Comscore Tracker

5 Alasan Arsenal Harus Mempertahankan Mikel Arteta Sebagai Pelatih

Musim ini Arsenal hanya finish di peringkat 8

Mikel Arteta telah menghadapi masa-masa sulit di Arsenal sejak mengambil alih kursi kepelatihan pada Desember 2019. Dia memulai masa jabatannya dengan cukup impresif dengan memenangkan Piala FA dan Community Shield yang membangkitkan harapan para fans.

Namun, sejak itu pula The Gunners kembali tampil buruk. Mereka mengakhiri musim di peringkat ke-8 dan tanpa gelar. Performa buruk ini pun memunculkan suara fans yang menginginkan sang pelatih dipecat. Namun, pemecatan Arteta tampaknya bukanlah pilihan yang tepat. Arsenal harus memberikan kesempatan lebih kepadanya untuk meneruskan revolusinya di Emirates Stadium. Mengapa? Berikut 5 alasannya.

1. Arsenal sedang mengalami masalah finansial

5 Alasan Arsenal Harus Mempertahankan Mikel Arteta Sebagai PelatihArsenal kalah dari Villareal (espn.com)

Situasi keuangan The Gunners berada dalam kesulitan selama beberapa tahun terakhir dan pandemi semakin memperburuknya. Pemilik belum mendukung klub secara signifikan dengan dana. Oleh karena itu, Arsenal belum mampu bersaing dengan klub papan atas lainnya.

Bahkan, jika pemilik baru tiba, menunjuk manajer baru sekarang akan menjadi taruhan yang mahal bagi Arsenal. Oleh karena itu, mereka harus bertahan dengan Arteta karena taktik dan visinya terfokus pada jangka panjang. Arteta juga mengantarkan era baru di Arsenal dengan pemain muda yang menjadi investasi yang lebih efisien.

2. Tidak tersedianya manajer top di pasaran

5 Alasan Arsenal Harus Mempertahankan Mikel Arteta Sebagai PelatihMax Allegri dan Maurizio Sarri (loschema.it)

Bertahannya Arteta di Arsenal juga dimungkinkan karena kurangnya manajer berkualitas di pasaran. Bahkan, Massimiliano Allegri dan Maurizio Sarri yang sempat mereka incar pun kini sudah mendapatkan klub baru, Juventus dan Lazio.

Arsenal bisa mencontoh rival mereka, Manchester United, yang tampil bagus di bawah mantan pemainnya, Ole Gunnar Solksjaer. Mereka dapat memercayai Mikel Arteta untuk menjadi pilihan yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Dilakukan oleh Mikel Arteta Selama Menangani Arsenal

3. Melanjutkan proyeknya yang potensial

5 Alasan Arsenal Harus Mempertahankan Mikel Arteta Sebagai PelatihMikel Arteta dan Aubameyang (goal.com)

Arsenal saat ini masih dalam fase pembangunan kembali dan pergantian manajer justru harus membuat mereka kembali memulai dari titik awal. Arteta telah menunjukkan hasil dan langkah menjanjikan untuk membangun kembali pasukannya. Dia secara teratur memainkan pemain muda potensial yang dapat beradaptasi dengan taktiknya dan menunjukkan lebih banyak komitmen.

Mikel Arteta telah menunjukkan bahwa ia mampu memberikan perubahan dalam tim. Oleh karena itu, Arsenal harus bertahan dengan pelatih asal Spanyol itu dan memberinya waktu untuk sepenuhnya menerapkan metodenya dan membangun kembali skuat dengan cara yang dia inginkan.

4. Memercayai para pemain muda

5 Alasan Arsenal Harus Mempertahankan Mikel Arteta Sebagai PelatihSelebrasi gol Arsenal (eurosport.com)

Selama 18 bulan menjadi arsitek Arsenal, Mikel Arteta telah membawa banyak pemain muda yang menjanjikan ke dalam skuad. Dia telah mengembangkan pemain seperti Emile-Smith Rowe, Bukayo Saka dan Gabriel Martinelli dengan memberi mereka banyak waktu bermain.

Kesuksesannya bersama para pemain muda merupakan langkah tepat bagi Arsenal. Jika Arteta dan Arsenal dapat melakukan beberapa transfer cerdas di musim panas, mereka dapat menciptakan skuad yang seimbang dan haus akan kesuksesan serta dapat bersaing untuk tahun-tahun mendatang.

5. Memahami klub dan ekspektasinya

5 Alasan Arsenal Harus Mempertahankan Mikel Arteta Sebagai PelatihMikel Arteta (standard.co.uk)

Arteta dan Arsenal memiliki musim yang jauh di bawah kualitas dan harapan mereka di musim ini usai finis di peringkat ke-8. Sang manajer juga telah memberikan penilaiannya terhadap tim dan mengakui perlunya perbaikan.

Sebagai mantan pemain, Mikel Arteta tahu apa yang bisa dilakukan Arsenal dan ekspektasi tinggi dari para penggemar. Dia telah mengambil beberapa langkah ke arah yang benar dan para pemainnya perlahan beradaptasi dengan metodenya. Oleh karena itu, hanya masalah waktu sebelum dia menciptakan tim yang tahu cara bermain dengan taktiknya.

 

Meskipun Arsenal merupakan klub pertama Arteta sebagai pelatih, dia dinilai memiliki potensi untuk membawa The Gunners kembali ke papan atas Premier League. Apalagi, dia juga memiliki pengalaman sebagai mantan pemain Arsenal dan asisten manajer Pep Guardiola di Manchester City.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal yang Terpinggirkan di Era Mikel Arteta, Ada Ozil

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya