Comscore Tracker

6 Fakta Menarik Kai Havertz, Wonderkid Incaran Real Madrid & MU

Sang penerus Michael Ballack

Kai Havertz menjadi salah satu wonderkid paling menarik perhatian di musim ini. Di usianya yang masih 20 tahun, ia telah menorehkan berbagai prestasi personal bersama Bayer Leverkusen.

Sang wonderkid pun kini menjadi salah satu pemain yang paling banyak diincar klub top Eropa. Musim ini gelandang asal Jerman ini telah mencetak dua gol dari sepuluh laga di Bundesliga. Untuk mengenal lebih jauh, berikut ini enam fakta menariknya.

1. Pemain termuda yang berhasil menembus tim utama Bayer Leverkusen

6 Fakta Menarik Kai Havertz, Wonderkid Incaran Real Madrid & MUtwitter.com/bayer04_en

Perjalanan karier Kai Havertz terbilang cemerlang. Di usia 15 tahun ia pindah ke akademi Bayer Leverkusen dari Aachen. Tak butuh waktu lama, permainan atraktifnya mampu menarik perhatian pelatih utama Leverkusen kala itu, Roger Schimdt.

Ia menarik Kai Harvertz ke tim utama pada tahun 2016 saat usianya masih 17 tahun 126 hari. Debutnya terjadi saat melawan Werder Bremen dan menjadikannya sebagai pemain termuda dalam sejarah klub yang mampu menembus tim utama.

2. Meski karier sepak bolanya mulai bersinar, pendidikan tetap yang utama

6 Fakta Menarik Kai Havertz, Wonderkid Incaran Real Madrid & MUdw.com

Kariernya bersama tim utama Leverkusen terus berkembang. Dua pekan sejak masuk tim utama, ia pun catatkan debut perdananya di Liga Champions sebagai pemain pengganti saat mengalahkan Tottenham Hotspurs 0-1 di Wembley.

Meksi kariernya cemerlang, Kai Havertz pun tak lupa dengan pendidikannya. Bahkan ia harus melewatkan beberapa laga karena demi sekolahnya. Salah satunya adalah saat absen melawan Atletico Madrid di babak 16 besar.

3. Pemain termuda di Bundesliga yang catatkan 50 laga

6 Fakta Menarik Kai Havertz, Wonderkid Incaran Real Madrid & MUstatathlon.com

Pada tahun 2017 Bayer Leverkusen resmi mengontraknya secara profesional dengan durasi lima tahun. Sejak saat itu ia menjadi langganan tim utama. Pada musim 2017/2018 dia bermain dalam 30 laga Bayer Leverkusen.

Raihan ini sendiri menjadi sebuah rekor di Bundesliga karena total sang pemain mampu cetak 50 laga di usianya yang masih muda, 18 tahun 307 hari. Harvetz pun dicatat dalam sejarah Liga Jerman sebagai pemain termuda yang tampil dalam 50 laga.

Baca Juga: Tampil Mengkilap, Kai Havertz Jadi Rebutan Real Madrid dan Barcelona

4. The Next Michael Ballack dan Kroos

6 Fakta Menarik Kai Havertz, Wonderkid Incaran Real Madrid & MUfootball.london

Sebagai sosok gelandang, dia memiliki kecepatan, olah bola dan kemampuan mencetak gol yang sangat baik. Berkat talentanya ini ia pun sering dibandingkan dengan legenda Leverkusen dan timnas Jerman, Michael Ballack.

Mantan bos Leverkusen Heiko Herrlich, bahkan mengatakan Havertz adalah bakat terbesar yang pernah dia lihat sejak playmaker Real Madrid Kroos, yang menghabiskan musim 2009/10 bermain di BayArena saat dipinjam dari Bayern Muenchen.

5. Debut bersama timnas Jerman

6 Fakta Menarik Kai Havertz, Wonderkid Incaran Real Madrid & MUbavarianfootballworks.com

Jika kebanyakan pemain harus melalui level-level timnas mulai dari U17, U19 hingga U21 sebelum menembus timnas senior, berbeda dengan Kai Havertz. Usai bermain dalam 30 laga bersama U16 dan U19, ia langsung dipanggil masuk timnas senior Jerman oleh Joachm Loew pada 2018 lalu, tanpa pernah bermain untuk U21.

Dia memulai debutnya saat menghadapi Peru dalam laga persahabatan yang berakhir kemenangan 2-1.

6. Jadi incaran banyak klub top Eropa

6 Fakta Menarik Kai Havertz, Wonderkid Incaran Real Madrid & MUsbnation.com

Di usianya yang masih 20 tahun, Harvetz telah bermain dalam 121 laga bersama Leverkusen dengan menghasilkan 31 gol dan 23 assist. Performanya ini pun membuat dia digandrungi banyak tim Eropa.

Real Madrid, Manchester United, Liverpool, Barcelona dan Juventus silih bersaing untuk dapatkan tanda tangannya pada musim panas tahun depan. Kabarnya Harvetz lebih condong untuk bergabung dengan Real Madrid.

Kita lihat saja bagaimana kisah selanjutnya dari wonderkid asal Jerman ini.

Baca Juga: MU Siapkan 125 Juta Pounds untuk Boyong Thomas Muller & Kai Havertz

Firli N. Purnagara Photo Community Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You