Ada Rekor Spesial di Balik Kemenangan Manchester City atas Aston Villa

Guardiola patahkan rekor Sir Alex Ferguson

Manchester City bertamu ke Villa Park pada pekan ke-14 Premier League untuk menghadapi Aston Villa. Meski sempat kerepotan, anak asuh Pep Guardiola mampu membawa pulang tiga angka lewat kemenangan tipis 2-1. Dua gol City dicetak Ruben Dias dan Bernardo Silva, sedangkan satu gol balasan Villa dicetak Ollie Watkins.

Dengan hasil ini, Manchester City tetap duduk sebagai runner-up, begitu juga Aston Villa yang tidak beranjak di peringkat ke-13. Kemenangan ini menjadi spesial bagi Guardiola. Kenapa? Berikut lima fakta menarik laga kedua tim:

1. Rekor spesial Pep Guardiola bersama Manchester City

Ada Rekor Spesial di Balik Kemenangan Manchester City atas Aston VillaPep Guardiola (premierleague.com)

Kemenangan atas Aston Villa menjadi malam yang spesial bagi Pep Guardiola. Itu menjadi kemenangan ke-150 sang pelatih di Premier League dari 204 pertandingan. Sepanjang itu juga Pep Guardiola hanya menelan 29 kekalahan dan 25 kali imbang. Menariknya, catatan ini mematahkan rekor milik Sir Alex Ferguson, yang meraih 150 kemenangan melalui 247 pertandingan.

Rekor ini makin menguatkan jika Pep Guardiola merupakan salah satu pelatih terbaik dalam sejarah Premier League. Sejak menangani Manchester City pada 2016, Guardiola telah meraih 3 gelar Premier League, 4 Piala Liga, dan 1 FA Cup.

2. Kekalahan perdana Gerrard dan ujian berat lainnya menanti

Ada Rekor Spesial di Balik Kemenangan Manchester City atas Aston VillaSteven Gerrard (birminghammail.co.uk)

Ini menjadi kekalahan perdana Steven Gerrard setelah ditunjuk menjadi pelatih Aston Villa. Sebelumnya, ia berhasil meraih dua kemenangan beruntun. Meski demikian, permainan yang mereka tunjukkan cukup menjanjikan. Meski kalah dalam penguasaan bola dengan hanya 37 persen, Villa mampu tampil secara efektif. Mereka melesatkan 3 shoot on goal dengan 1 berbuah gol.

Ujian berat lainnya menanti Gerrard pada laga-laga berikutnya. Mereka bakal berhadapan dengan lawan tangguh, Leicester City, dan mantan klub Gerrard, Liverpool. Di sinilah kapasitas sang pelatih kembali diuji.

Baca Juga: 10 Potret Cole Palmer, Playmaker Masa Depan Manchester City

3. Persaingan meraih gelar juara makin sengit

Ada Rekor Spesial di Balik Kemenangan Manchester City atas Aston VillaPara pemain Manchester City melakukan selebrasi gol ke gawang Aston Villa. (twitter.com/ManCity)

Ini menjadi kemenangan keempat Manchester City secara beruntun usai dikalahkan Crystal Palace pada Oktober lalu. Tambahan tiga poin membuat Manchester City tetap duduk di peringkat kedua dengan raihan 32 poin. Mereka terpaut hanya satu angka dari Chelsea, yang juga meraih kemenangan atas Watford.

Liverpool juga terus menempel ketat di posisi ketiga dengan torehan 31 poin usai membantai Everton dengan skor 4-1. Dengan selisih yang tipis ini, persaingan untuk meraih gelar juara akan sangat menarik. Usaha Manchester City untuk mempertahankan gelar akan sangat berat.

4. Man of The Match: Bernardo Silva

Ada Rekor Spesial di Balik Kemenangan Manchester City atas Aston VillaBernardo Silva (twitter.com/ManCity)

Bernardo Silva terpilih sebagai Man of the Match dalam laga ini karena golnya pada menit ke-43. Golnya tersebut sangat krusial dalam kemenangan 2-1 Manchester City. Ini juga menjadi gol keempatnya dalam tujuh laga Premier League terakhir. Ia sudah mengemas 5 gol dan 1 assist.

Torehan ini sudah melampaui torehan golnya musim lalu dengan 5 gol dari 45 pertandingan di semua ajang. Sedangkan, saat ini, ia hanya butuh 13 laga Premier League saja untuk mencetak 5 gol.

5. Pertandingan selanjutnya

Ada Rekor Spesial di Balik Kemenangan Manchester City atas Aston Villaduel Aston Villa vs Man City (twitter.com/ManCity)

Kedua tim harus segera melupakan hasil ini dan kembali fokus untuk laga berikutnya tiga hari mendatang. Manchester City akan berhadapan dengan tim papan bawah Watford di kandang lawan. Mereka wajib menang untuk bisa merebut takhta Premier League karena pada laga lainnya Chelsea akan berhadapan dengan tim kuda hitam West Ham.

Tiga hari setelahnya, Manchester City akan menjalani laga terakhir fase grup Liga Champions. Namun, laga tersebut sudah tak menentukan lagi karena mereka sudah dipastikan jadi juara grup. Sementara, Aston Villa bakal menjamu Leicester City.

Itulah lima fakta menarik kemenangan Manchester City atas tuan rumah Aston Villa. Ini menjadi poin yang krusial bagi mereka dalam usaha mempertahankan gelar Premier League musim ini. Persaingan akan sangat berat karena Chelsea dan Liverpool tampil luar biasa.

Baca Juga: 5 Tugas Berat yang Dihadapi Steven Gerrard sebagai Manajer Aston Villa

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya