegradasi dianggap cukup kontroversial saat itu.

Pemain berusia 26 tahun itu pun akhirnya menerima medali juara semusim berikutnya karena Manchester Citu berhasil memenangi kompetisi Premier League. Tak hanya itu, ia juga sukses mengawinkan gelar juara Premier League dengan gelar juara Carabao Cup.

Itulah deretan pemain yang sukses menjuarai Premier League tepat semusim setelah klub lama mereka degradasi di musim sebelumnya. Menurutmu, apakah mereka memang pantas mendapatkannya atau hanya sekedar aji mumpung belaka?

Baca Juga: Gol Pertama Bek Manchester City yang Berbalut Kisah Duka

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya