5 Fakta Menarik Jelang Duel Chelsea Melawan Tottenham di SF Piala Liga

Antonio Conte akan bereuni dengan Romelu Lukaku

Semifinal leg pertama Piala Liga akan digelar Kamis dini hari (5/1/2021) antara dua tim asal London, Tottenham Hotspur dan Chelsea. The Blues bakal menjadi tim tuan rumah pada leg pertama ini. Pertandingan ini akan memiliki nilai tersendiri bagi masing-masing tim. Chelsea bakal menjadikan laga ini titik kebangkitan mereka usai meraih empat hasil imbang dari lima laga Premier League terakhir.

Sementara itu, Tottenham bakal menjadikan turnamen ini target utama trofi musim ini usai tersingkir di Liga Europa. Jelang duel panas ini, berikut lima fakta menariknya.

1. Reuni bagi Antonio Conte 

5 Fakta Menarik Jelang Duel Chelsea Melawan Tottenham di SF Piala LigaAntonio Conte (planetfootbal.com)l

Pertandingan ini akan menjadi laga yang cukup emosional bagi Antonio Conte. Ini akan menjadi pertama kalinya Conte kembali ke Stamford Bridge dengan status lawan. Sebelumnya, Conte pernah menangani Chelsea dan mempersembahkan gelar Premier League dan FA Cup sebelum dilengserkan dari jabatannya.

Laga ini juga akan menjadi reuni Antonio Conte dan mantan pemain andalannya, Romelu Lukaku. Dua musim lalu adalah kunci keberhasilan Inter Milan menjuarai Serie A. Lukaku sendiri kemungkinan tampil pada laga ini usai dicoret pada pekan lalu usai pernyataan kontroversi dirinya yang tidak bahagia di Chelsea.

2. Chelsea berupaya bangkit, Tottenham sedang dalam tren positif

5 Fakta Menarik Jelang Duel Chelsea Melawan Tottenham di SF Piala Ligaduel Chelsea vs Liverpool (premierleague.com)

Dalam lima laga terakhirnya di Premier League, Chelsea sedang dalam performa menurun. Mereka hanya mampu meraih satu kemenangan dan empat kali imbang. Pekan lalu, mereka ditahan imbang Liverpool di Stamford Bridge dengan skor 2-2. Di sisi lain, Tottenham sedang dalam tren positif dengan raihan tiga kemenangan dan dua kali imbang.

Sejak ditangani Antonio Conte, Tottenham bahkan belum pernah kalah di kompetisi domestik. Mereka pun lebih berbahaya dengan mencetak 14 gol dan kebobolan hanya empat gol dari delapan laga Premier League. 

Baca Juga: Chelsea Vs Tottenham Hotspur: Lukaku Comeback

3. Kabar baik bagi Chelsea, Timo Werner dan Romelu Lukaku comeback 

5 Fakta Menarik Jelang Duel Chelsea Melawan Tottenham di SF Piala LigaRomelu Lukaku dan Thomas Tuchel (premierleague.com)

Di tengah performa klub yang sedang menurun, Chelsea akhirnya mendapatkan kabar baik jelang duel ini. Dua striker mereka, Timo Werner dan Romelu Lukaku, berpotensi comeback pada laga ini. Werner sebelumnya sudah absen cukup lama karena cedera dan COVID-19. Sang pemain kini sudah dinyatakan negatif dan mulai mengikuti sesi latihan.

Sementara itu, kegaduhan yang dibuat Romelu Lukaku sudah mulai mereda usai Thomas Tuchel bertemu langsung dengan sang pemain. Sang pelatih pun mengungkapkan bahwa striker asal Belgia itu bisa kembali ke dalam skuad. Dalam lima laga terakhir, Chelsea tampil tanpa seorang striker murni yang membuat mereka cukup kesulitan mencetak gol.

4. Tottenham miliki rekor buruk setiap berhadapan dengan Chelsea

5 Fakta Menarik Jelang Duel Chelsea Melawan Tottenham di SF Piala LigaHarry Kane (premierleague.com)

Meski performa Chelsea sedang menurun, mereka tetap lebih diunggulkan pada laga ini. Apalagi, secara statistik, mereka unggul cukup jauh dengan torehan enam kemenangan, berbanding hanya dua milik Tottenham. Sementara dua laga lainnya berakhir imbang. Pada pertemuan pertama kedua tim di Premier League musim ini, Chelsea bahkan berhasil membantai Tottenham 3-0 di kandang mereka sendiri. 

Namun, Tottenham yang sekarang berbeda dengan hadirnya Antonio Conte. Mereka tampil lebih menyerang dan terorganisasi. Menariknya, kedua pelatih pada laga ini, Conte dan Tuchel, memiliki formasi yang hampir sama dengan skema tiga bek.

5. Prediksi starting XI

5 Fakta Menarik Jelang Duel Chelsea Melawan Tottenham di SF Piala Ligaduel Spurs vs Chelsea (premierleague.com)

Pada laga ini Chelsea masih belum bisa menurunkan Ben Chilwell, Reece James, Andreas Christensen, dan Trevoh Chalobah karena masih bergelut dengan cedera. Sementara itu, Tottenham kemungkinan tanpa Steven Bergwijn dan Cristian Romero yang juga dilanda cedera.

Berikut prediksi starting XI kedua tim:

Chelsea (3-4-2-1): Kepa; Sarr, Silva, Azpilicueta; Alonso, Saul, Kovacic, Simons; Ziyech, Hudson-Odoi; Werner.

Tottenham (3-4-2-1): Lloris; Tanganga, Dier, Sanchez; Reguilon, Hojbjerg, Winks, Doherty; Lucas Moura, Lo Celso; Kane.

 

Itulah deretan fakta menarik jelang duel derbi London di semifinal Piala Liga. Laga ini akan sangat menarik karena bakal jadi pertemuan dua Antonio Conte dengan anak emasnya, Romelu Lukaku. Laga ini juga bakal menjadi ajang balas dendam Spurs atas kekalahan memalukan di Premier League.

Baca Juga: 6 Klub Besar dengan Gol Penalti Terbanyak Sejauh Ini, Chelsea Teratas

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya