Comscore Tracker

5 Bek yang Pernah Berseragam AC Milan dan AS Roma, Florenzi Terbaru!

Florenzi sudah tes medis bersama AC Milan

AS Roma dan AC Milan adalah dua klub besar Serie A dengan sejarah persaingan yang panjang. Meski demikian, di luar lapangan keduanya cukup akrab dalam urusan transfer pemain. Banyak pemain top yang pernah berseragam keduanya, seperti Antonio Cassano, Emerson, hingga Bojan Krkic.

Menariknya, kedua klub juga kerap bertukar pemain bertahan dalam sejarahnya. Berikut ini adalah 5 bek top yang pernah berseragam AC Milan dan AS Roma.

1. Christian Panucci

5 Bek yang Pernah Berseragam AC Milan dan AS Roma, Florenzi Terbaru!Christian Panucci (asroma.com)

Christian Panucci adalah pemain kunci pertahanan AC Milan era '90-an. Dia berseragam Rossoneri pada periode 1993--1997, berhasil mempersembahkan 1 trofi Liga Champions dan 2 Scudetto. Dia mencatatkan 134 laga sebelum hijrah ke Real Madrid pada 1997.

Panucci sempat berpetualang ke berbagai klub besar lainnya, seperti Inter Milan, Chelsea, dan AS Monaco sebelum gabung AS Roma pada 2001 dengan status pinjaman dan dipermanenkan musim berikutnya. Panucci bertahan selama 8 musim dengan catatan 315 laga. Ia mempersembahkan 2 Coppa Italia.

 2. Cafu

5 Bek yang Pernah Berseragam AC Milan dan AS Roma, Florenzi Terbaru!Cafu (eurosport.com)

Cafu pindah ke Italia pada tahun 1997 dengan menandatangani kontrak bersama AS Roma dari Palmeiras. Cafu menghabiskan enam tahun di ibu kota. Ia memenangkan Scudetto pada tahun 2001.

AC Milan kemudian memboyong pemain Brasil itu pada 2003. Di sana, Cafu sukses memberikan gelar Scudetto dan mencapai 2 final Liga Champions selama 5 tahun berseragam Rossoneri dan akhirnya mengangkat trofi Si Telinga Besar pada tahun 2007.

Baca Juga: Berkhianat! 8 Pemain Top yang Pernah Membela AS Roma dan Lazio

3. Philippe Mexes

5 Bek yang Pernah Berseragam AC Milan dan AS Roma, Florenzi Terbaru!Philippe Mexes (skysports.com)

Philippe Mexes memulai kariernya di Serie A pada 2004 usai diboyong AS Roma dari Auxerre. Bek asal Prancis itu membela tim ibu kota selama 6 musim dan berhasil mempersembahkan 2 Coppa Italia dengan catatan 267 pertandingan. Pada 2011 dia tidak memperpanjang konraknya dan hengkang ke AC Milan secara gratis.

Mexes menjadi bagian dari skuat AC Milan kala itu yang mulai kehilangan para bintangnya. Sang pemain mencatatkan 114 pertandingan selama 6 musim di San Siro sebelum memutuskan gantung sepatu pada 2016.

4. Alessio Romagnoli

5 Bek yang Pernah Berseragam AC Milan dan AS Roma, Florenzi Terbaru!footballnews24.it

Alessio Romagnoli merupakan lulusan akademi AS Roma yang berkembang ketika dipinjamkan ke Sampdoria pada musim 2014/2015. Sebelumnya dia bermain di tim utama Gialorossi selama dua musim dengan total 14 penampilan saja. Pulang dari Sampdoria, tawaran dari AC Milan datang menggoda Romagnoli untuk hengkang.

Meski sempat menjadi kontroversi, dia tetap dilepas dengan harga 25 juta euro atau sekitar Rp421 miliar. Di Milan, posisi Romagnoli tak tergantikan, bahkan menyandang ban kapten dalam beberapa tahun terakhir. Namun, posisinya kini mulai tersingkirkan dengan kehadiran Fikayo Tomori dan Simon Kjaer pada musim lalu.

5. Alessandro Florenzi

5 Bek yang Pernah Berseragam AC Milan dan AS Roma, Florenzi Terbaru!Alessandro Florenzi (asroma.com)

Alessandro Florenzi merupakan lulusan akademi AS Roma yang bergabung tim utama pada 2012 setelah sempat dilepas ke Crotone. Setelah ban kapten lepas dari De Rossi, dia menjadi kapten utama Gialorossi. Namun, dua musim terakhir posisinya tergantikan di skuad utama.

Dia sempat dipinjamkan ke Valencia dan musim lalu ke PSG. Pulang dari Piala Eropa 2020, dia kini bergabung dengan AC Milan. AS Roma melepasnya dengan status pinjaman dengan opsi permanen. Dia bakal menjadi pengganti Diogo Dalot yang kembali ke Manchester United.

 

Itulah deretan pemain bertahan top yang pernah berkostum dua klub besar Italia, AS Roma dan AC Milan. Musim ini Alessandro Florenzi menjadi yang terbaru dan layak dinanti performanya. Persaingan kedua klub ini pun tampaknya akan semakin seru usai keduanya berbenah dengan mendatangkan sederet pemain anyar.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pindah dari AC Milan ke Inter Milan, Calhanoglu Terbaru

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya