5 Bek Terbaik yang Pernah Membela Lazio, Nesta hingga Stefan de Vrij

Ada pemain favoritmu?

Lazio memang bukan klub sebesar Juventus atau AC Milan di Serie A Italia. Namun, mereka memiliki sejarah panjang dan sempat berjaya di era '90-an. Bahkan, klub asal Kota Roma itu pun dikenal selalu melahirkan pemain bertahan kelas dunia. Nama-nama seperti Pavel Nedved, Juan Sebastian Veron, hingga Diego Simeone sempat berkostum Elang Biru.

Lazio juga dikenal karena selalu melahirkan bek-bek tangguh yang mendunia. Berikut ini adalah lima bek terbaik dan legendaris yang sempat berkostum Lazio.

1. Jaap Stam

5 Bek Terbaik yang Pernah Membela Lazio, Nesta hingga Stefan de Vrijgoal.com/Getty Images

Jaap Stam dikenal sebagai bek yang tangguh, garang, dan salah satu yang terbaik yang dimiliki Timnas Belanda. Stam bersinar ketika membela Manchester United pada kurun waktu 1998 hingga 2001 dengan mempersembahkan 3 gelar Premier League beruntun dan 1 trofi Liga Champions.

Pada tahun 2001 Lazio memboyongnya dengan harga 25,7 juta euro dan sempat menjadi duet tangguh bagi Alessandro Nesta. Stam tampil dalam 94 laga untuk Lazio dengan persembahan 1 Coppa Italia sebelum hijrah ke AC Milan pada 2004 dan kembali berduet dengan Nesta.

Baca Juga: 5 Bek Tengah asal Belanda dengan Banderol Termahal Saat Ini, Van Dijk?

2. Sinisa Mihajlovic

5 Bek Terbaik yang Pernah Membela Lazio, Nesta hingga Stefan de Vrijthe42.ie

Sinisa Mihajlovic adalah sosok bek sayap yang dikenal memiliki kemampuan tendangan bebas luar biasa. Bersama Nesta, dia adalah bagian dari masa kejayaan lazio pada musim 1999/2000 ketika meraih treble winner. Dia bergabung dengan Lazio pada tahun 1998 dan bertahan selama 6 musim.

Bek asal Serbia tersebut sangat tajam dengan mencetak 33 gol dari 193 laga untuk Lazio. Pada 2004 dia kemudian hengkang ke Inter Milan sebelum gantung sepatu pada 2006. Pada 2008 ia mulai menjalani karier sebagai pelatih. Setelah sempat menangani Catania, Sampdoria, dan AC Milan, kini dirinya melatih Bologna sejak 2019 lalu.

3. Stefan de Vrij

5 Bek Terbaik yang Pernah Membela Lazio, Nesta hingga Stefan de Vrijgoal.com/Getty Images

Stefan de Vrij merupakan salah satu bek terbaik di Serie A saat ini. Tidak banyak yang tahu bahwa bek asal Belanda ini didapatkan Inter Milan dari Lazio pada 2018 lalu dengan status free transfer. Dia membela Biancoceleste selama empat musim setelah diboyong dari Feynoord pada tahun 2014 dengan harga 7  juta euro.

Dia tampil dalam 110 laga untuk Lazio di semua ajang dengan persembahan 1 trofi Supercoppa Italia pada musim 2017/2018. Tampil moncer di Inter Milan, kini nilai pasar sang pemain berada di angka 55 juta euro.

4. Aleksandar Kolarov

5 Bek Terbaik yang Pernah Membela Lazio, Nesta hingga Stefan de Vrijcalciomercato.com

Aleksandar Kolarov merupakan full back berpengalaman yang saat ini membela Inter Milan. Namanya sendiri mulai dikenal ketika berkostum Lazio usai diboyong dari klub Serbia, OFK Beogard pada 2007 hanya seharga 925 ribu euro. Dia merupakan bek yang memiliki kecepatan dan seimbang dalam bertahan dan membantu serangan.

Tiga musim di Lazio, Kolarov mempersembahkan masing-masing 1 gelar Coppa Italia dan Supercoppa Italia. Pada 2010 dia dilepas ke Manchester City dengan harga 23,8 juta euro dan menjadi bagian dari kejayaan City ketika meraih trofi Premier League pada 2012 dan 2014.

5. Alessandro Nesta

5 Bek Terbaik yang Pernah Membela Lazio, Nesta hingga Stefan de Vrijgoal.com

Alessandro Nesta merupakan salah satu bek terbaik dunia yang pernah ada. Dia adalah sosok bek karismatik dan merupakan produk asli akademi Lazio. Sembilan musim bersama Lazio, Nesta merupakan bagian dari masa keemasan Lazio era '90-an ketika berhasil meraih treble winner musim 1999/2000 dengan meraih Scudetto, Coppa Italia, dan Piala Winners.

Pada tahun 2002 dia diboyong AC Milan dengan harga 31 juta euro sebagai bek termahal dunia kala itu. Duetnya bersama Paolo Maldini sangat ikonik dan mempersembahkan banyak gelar untuk Rossoneri.

 

Meski kalah bersaing dengan klub-klub Serie A lainnya dalam dua dekade terakhir, Lazio selalu sukses mencetak pemain-pemain bintang baru di Italia. Kini di bawah asuhan Simone Inzaghi, Lazio pun mulai menunjukan performa menjanjikan dalam beberapa musim terakhir. Bisakah sejarah juara terulang kembali di masa mendatang?

Baca Juga: 10 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Lazio, Ada Ciro Immobile!

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya