Comscore Tracker

Performa Impresif, 5 Bek Muda Terbaik di Musim 2019/2020

Ada yang sukses meraih Liga Champions dan Premier League

Sebuah tim yang kuat tidak hanya diisi oleh lini depan yang tajam dalam mencetak gol, tetapi juga memiliki pertahanan yang kokoh. Dalam sepak bola modern, peran seorang bek bahkan lebih dinamis. Tidak jarang mereka juga ahli dalam mencetak gol dan menjadi kunci sukses sebuah tim meraih juara.

Dari deretan bek dunia terbaik saat ini, terdapat beberapa bek muda di bawah usia 25 tahun yang tampil sangat impresif dan menarik pencinta sepak bola dunia. Berikut ulasannya.

1. Aaron Wan-Bissaka

Performa Impresif, 5 Bek Muda Terbaik di Musim 2019/2020squawka

Musim panas lalu MU memboyong Aaron Wan-Bissaka dari Crystal Palace dengan harga 55 juta euro. Hal ini membuat publik cukup keheranan karena sang pemain belum teruji dan kurang pengalaman di klub besar dan usianya masih cukup muda, yakni 22 tahun. Banyak yang skeptis dia mampu tampil gemilang seperti di Crystal Palace.

Tetapi Wan-Bissaka berhasil membuktikan kapasitasnya sebagai salah satu bek kanan terbaik di Inggris saat ini. Ia memiliki kecepatan dan kemampuan olah bola yang mumpuni. Kemampuan bertahan dan menyerangnya pun sama baiknya. Dia bahkan dikenal sebagai raja tackle Premier League. Dari 35 penampilannya di Premier League musim ini, ia sukses berikan 4 assist. 

2. Alphonso Davies

Performa Impresif, 5 Bek Muda Terbaik di Musim 2019/2020en.as.com

Pada Janauri 2019 lalu Bayern Munchen mendapatkan Alphonso Davies dari Vancouver Whitecaps dengan harga 19 juta euro. Posisinya aslinya adalah seorang winger, namun Hansi Flick merotasinya menjadi seorang bek sayap di musim perdananya ini. Tak disangka bek asal Kanada ini tampil sangat luar biasa, padahal usianya baru 19 tahun.

Dia bahkan mencatatkan rekor lari tercepat di Bundesliga musim ini saat mengalahkan Werder Bremen. Dikombinasikan dengan skill olah bola yang sangat menawan, Davies merupakan mimpi buruk bagi tim lawan. Musim ini ia tampil di 42 laga di semua ajang dengan catatan 3 gol dan 9 asssit.

Luar biasanya lagi, di musim perdananya ia berhasil membawa Bayern Munchen menjuarai Bundesliga dan DFB Fokal. Bahkan masih berpeluang meraih treble karena peluang mereka sangat terbuka lolos ke babak perempat final Liga Champions.

Baca Juga: Bayern Munchen Perpanjang Kontrak Alphonso Davies Hingga 2025

3. Dayot Upamecano

Performa Impresif, 5 Bek Muda Terbaik di Musim 2019/2020bundesliga.com

Timnas Perancis tampaknya tidak pernah kehabisan stok pemain berkualitas di posisi pemain bertahan. Kini sosok menjanjikan terdapat pada diri Dayot Upamecano yang bersinar bersama RB Leipzig dua musim terakhir. Fisik yang kuat dan kecerdasannya dalam bermain menjadi aset vital bek berusia 21 tahun itu.

Perannya tidak tergantikan di musim ini dengan tampil dalam 36 laga di semua ajang. Ia memiliki statistik memukau dengan mencetak 3,4 tekel dan intersep per pertandingan. Dia juga memiliki rata-rata umpan terbanyak di dalam skuat Leipzig.

Luar biasanya lagi, musim ini ia membawa RB Leipzig finish di peringkat tiga Bundesliga dan lolos ke babak perempat final Liga Champions untuk pertama kalinya.

4. Trent Alexander-Arnold   

Performa Impresif, 5 Bek Muda Terbaik di Musim 2019/2020en.as.com.

Dua musim terakhir Trent Alexander-Arnold tampil sangat memukau bersama Liverpool. Bek berusia 21 tahun itu bahkan dinilai sebagai bek kanan terbaik dunia saat ini. Ini tidak berlebihan jika melihat prestasi yang telah ia raih bersama The Reds dengan menjuarai Liga Champions dan Premier League.

Umpan silang yang akurat dan kreativitasnya menjadi aset berharga sang pemain. Bahkan ia pun ahli dalam mengambil tendangan bebas. Musim ini ia tak tergantikan dengan bermain di 45 laga di semua ajang dengan mencetak 13 assist dan 3 gol.

5. Matthijs De Ligt

Performa Impresif, 5 Bek Muda Terbaik di Musim 2019/2020blackwhitereadallover.com

Matthijs De Ligt merupakan salah satu bek termahal dunia saat ini setelah diboyong Juventus dari Ajax dengan nilai 75 juta euro. Musim lalu ia tampil sangat luar biasa bersama Ajax. Di usianya yang masih 19 tahun kala itu, ia membawa Ajax menjuarai Eredivisi dan lolos ke semifinal Liga Champions.

Musim ini ia mengalami awal yang berat bersama Juventus, tetapi seiring waktu ia berhasil beradaptasi dan menjadi benteng kokoh Bianconerri lewat duetnya dengan Leonardo Bonucci. Fisik yang kuat dan gaya bertahan Serie A menjadikannya salah satu bek terbaik saat ini.

Ia telah tampil dalam 34 laga di semua ajang musim ini dengan mencetak tiga gol. Sayang, De Ligt harus absen karena cedera bahu yang ia alami saat ini.

Deretan pemain di atas adalah perwujudan dari muda dan berprestasi. Dengan skill luar biasa dan karier yang masih panjang, mereka sangat berpotensi untuk merengkuh lebih banyak prestasi di tahun-tahun mendatang.

Baca Juga: Manchester United Bakal Korbankan Paul Pogba Demi Matthijs De Ligt?

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya