Comscore Tracker

5 Debutan Termuda Chelsea Dua Dekade Ini yang Berasal dari Inggris

Sayang, tak semuanya mampu bersinar

Chelsea merupakan klub Inggris yang dikenal memiliki tim akademi terbaik. Namun, para pemain tersebut kerap kesulitan mendapatkan waktu bermain reguler di tim utama. Apalagi, skuad Chelsea selalu diisi oleh deretan pemain bintang yang dibeli dengan harga tinggi oleh manajemen. Meski kalah bersaing, beberapa pemain muda sempat menunjukan bakatnya ketika diberikan kesempatan menjalani debut.

Dari sekian banyak debutan termuda di skuad Chelsea, terdapat beberapa pemain muda asal Inggris yang sempat menarik perhatian. Siapa saja? Ini ulasannya.

1. Michael Woods

5 Debutan Termuda Chelsea Dua Dekade Ini yang Berasal dari InggrisMichael Woods (dailystar.co.uk)

Michael Woods merupakan debutan termuda Chelsea asal Inggris dalam 20 tahun terakhir ketika ia tampil dalam laga FA Cup menghadapi Macclesfield FC pada Januari 2007. Kala itu dirinya masih berusia 16 tahun dan 9 bulan tampil menggantikan Ashley Cole di menit ke-79. Pada laga itu Chelsea menang dengan skor telak 6-1.

Meski jadi debutan asal Inggris termuda, Woods hanya tampil dalam 2 laga saja bersama tim senior. Dia gagal menembus tim utama yang kala itu dipenuhi pemain berkualitas. Sepanjang kariernya dia lebih sering tampil untuk klub-klub medioker, seperti Notts County dan Yeovil Town.

2. Dominic Solanke

5 Debutan Termuda Chelsea Dua Dekade Ini yang Berasal dari InggrisDominic Solanke (beinsports.com)

Dominic Solanke menjalani debutnya pada Oktober 2014 saat Chelsea mengalahkan Maribor dengan skor telak 6-0 di Liga Champions. Kala itu dirinya masih berusia 17 tahun dan 6 hari. Meski dianggap sebaga striker bertalenta, Solanke gagal menembus tim utama Chelsea. Sempat dipinjamkan ke klub Belanda, Vitesse, dia kemudian dilepas ke Liverpool dengan status free transfer pada 2017.

Di Anfield dia lebih banyak mendapatkan kesempatan dengan tampil dalam 27 laga. Pada 2019 lalu Bournemouth bahkan rela menebusnya dengan harga 21 juta euro atau sekitar Rp365 miliar.

Baca Juga: 5 Gelandang yang Bisa Direkrut Liverpool, Gantinya Wijnaldum

3. Callum Hudson-Odoi

5 Debutan Termuda Chelsea Dua Dekade Ini yang Berasal dari InggrisCallum Hudson - Odoi (football.london)

Callum Hudson-Odoi dianggap sebagai salah satu lulusan Chelsea terbaik sedekade terakhir. Debutnya terjadi pada Januari 2018 lalu pada laga FA Cup ketika The Blues mengalahkan Newcastle United 3-0. Kala itu usianya masih 17 tahun, 2 bulan, dan 21 hari. Pada musim selanjutnya dia pun berhasil menembus tim utama.

Odoi bahkan telah mencatatkan 98 laga di semua ajang dengan torehan 13 gol dan 16 assist. Sejak musim lalu, Odoi kerap dikabarkan dengan ketertarikan Bayern Munchen dan musim depan bisa saja terwujud jika dirinya tak masuk dalam rencana  Thomas Tuchel.

4. Josh McEachran

5 Debutan Termuda Chelsea Dua Dekade Ini yang Berasal dari InggrisJosh McEachran (football.london)

Josh McEachran merupan lulusan akademi Chelsea lainnya yang gagal bersinar di tim utama. Namun, dia sempat menarik perhatian ketika menjalani debutnya pada September 2010 silam dalam laga fase grup Liga Champions melawan MSK Zilina. Kala itu ia tampil sebagai pemain pengganti pada menit ke-79 dan masih berusia 17 tahun, 6 bulan, dan 17 hari.

Dinilai potensial, dia tampil dalam 22 laga di semua ajang bagi Chelsea selama dua musim di tim utama. Namun, setelahnya dia lebih sering dipinjamkan ke banyak klub, seperti Middlesbrough, Watford, Wigan, dan Vitesse sebelum dilepas permanen ke Brentford pada 2015. Saat ini sang pemain membela klub League One, MK Dons.

5. Sam Huthincson

5 Debutan Termuda Chelsea Dua Dekade Ini yang Berasal dari InggrisSam Huthinson (sportsmole.co.uk)

Sam Huthincson merupakan sosok bek yang menjalani debutnya pada 2007 silam ketika berusia 17 bulan, 9 bulan, dan 10 hari. Dia tampil hanya lima menit sebagai pemain pengganti dalam laga melawan Everton di Premier League. Pada 2012 dia berhasil naik ke tim senior dan total tampil dalam 6 laga.

Setelahnya dia pun lebih sering dipinjamkan ke klub Inggris lain, seperti Nottingham Forest dan Sheffield United. Ia pun dilepas permanen pada 2014 lalu. Sempat membela klub Siprus, Pafos FC, pada Januari 2021 kemarin dia kembali pulang ke Sheffield United.

 

Chelsea memang memiliki tim akademi yang selalu melahirkan calon-calon bintang baru. Namun, The Blues pun terkadang bukan tempat yang ramah bagi pemain muda karena telah diisi pemain-pemain bintang. Lima pemain di atas sempat menarik perhatian lewat debutnya saat masih muda. Sayangnya tidak semua mampu bersinar.

Baca Juga: 9 Pesepak Bola Sabet Gelar Pemain Muda dan Pemain Terbaik Versi PFA

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya