Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Dani Olmo, Calon Bintang Spanyol Lulusan La Masia

Bermain untuk Dinamo Zagreb

Spanyol dipastikan lolos ke Euro 2020 setelah merajai babak kualifikasi grup F tanpa terkalahkan. Satu hal yang menarik perhatian adalah regenerasi skuat Matador yang tampilkan para pemain muda, salah satunya adalah Dani Olmo.

Ia menjalani debutnya bersama timnas Spayol saat tampil sebagai pemain pengganti Alvaro Morata saat laga melawan Malta (16/11). Dalam pertandingan itu tim Matador menang telak 7-0 dan Dani Olmo berhasil mencatatkan namanya di papan skor lewat satu golnya.

Lalu siapakah sebenarnya pemain berusia 21 tahun tersebut? Ini lima fakta menariknya.

1. Sempat menimba ilmu di akademi La Masia

5 Fakta Menarik Dani Olmo, Calon Bintang Spanyol Lulusan La Masiasoccermanager.com

Dani Olmo merupakan pemain kelahiran Barcelona pada tahun 1998. Dia mengawali karir sepak bolanya bersama akademi Espanyol. Tetapi dia hanya bertahan setahun dan pindah ke akademi La Masia miliki Barcelona saat berusia sembilan tahun.

Sempat bermain di Barcelona U17 dan U18, Dani Olmo kemudian hijrah ke Dinamo Zagreb II pada 2014. Hanya butuh setahun, Olmo kemudian berhasil masuk tim utama Dinamo Zagreb pada tahun 2015.

2. Bersinar bersama Dinamo Zagreb

5 Fakta Menarik Dani Olmo, Calon Bintang Spanyol Lulusan La Masiaocchionotizie.it

Sejak bergabung dengan tim utama Dinamo Zagreb, Dani Olmo langsung menarik perhatian dan bermain reguler. Hebatnya lagi, dia berhasil mempersembahkan empat trofi Liga Kroasia dan tiga Piala Liga dalam kurun waktu empat musim.

Tercatat dia telah mencetak 32 gol dan 27 assist dari 119 pertandingan Dinamo Zagreb di semua kompetisi. Olmo merupakan pemain serba bisa yang bisa ditempatkan di posisi gelandang serang ataupun winger.

3. Sempat ditawari untuk masuk timnas Kroasia

5 Fakta Menarik Dani Olmo, Calon Bintang Spanyol Lulusan La Masiamcfcxtra.com

Karier seniornya dimulai bersama Dinamo Zagreb sejak tahun 2015. Ia pun mampu beradaptasi dan mengenal dengan baik kultur sepak bola Kroasia. Berkat performanya yang luar biasa dan usianya yang masih muda, federasi sepak bola Kroasia, HNS sempat menawari Olmo untuk membela timnas Kroasia.

Karena ia sudah memenuhi syarat, yaitu tinggal selama lima tahun di Krosia. Akan tetapi Dani Olmo menegaskan jika ambisinya adalah tampil di Euro 2020 bersama timnas Spanyol.

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola Zaman Dulu yang Gak Kalah dengan Ronaldo dan Messi

4. Menjadi bagian timnas Spanyol juarai Euro U-21

5 Fakta Menarik Dani Olmo, Calon Bintang Spanyol Lulusan La Masiafootball.london

Pada tahun 2019 ini timnas Spanyol U21 sukses menjuarai Euro dengan mengalahkan Jerman U21 dengan skor 2-1 di Dacia Arena, Italia. Dan Dani Olmo menjadi bagian dari generasi emas tim muda Matador dalam kejuaraan tersebut.

Sepanjang kompetisi, ia mampu mencetak tiga gol dan menampilkan performa yang sangat memukau. Berkat penampilan dan prestasinya tersebut, dia pun dipanggil masuk timnas senior Spanyol dan menjalani debutnya saat mengalahkan Malta 7-0 (16/11).

5. Jadi incaran klub top Eropa

5 Fakta Menarik Dani Olmo, Calon Bintang Spanyol Lulusan La Masiatheguardian.com

Sinar Dani Olmo di Euro U21 bersama Spanyol mulai menarik perhatian klub-klub top Eropa. Performanya bersama Dinamo Zagreb musim ini pun sangat apik dengan enam gol dan enam assist dari 17 pertandingan.

AC Milan, Manchester United, Manchester City dan Barcelona saling berebut bisa mendapatkan jasa sang pemain di musim depan. Baru-baru ini sang pemain sendiri menyatakan jika dirinya berhasrat pulang ke Barcelona.

Itulah lima fakta sang debutan timnas senior Spanyol yang berpotensi menjadi bintang di masa depan, Dani Olmo.

Baca Juga: 4 Pemain Sepak Bola Ini Tetap Berpuasa Ramadan Meski Harus Bertanding

Firli N. Purnagara Photo Community Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You