Comscore Tracker

5 Pemain dengan Assist Terbanyak dalam Sejarah Copa America, Ada Messi

Diisi tiga bintang Argentina, nih!

Copa America merupakan salah satu turnamen internasional tertua. Kompetisi ini diikuti oleh negara-negara Amerika Selatan yang dikenal lewat permainan menyerang dan atraktif. Copa America pun melahirkan pemain dengan jumlah gol dan assist terbanyak dalam sejarahnya.

Beberapa tahun terakhir persaingan ketat tidak hanya melibatkan tim-tim kuat seperti Argentina, Brasil, dan Uruguay saja, tetapi lebih merata. Diwarnai banyak pemain berkelas bintang, lalu siapakah pencetak assist terbanyak di ajang ini? Ini ulasannya.

1. Angel di Maria

5 Pemain dengan Assist Terbanyak dalam Sejarah Copa America, Ada MessiAngel di Maria (mundoalbiceleste.com)

Angel di Maria memiliki 5 assist dalam ajang ini dari 19 penampilan secara keseluruhan. Pemain sayap Argentina itu telah berjuang untuk tampil di edisi 2021 yang mungkin akan menjadi turnamen terakhirnya.

Copa America 2021 ini juga kemungkinan akan menjadi upaya terakhir bagi Di Maria untuk mempersembahkan trofi Copa America bagi Argentina yang terakhir kali mereka menangkan pada 1993 silam.

2. Alexis Sanchez

5 Pemain dengan Assist Terbanyak dalam Sejarah Copa America, Ada MessiAlexis Sanchez (talksport.com)

Pemain andalan Chile, Alexis Sanchez, berada di urutan berikutnya dengan 6 assist dari 20 laga di ajang ini. Luar biasanya, dia adalah salah satu kunci Timnas Chile dalam mencetak sejarah ketika menjuarai Copa America pertama kalinya pada tahun 2015 dan meraih yang kedua pada 2016.

Mantan pemain Arsenal dan Manchester United ini masih aktif untuk tim nasional Chile dan akan berusaha menambah gol dan assist-nya di turnamen edisi 2021.

Baca Juga: Alexis Sanchez Blak-blakan soal Masa Suram di Manchester United

3. Juan Arango  

5 Pemain dengan Assist Terbanyak dalam Sejarah Copa America, Ada MessiJuan Arango (fifa.com)

Juan Arango adalah salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki oleh Timnas Venezuela yang telah pensiun. Dia mencatatkan jumlah assist yang sama dengan Alexis Sanchez, yakni 6 assist dalam 22 pertandingan di Copa America. Juan Arango memiliki 132 caps untuk tim nasional dan mencetak 23 gol secara keseluruhan.

Namun, Arango hanya mencetak dua gol di Copa America dari 22 penampilan. Venezuela merupakan satu dari dua negara yang belum pernah meraih satu pun gelar Copa America di samping Ekuador.

4. Carlos Tevez

5 Pemain dengan Assist Terbanyak dalam Sejarah Copa America, Ada MessiCarlos Tevez (fifa.com)

Carlos Tevez memiliki jumlah asisst yang sama juga, yakni 6 assist, tetapi dia membutuhkan laga yang lebih sedikit, 19 pertandingan. Carlos Tevez telah mengikuti empat kali edisi Copa America dan prestasi terbaiknya adalah final 2015 saat mereka kalah lewat adu penalti oleh Chile.

Meski dikenal sebagai salah satu striker terbaik, nyatanya Tevez hanya mampu mencetak 3 gol selama ikut serta dalam ajang ini.

5. Lionel Messi

5 Pemain dengan Assist Terbanyak dalam Sejarah Copa America, Ada MessiLionel Messi (nytimes.com)

Messi adalah pencetak assist tertinggi dalam sejarah Copa America. Lionel Messi memiliki lebih dari dua kali lipat jumlah assist pemain urutan kedua, yakni 14 assist dari 29 laga. Dia juga telah mencetak 10 gol, tetapi belum pernah memenangkan kompetisi ini sepanjang kariernya.

Yang cukup ironis adalah Lionel Messi sudah empat kali merasakan babak final Copa America bersama Argentina, namun selalu berakhir dengan kekalahan. Edisi 2021 ini bisa menjadi ajang internasional terakhirnya dan dia pastinya akan sekuat tenaga membawa negaranya menjuarai Copa America usai puasa gelar hampir dua dekade.

 

Dari deretan nama di atas, tiga pemain masih aktif dan tampil di edisi Copa America 2021. Mereka berpotensi untuk meningkatkan jumlah assist dan gol mereka. Namun, ini juga berpotensi menjadi keikutsertaan terakhir mereka. Akan sangat menarik  menyaksikan performa yang bakal mereka tunjukkan.

Baca Juga: 5 Pemain yang Berpeluang Memenangi Golden Ball di Copa America 2021

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya