Comscore Tracker

Tak Tergantikan, Barcelona Jamin Messi Akan Bertahan 5 Tahun Lagi

Saat ini usianya sudah 32 tahun

Dalam klausul kontrak Lionel Messi disebutkan jika klub mana pun bisa mendapatkan sang pemain secara gratis pada bursa transfer musim panas nanti. Barcelona pun mulai was-was dengan kemungkinan ditinggal mega bintangnya itu.

Messi merupakan roh permainan Barcelona dalam satu dekade terakhir. Bersamanya, Barcelona sukses besar meraih hampir semua trofi bergengsi dalam level klub. Tetapi Presiden Barcelona meyakini jika Messi tak akan pergi ke mana pun.

1. Pemain bintang Barcelona lainnya miliki klausul sama seperti Messi

Tak Tergantikan, Barcelona Jamin Messi Akan Bertahan 5 Tahun Lagisportsjoe.ie

Nyatanya klausul kepergian bebas pemain bintang Barcelona tak hanya Messi saja. Tetapi juga dimiliki oleh pemain seperti Gerard Pique dan dua legenda mereka Andres Iniesta dan Xavi Hernadez.

Iniesta meninggalkan Barcelona pada 2018 lalu menuju klub asal Jepang Vissel Kobe, setelah membela Blaugrana selama hampir 16 tahun. Begitu juga dengan Xavi yang meninggalkan Barcelona menuju Al Sadd pada 2015 dan gantung sepatu di klub asal Qatar itu.

2. Messi ingin pensiun di Barcelona

Tak Tergantikan, Barcelona Jamin Messi Akan Bertahan 5 Tahun Lagiskysports.com

Presiden Barcelona, Joseph Bartomeu, meyakini jika Messi tidak akan pergi ke mana-mana. Malahan ia menyebutkan jika Messi ingin mengakhiri karier sepak bolanya di Nou Camp. 

Saat ini Lionel Messi telah berusia 32 tahun dan kian dekat memasuki akhir kariernya. Meski banyak pemain di usianya mulai menurun performanya, tapi tidak dengan Messi. Musim ini ia tetap tampil luar biasa dengan cetak sembilan gol dari 11 laga di semua kompetisi.

"Pastinya dialah yang harus menentukan. Dia berhak memutuskan kapan akan berhenti bermain. Namun seperti yang ia katakan beberapa pekan lalu, dia ingin menyelesaikan karier bermainnya di Barcelona," ujar Bartomeu dikutip dari Goal International.

3. Akan bertahan lima tahun lagi di Barcelona

Tak Tergantikan, Barcelona Jamin Messi Akan Bertahan 5 Tahun Lagifcbarcelona.com

Bartomeu bahkan menjamin jika Messi akan terus bermain untuk Barcelona hingga lima tahun ke depan. Kontraknya sendiri baru akan berakhir hingga tahun 2021 nanti. Sejak dipromosikan masuk tim utama pada 2005 silam, Messi telah mempersembahkan hampir semua gelar untuk Barcelona.

"Dalam dua atau tiga musim ke depan, pemimpin kami tetaplah Leo Messi. Tak ada keraguan bahwa dia masih muda. Dia masih ambisius."

"Jadi Leo Messi masih akan bermain bersama kami selama dua, tiga empat atau lima tahun ke depan. Saya tak memiliki keraguan sama sekali soal itu," tutupnya.

Baca Juga: Hattrick Lawan Celta Vigo, Lionel Messi Samai Rekor Cristiano Ronaldo

4. Catatan fantastis Lionel Messi di Barcelona

Tak Tergantikan, Barcelona Jamin Messi Akan Bertahan 5 Tahun Lagimarca.com

Selama berseragam Barcelona, semua gelar bergengsi dalam level klub berhasil dia raih. Empat juara Liga Champions, sepuluh trofi La Liga, tiga FIFA Club World Cup dan enam Copa del Rey jadi bukti betapa berharganya Lionel Messi untuk klub.

Prestasi individu yang ia peroleh pun tidak kalah fantastis. Messi merupakan peraih lima Ballon d'Or dan enam kali pemain terbaik dunia versi FIFA. Catatan golnya pun sangat luar biasa. Messi adalah top skorer sepanjang masa klub dengan 612 gol dari 698 laga.

5. Satu-satunya kegagalan Messi

Tak Tergantikan, Barcelona Jamin Messi Akan Bertahan 5 Tahun Lagisbnation.com

Tidak ada manusia yang sempurna, begitu juga dengan Messi sebagai seorang pesepakbola. Satu cela dalam kariernya adalah dia gagal memberikan gelar terbaik bagi negaranya Argentina.

Dari tiga gelaran Piala Dunia yang diikutinya, prestasi terbaiknya adalah runner up Piala Dunia 2014 setelah kalah 1-0 dari Jeman. Begitu pula di level benua Amerika Latin, Argentina dengan Messinya hanya mampu tiga kali sebagai runner up tanpa gelar juara.

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola Zaman Dulu yang Gak Kalah dengan Ronaldo dan Messi

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya