Comeback! Man City Membuka Tahun Baru dengan Kemenangan Dramatis

Arsenal diganjar kartu merah dan penalti

Manchester City membuka tahun baru 2022 dengan kemenangan impresif. Anak asuh Pep Guardiola menang dramatis atas tuan rumah, Arsenal, dengan skor 2-1. The Gunners unggul lebih dulu lewat gol Bukayo Saka (31') sebelum City secara dramatis berbalik menang melalui gol penalti Riyad Mahrez (57') dan gol telat Rodri (90+3').

Dengan hasil ini Manchester City semakin kokoh di puncak klasemen. Sementara itu, posisi empat Arsenal mulai terancam oleh para pesaingnya. Berikut beberapa fakta yang mewarnai pertandingan tersebut.

1. Nasib miris dan rekor buruk Arsenal

Comeback! Man City Membuka Tahun Baru dengan Kemenangan Dramatispara pemain Arsenal memprotes keputusan wasit (arsenal.com)

Arsenal sebenarnya tampil meyakinkan pada laga ini dan sempat unggul di babak pertama. Namun, nasib mereka berubah di babak kedua. Wasit memberikan hukuman penalti setelah VAR menilai Xhaka melanggar Bernardo Silva di dalam kotak penalti. Riyad Mahrez berhasil melakukan tugasnya dengan sempurna sebagai algojo pada menit ke-57.

Dua menit kemudian, nasib sial kembali menimpa Arsenal. Bek mereka Gabriel diganjar kartu kuning kedua yang membuatnya diusir dari lapangan. Kartu merah ini membuat Arsenal jadi tim pertama yang mendapatkan 100 kartu merah dalam sejarah Premier League. Tampil dengan 10 pemain, Arsenal pun terus digempur City sebelum akhirnya jebol juga pada akhir laga.

2. Riyad Mahrez sedang memanas, namun City harus bersiap kehilangannya

Comeback! Man City Membuka Tahun Baru dengan Kemenangan DramatisRiyad Mahrez (twitter.com/ManCity)

Riyad Mahrez menjadi salah satu pemain kunci performa impresif City dalam beberapa laga terakhir. Pemain asal Aljazair itu total telah mencetak 4 gol dan 3 assist dalam 4 laga beruntunnya di Premier League. Total ia sudah mengoleksi enam gol dan empat assist dari 16 pertandingan. 

Namun, ini kemungkinan akan menjadi pertandingan terakhir Riyad Mahrez untuk City pada Januari 2022 ini. Hal ini disebabkan dia bakal membela Timnas Aljazair di Piala Afrika yang bakal dimulai pada 9 Januari 2022 mendatang. Ini bakal menjadi sebuah kerugian besar bagi City karena kontribusi besarnya di dalam tim.

Baca Juga: Manchester City Permalukan Arsenal di Kandangnya

3. Dominasi Manchester City atas Arsenal terus berlanjut

Comeback! Man City Membuka Tahun Baru dengan Kemenangan Dramatispemain Man City melakukan selebrasi kemenangan (twitter.com/ManCity)

Hasil ini semakin menguatkan dominasi Manchester CIty atas Arsenal. Ini menjadi kemenangan ke-10 City atas Arsenal secara beruntun di Premier League sejak tahun 2017 ketika Arsenal menahan imbang City dengan skor 2-2.  Luar biasanya lagi, Arsenal selalu jadi lumbung gol bagi anak asuh Pep Guardiola.

Musim ini saja City telah mencetak 7 gol dan kebobolan 1 gol dari Arsenal pada 2 pertemuan Premier League. Bagi Arsenal, City menjadi mimpi buruk dan membuat posisi empat mereka terancam klub lain. Arsenal kini hanya berjarak satu poin dari West Ham dan terancam ditikung Tottenham dan MU yang masih memiliki laga tunda.

4. Manchester City buktikan diri jadi calon juara terkuat

Comeback! Man City Membuka Tahun Baru dengan Kemenangan Dramatispemain Man City melakukan selebrasi gol (premierleague.com)

Dengan kemenangan ini, Manchester City semakin mengokohkan dirinya sebagai pemuncak klasemen. Mereka kini mengoleksi 53 poin dengan keunggulan 11 angka dari saingan terdekat. Kemenangan ini juga sangat penting untuk terus menjaga jarak poin City karena di laga lainnya dua tim pesaing, Chelsea dan Liverpool, akan saling berhadapan.

Januari 2022 bakal menjadi waktu yang krusial bagi Manchester City dalam mempertahankan gelar juara. Jika melihat performa anak asuh Guardiola musim lalu, mereka selalu mampu menjaga konsisten saat berada di puncak klasemen.

5. Jadwal padat sudah menanti kedua tim

Comeback! Man City Membuka Tahun Baru dengan Kemenangan Dramatisduel Arsenal vs Man City (twitter.com/ManCity)

Januari 2022 bakal menjadi waktu yang sangat padat bagi klub-klub Premier League, termasuk Manchester City dan Arsenal. Tengah pekan ini Arsenal bakal menjalani laga yang tak kalah berat dengan melawan Liveprool pada leg pertama semifinal Piala Liga (07/01/2022). Tiga hari berselang anak asuh Mikel Arteta bakal melawan Nottingham Forrest di babak ketiga FA Cup sebelum menjalani leg kedua melawan Liverpool.

Manchester City bakal melawan klub burem Swindon Town pada putaran ketiga FA Cup sebelum melawan Chelsea pada pekan ke-22 Premier League. Rotasi pemain akan menjadi kunci kedua tim demi bisa menjaga konsistensi musim ini.

 

Itulah deretan fakta menarik yang mewarnai kemenangan Manchester City atas Arsenal. Hasil ini membuat peringkat puncak City semakin kokoh, sedangkan posisi Arsenal di zona Liga Champions kian rapuh. Januari 2022 bakal menjadi jadwal yang berat bagi keduanya. Mampukah mereka melewatinya dengan hasil luar biasa?

Baca Juga: 5 Catatan Menarik Kemenangan Dramatis Manchester City atas Arsenal

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya