5 Klub yang Layak Jadi Calon Juara Liga Europa Musim 2021/2022

Ada klub favoritmu, gak?

Liga Europa akan segera digelar pada 15 September 2021 mendatang. Sebanyak 32 tim yang mewakili 20 negara berbeda di seluruh Eropa akan bertanding di babak grup Liga Europa musim ini. Final akan dimainkan di stadion Ramon Sanchez Pizjuan, kandang Sevilla, pada 18 Mei 2022.

Kompetisi ini dianggap sebagai kasta kedua di Eropa, namun tidak kalah menarik dibanding dengan Liga Champions. Ajang ini juga jadi kesempatan bagi klub-klub menengah untuk unjuk gigi dan meraih trofi yang tak kalah bergengsi. Sedekade terakhir ajang ini dikuasai oleh klub-klub Spanyol dan Inggris. Musim ini peta kekuatan tim-tim Eropa mulai bergeser. Beberapa klub berkembang dan menemukan performa terbaiknya sehingga deretan tim di berikut ini layak menjadi calon juara musim ini.

1. Leicester City  

5 Klub yang Layak Jadi Calon Juara Liga Europa Musim 2021/2022potret Jamie Vardy (twitter.com/LCFC)

Musim ini The Foxes berpartisipasi di Europa League yang ketiga kali dalam sejarah klub. Mereka berada di grup C bersama Legia Warsawa, Spartak Moskow, dan Napoli. Melihat peta kekuatan, seharusnya  mereka bisa lolos dengan mudah bersama Napoli. Kekalahan mereka dari Slavia Praha di babak 32 besar Liga Eropa UEFA musim lalu memang mengecewakan. Itu adalah pencapaian terbaik Leicester di ajang ini, tetapi musim ini mereka tampil lebih siap.

Pasukan Brendan Rodgers memiliki skuad yang mumpuni di semua posisi untuk menjadi kandidat juara serius di ajang ini. The Foxes melihat kompetisi ini sebagai kesempatan emas untuk menambahkan lebih banyak trofi ke lemari mereka setelah menambahkan Community Shield pada bulan Agustus kemarin dan Piala FA musim lalu.

2. Napoli  

5 Klub yang Layak Jadi Calon Juara Liga Europa Musim 2021/2022potret Napoli (espn.com)

Juara Liga Europa1988/89 ini berada di Grup C bersama Leicester City, Spartak Moscow, dan Legia Warszawa. Bentrokan mereka dengan Leicester City akan menjadi salah satu pertandingan yang dinantikan. Napoli menjadi salah satu unggulan yang patut diwaspadai di ajang ini.

Musim ini mereka memiliki pelatih anyar berpengalaman, Luciano Spalletti, dan memulai kompetisi  Serie A dengan sempurna. Napoli meraih 3 kemenangan sempurna, termasuk mengalahkan Juventus di pekan ke-3.

Baca Juga: Secara Dramatis, Napoli Akhirnya Tumbangkan Juventus 2-1

3. Lazio  

5 Klub yang Layak Jadi Calon Juara Liga Europa Musim 2021/2022potret Lazio (thelaziali.com)

Musim ini Lazio memasuki musim ke-19 mereka di Liga Europa. Tim yang berbasis di Roma ini mencapai babak knock out 9 kali. Hasil terbaik mereka di kompetisi ini terjadi pada 1997/98 ketika mereka kalah dari rival domestik Inter Milan di final. Musim ini, mereka menghadapi lawan berat di Grup E bersama Lokomotiv Moscow, Marseille, dan raksasa Turki, Galatasaray.

Mengingat mereka memiliki pemain dengan kualitas seperti Ciro Immobile, Luis Alberto, dan Sergej Milinkovic-Savic, Lazio akan menjadi favorit untuk tidak hanya lolos dari grup, tetapi juga untuk gelar juara. Mereka juga dipimpin oleh Maurizio Sarri musim ini. Sang juru taktik memiliki pengalaman memenangkan Liga Europa bersama Chelsea pada musim 2018/19.

4. Real Sociedad  

5 Klub yang Layak Jadi Calon Juara Liga Europa Musim 2021/2022potret Real Sociedad (realsociedad.eus)

Bagi Real Sociedad ini akan menjadi penampilan ke-12 mereka di Liga Europa. Klub asal Basque ini diisi pemain-pemain muda berbakat, seperti Alexander Isak, Mikel Merino, dan Mikel Oyarzabal serta dilengkapi dengan pemain berpengalaman seperti David Silva dan Asier Illarramendi.

Pasukan Imanuel Alguacil berada di Grup B yang berat bersama AS Monaco, PSV Eindhoven, dan klub Austria, Sturm Graz. Namun, dengan bakat dan kualitas mereka, pemenang Copa del Rey 2019/20 ini akan berusaha untuk meningkatkan hasil mereka di babak 32 besar musim lalu. Pencapaian terbaik Sociedad di Liga Europa terjadi pada musim 1988/89 ketika mencapai perempat final kompetisi tersebut.

5. Rangers  

5 Klub yang Layak Jadi Calon Juara Liga Europa Musim 2021/2022potret Rangers FC (beinsports.com)

Mungkin banyak orang tidak tahu bahwa Rangers adalah klub paling sukses kedua di dunia dengan koleksi 116 trofi. Rangers memenangkan gelar liga ke-55 mereka tanpa terkalahkan di liga Skotalndia musim lalu di bawah asuhan Steven Gerrard. Kebangkitan mereka kembali ke divisi teratas Skotlandia sangat sensasional mengingat mereka bermain di tingkat keempat sepak bola Skotlandia pada 2012/13.

Rangrs tergabung di Grup A bersama dengan Lyon, Sparta Prague, dan klub Denmark, Brondby FC. Mereka menjadi favorit untuk lolos dari grup ini dengan kualitas yang dimiliki. Dengan performa domestik apik mereka, diharapkan Rangers akan memperbaiki raihan musim lalu yang hanya sampai pada babak 16 besar. Rangers sendiri pernah lolos hingga babak final edisi 2008 sebelum dikalahkan Zenit St Peterburg.

 

Liga Europa setiap musimnya selalu memberikan kejutan perihal peraih gelar juara. Musim lalu Villareal yang tak diunggulkan menjadi juara setelah mengalahkan tim besar Manchester United. Kini kejutan lebih besar berpotensi juga terjadi dengan hadirnya juara baru. Apakah satu dari lima tim di atas bakal jadi juaranya?

Baca Juga: Rangers Siksa Real Madrid di Pramusim, Lepaskan 21 Tembakan!

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya