Comscore Tracker

5 Pemain yang Pernah Membela AS Roma dan Inter Milan, Dzeko Terbaru!

Trofi juara Serie A harus dibayar mahal Inter #IDNTimesSport

Sebagai salah satu klub elit Italia, AS Roma dan Inter Milan memiliki persaingan yang cukup panas di Serie A. Meski demikian, di luar lapangan keduanya cukup akrab perihal transfer pemain.

Terdapat beberapa pemain yang hilir mudik berganti klub dari kota Roma ke Milan, ataupun sebaliknya. Edin Dzeko menjadi nama terbaru yang menyebrang dari AS Roma untuk bermain bersama Inter Milan.

Selain Edin Dzeko, berikut ini adalah 5 pemain top yang pernah membela kedua klub tersebut.

1. Christian Panucci

5 Pemain yang Pernah Membela AS Roma dan Inter Milan, Dzeko Terbaru!potret Christiano Panucci (asroma.com)

Christian Panucci merupakan salah satu bek legendaris yang pernah membela banyak tim besar sepanjang kariernya. Dia bersinar bersama Real Madrid dan AC Milan, dengan memraih dua gelar Liga Champions, dua Scudetto dan satu trofi LaLiga. Klub besar lainnya yang pernah dia bela adalah Inter Milan pada periode 1999-2001.

Di Inter, Panucci tak banyak berkontribusi dengan torehan 31 laga saja. Dia bahkan sempat dipinjamkan ke Chelsea sebelum dilepas ke AS Monaco. Pada 2001 AS Monaco meminjamkannya ke AS Roma sebelum dilepas permanen musim berikutnya. Panucci tampil dalam 315 laga bersama Roma dan berhasil mempersembahkan satu trofi Coppa Italia dan satu Piala Super Italia selama delapan musim di Olimpico Stadium.

2. Antonio Cassano

5 Pemain yang Pernah Membela AS Roma dan Inter Milan, Dzeko Terbaru!potret Antonio Cassano (bleacherreport.com)

Antonio Cassano merupakan petualang yang pernah membela banyak tim besar. Dibeli dari klub Bari, AS Roma menjadi klub besar Cassano. Ia membela klub ibu kota tersebut selama lima musim dengan catatan 52 gol dari total 161 laga. Sempat menyebrang ke Real Madrid, pada 2012 Inter Milan memboyong sang striker "bengal" tersebut dari AC Milan.

Tak terlalu bersinar, hanya semusim saja Cassano berkostum Nerazzuri dengan torehan 9 gol dan 15 assist dari 39 pertandingan. Antonio Cassano telah pensiun di tahun 2018 silam dengan klub Sampdoria sebagai pelabuhan terakhirnya.

Baca Juga: 5 Klub yang Paling Sering Dikalahkan Inter Milan, AC Milan Termasuk!

3. Davide Santon

5 Pemain yang Pernah Membela AS Roma dan Inter Milan, Dzeko Terbaru!potret Davide Santon (goal.com)

Davide Santon merupakan produk akademi Inter Milan yang berhasil menembus tim utama pada 2008. Dia dinilai memiliki potensi besar dan digadang-gadang sebagai the  next Christian Panucci. Sayang kariernya tak secemerlang yang dibayangkan.

Dia tampil dalam 110 laga untuk Inter Milan sebelum dilepas ke Newcastle United pada tahun 2011. Dia sempat kembali ke Inter Milan pada 2015, namun kemudian dilepas ke AS Roma di tahun 2018 dengan harga 9,5 juta euro atau sekitar Rp160 milyar. Kontraknya di AS Roma masih tersisa hingga 2022. Hingga kini, Santon telah memainkan 53 laga di semua ajang bersama AS Roma.

 4. Aleksandar Kolarov

5 Pemain yang Pernah Membela AS Roma dan Inter Milan, Dzeko Terbaru!potret Aleksandar Kolarov (sempreinter.com)

Bersinar bersama Lazio dan Manchester City, Aleksandar Kolarov kembali ke Serie A pada 2017 usai diboyong AS Roma dari City dengan harga 5 juta euro atau sekitar Rp85 milyar. Di Olimpico Stadium, Kolarov menjadi salah satu pemain kunci dengan catatan dengan torehan 19 gol dan 20 assist dari 132 penampilan bersama serigala ibu kota.

Meski sudah dimakan usia, bek asal Serbia itu dibeli Inter Milan pada bursa transfer musim panas tahun 2020. Diplot sebagai pemain pelapis, Kolarov baru mencatatkan 11 caps bersma Inter. Kontrak pemain berusia 35 tahun itu akan berakhir pada pertengahan tahun 2022 mendatang.

5. Edin Dzeko

5 Pemain yang Pernah Membela AS Roma dan Inter Milan, Dzeko Terbaru!potret Edin Dzeko (inter.it)

Menjadi juara Serie A setelah memutuskan dominasi sembilan tahun Juventus harus dibayar mahal oleh Inter Milan. Kecerobohan manajemen inter demi mengais trofi itu berdampak pada kondisi finansial mereka musim ini.

Untuk menyelamatkan kondisi finansial mereka, Inter Milan terpaksa melepas beberapa pemain bintangnya seperti Achraaf Hakimi ke Paris Saint Germain dan yang terbaru, Romelu Lukaku ke Chelsea. 

Kepergian Lukaku meninggalkan lubang yang besar di lini depan Inter. Untuk menambalnya, mereka mendatangkan striker veteran, Edin Dzeko dari AS Roma. Bersama AS Roma, pemain berusia 35 tahun tersebut telah mengoleksi 119 gol dan 55 asisst dari total 260 pertandingan di semua kompetisi.

Mengawali musim dengan predikat sebagai juara bertahan, Inter Milan diprediksi bakal kesulitan di musim yang akan datang. Di sisi lain, AS Roma yang saat ini ditunkangi oleh pelatih kawakan, Jose Mourinho, diprediksi mampu bersaing di perburuan gelar juara Serie A bersama Juventus, AC Milan, dan Atalanta. 

Baca Juga: Transfer Segitiga Antara Arsenal, AS Roma, dan Tammy Abraham

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya