Comscore Tracker

Legendaris! Ini 5 Pemain yang Meraih Ballon d'Or Secara Beruntun

Ada idolamu?

Ballon d'Or merupakan penghargaan tahunan untuk pesepakbola terbaik dunia yang diselenggarakan sejak tahun 1956. Perlahan ajang ini menjadi simbol kehebatan yang menjadi impian para pemain sepak bola dunia.

Untuk didaulat menjadi peraih Ballon d'Or seorang pemain dinilai dari kontribusi dan prestasi yang diraihnya dalam satu musim. Dalam sejarahnya terdapat beberapa pemain hebat mampu meraih penghargaan ini secara beruntun. Berikut ini adalah lima di antaranya.

1. Johan Cruyff

Legendaris! Ini 5 Pemain yang Meraih Ballon d'Or Secara Beruntunworldinsport.com

Johan Cruyff adalah legenda timnas Belanda, Ajax dan Barcelona yang melahirkan gaya bermain menyerang total. Bersama Ajax ia sukses mencetak rekor dengan meraih tiga trofi Liga Champions secara beruntun dari tahun 1971 hingga 1973.

Berkat prestasinya itu ia dianugerahi penghargaan Ballon d'Or pada tahun 1971 dan 1973. Pada 1974 ia pindah ke Barcelona dan hebatnya langsung memberikan trofi La Liga. Tahun tersebut ia pun meraih kembali  Ballon d'Or ketiganya.

2. Marco Van Basten

Legendaris! Ini 5 Pemain yang Meraih Ballon d'Or Secara Beruntun90minutecynic.com

Tajam dan memiliki penempatan yang baik adalah salah satu keunggulan Marco Van Basten pada eranya. Sejak bergabung dengan AC Milan pada 1987, ia bertransformasi menjadi salah satu striker terbaik dunia.

Delapan musim berseragam merah hitam, ia sukses persembahkan dua trofi Liga Champions, tiga juara Serie dan tiga kali menjadi top skorer Liga Italia. Berkat raihannya itu, ia didapuk sebagai peraih Ballon d'Or dua tahun beruntun pada 1988 dan 1989.

Pada 1992 ia kembali mendapatkan penghargaan itu untuk yang ketiga kalinya sebelum menutup kariernya pada tahun 1955.

Baca Juga: Absen di Ballon d'Or 2019, Ronaldo Justru Meraih 2 Penghargaan Ini

3. Michel Platini

Legendaris! Ini 5 Pemain yang Meraih Ballon d'Or Secara Beruntunlefigaro.fr

Michel Platini merupakan salah satu legenda timnas Prancis dan Juventus. Ia bergabung dengan tim Italia tersebut pada 1982 dan bertahan selama lima musim. Di musim perdananya ia langsung moncer dengan cetak 28 gol dari 48 pertandingan di semua kompetisi.

Pada era tersebut menjadi puncak kariernya. Pada tahun 1983 dan 1984 ia meraih Ballon d'Or secara beruntun. Berkat performa apiknya ia kembali dapatkan penghargaan itu pada 1985.

4. Cristiano Ronaldo

Legendaris! Ini 5 Pemain yang Meraih Ballon d'Or Secara Beruntunnewsweek.com

Cristiano Ronaldo mulai dikenal dunia saat bermain untuk Man United pada 2002 saat usianya masih sangat muda. Pengghargaan perdana Ballon d'Or pun ia raih bersama MU pada tahun 2008 usai antarkan Setan Merah raih juara Liga Champions.

Tahun berikutnya ia hijrah ke Real Madrid dengan status pemain termahal dunia. Di sana lah kariernya melejit pesat. Pada tahun 2013 dan 2014 ia meriah penghargaan Ballon d'Or dua tahun beruntun.

Total ia telah mendapatkan lima penghargaan di mana ia mendapatkannya lagi pada tahun 2016 dan 2017 secara beruntun untuk yang kedua kalinya.

5. Lionel Messi

Legendaris! Ini 5 Pemain yang Meraih Ballon d'Or Secara Beruntunfrance24.com

Bersama Cristiano Ronaldo, Lionel Messi dianggap sebagai pemain terbaik dunia saat ini. Ia adalah pemain termuda yang dapatkan penghargaan Ballon d'Or saat usianya masih 22 tahun, yaitu pada 2009. Hebatnya, musim berikutnya pun ia kembali meraih penghargaan yang sama.

Setelah itu ia meraih lagi title tersebut pada tahun 2011 dan 2012 secara beruntun, serta tahun 2015 yang menjadikannya pemain pertama dengan lima raihan trofi Ballon d'Or. Dan luar biasanya, ia tahun ini dinobatkan kembali menjadi pemenang Ballon d'Or 2019 menyisihkan Cristiano Ronaldo dan Virgil Van Dijk.

Sekaligus menjadikannya pemain dengan penghargaan Ballon d'Or terbanyak, enam. Satu angka lebih banyak dari Cristiano Ronaldo.

Itulah lima pemain terbaik yang pernah raih Ballon d'Or secara beruntun. Luar biasa!

Baca Juga: Selamat! Lionel Messi Menjadi Pemenang Ballon d'Or 2019

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya