Comscore Tracker

Masa Depan Cerah, 5 Wonderkid Norwegia yang Moncer di Kompetisi Eropa

Generasi emas Norwegia, nih!

Timnas Norwegia memang bukan negara elite di dunia sepak bola internasional. Akan tetapi, asumsi tersebut bisa saja berubah dalam beberapa tahun ke depan. Ini tidak lepas dari lahirnya bintang-bintang baru dari negara Skandinavia tersebut. Mereka bahkan sudah menarik minat klub-klub besar di Eropa lewat performa moncer di musim ini.

Nah, berikut ini adalah lima wonderkid asal Norwegia yang bakal menjadi calon bintang di masa depan. Yuk, disimak!

Baca Juga: Inilah 4 Negara yang Lolos ke Semifinal UEFA Nations League

1. Kristoffer Ajer

Masa Depan Cerah, 5 Wonderkid Norwegia yang Moncer di Kompetisi Eropathescottishsun.co.uk

Kristoffer Ajer, yang kini membela Celtic, digadang-gadang sebagai The Next Van Dijk. Ini tidak lepas dari kemampuan bertahannya yang kokoh, disokong oleh fisiknya yang kuat dengan tinggi hampir dua meter sehingga ia sangat andal dalam duel udara. Di usianya yang masih 22 tahun, ia sudah menjadi tumpuan klubnya, Celtic, dan timnas Norwegia sejak 2018.

Dari 13 laga yang telah dijalani di Liga Primer Skotlandia musim ini, posisinya bahkan tak tergantikan. Sang pemain pun saat ini kabarnya sedang menjadi incaran AC Milan yang sedang berburu pemain muda potensial.

2. Alexander Sorloth

Masa Depan Cerah, 5 Wonderkid Norwegia yang Moncer di Kompetisi Eropavg.no

Alexander Sorloth memiliki kriteria yang ideal sebagai striker mematikan. Sorloth memiliki postur tubuh 1,94 cm dan positioning yang cermat. Ia diboyong RB Leipzig dari Crystal Palace dengan harga 20 juta euro setelah tampil memukau bersama klub Turki, Trabzonspor. Musim lalu ia sukses mencetak 31 gol dan 11 assist dari 49 laga di semua ajang.

Ketajamannya pun berlanjut di timnas Norwegia. Pemain berusia 24 tahun itu menjadi tandem mematikan bersama Erling Haaland. Dari tujuh laga di UEFA Nations League 2020, ia mencetak tiga gol dan dua assist.

3. Jens Petter Hauge

Masa Depan Cerah, 5 Wonderkid Norwegia yang Moncer di Kompetisi Eropatwitter.com/acmilan

Nama Jens Petter Hauge mulai dikenal dunia ketika musim ini direkrut AC Milan dari klub Norwegia, Bodø/Glimt. Meski hanya menjadi pemain pelapis, Hauge dinilai bakal menjadi calon bintang baru Rossoneri di masa depan. Pemain berusia 21 tahun ini mudah beradaptasi dengan atmosfer Serie A, memiliki skill mumpuni, dan bisa ditempatkan di berbagai posisi.

Dari tujuh laga yang telah dijalani, Hauge sukses mencetak dua gol. Performa moncernya  ini pun membuat namanya dipanggil untuk pertama kalinya ke timnas Norwegia pada Oktober lalu untuk berlaga di UEFA Nations League.

4. Martin Odegaard

Masa Depan Cerah, 5 Wonderkid Norwegia yang Moncer di Kompetisi Eropatwitter.com/Squawka

Martin Odegaard sudah menjadi perbincangan publik sejak menjalani debutnya di timnas Norwegia ketika usianya masih belia, 15 tahun. Real Madrid bahkan bergerak cepat dengan merekrutnya pada tahun 2015 ketika ia berusia 16 tahun. Demi mengembangkan permianannya, ia kerap dipinjamkan ke klub lain, mulai dari Heerenveen, Vitesse, hingga bersinar bersama Real Sociedad musim lalu. 

Di musim tersebut, pemain berusia 21 tahun ini menjadi poros di lini serang Real Sociedad dengan peran sebagai playmaker kreatif. Ia mengoleksi 7 gol dan 9 assist dari 36 laga serta membawa klub finis di peringkat enam. Musim ini, Real Madrid memulangkannya dan mulai mendapatkan kepercayaan Zinedine Zidane. Odeegard telah tampil dalam delapan laga di semua ajang.

5. Erling Braut Haaland

Masa Depan Cerah, 5 Wonderkid Norwegia yang Moncer di Kompetisi Eropatwitter.com/ErlingHaaland

Pemain paling fenomenal saat ini tak lain adalah Erling Braut Haaland. Striker muda itu sudah menjadi perbincangan sejak musim lalu setelah tampil sangat tajam bersama RB Salzburg. Ia bahkan diperebutkan banyak klub top Eropa, namun pada akhirnya bergabung dengan Dortmund pada Januari lalu 2019.

Luar biasanya, musim lalu ia total mencetak 44 gol dari 40 laga di semua ajang bersama RB Salzburg dan Dortmund, padahal kala itu usianya masih 19 tahun. Di musim baru, sang pemain semakin menggila. Ia sudah mencetak 17 gol dari 14 laga di semua ajang. Tak hanya itu, ia juga menjadi top skorer sementara di Liga Champions dengan enam gol. Ia juga sudah mengoleksi enam gol di UEFA Nations League bersama timnas Norwegia.

Dengan deretan pemain-pemain muda berbakat itu, timnas Norwegia dipercaya akan memiliki masa depan yang cerah dan bisa bicara lebih banyak di ajang internasional. Mampukah mereka membuktikan diri di sisa musim ini? Kita lihat saja.

Baca Juga: Cetak Brace untuk Borussia Dortmund, Erling Haaland Semakin Menggila 

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya