Comscore Tracker

Pemuncak Klasemen Bundesliga, Ini Fakta Menarik Monchengladbach

Calon juara musim ini

Jika musim-musim sebelumnya Bundesliga hanya berpusat pada persaingan antara Bayern Muenchen dan Dortmund, musim ini akan menyajikan pemandangan yang berbeda. Borussia Monchengladbach muncul sebagai pesaing yang mengejutkan.

Bagaimana tidak, hingga pekan ke-11 mereka mampu memuncaki klasemen Bundesliga dengan 25 poin. Unggul empat angka dari Leipzig dan Bayern Muenchen yang miliki poin sama. 

Publik mungkin belum banyak tahu dengan klub Jerman yang satu ini. Berikut ini adalah lima fakta menariknya.

1. Kisah unik dibalik pendirian klub

Pemuncak Klasemen Bundesliga, Ini Fakta Menarik Monchengladbachrp-online.de

Klub ini berdiri pada tanggal 17 Nopember 1899 dengan nama awal FC Borussia. Uniknya klub ini didirikan di sebuah bar oleh sekelompok masyarakat kota tersebut yang mencintai sepak bola.

Setahun kemudian klub tersebut diresmikan dengan nama berbeda, yaitu Borussia 1900. Sedangkan penambahan nama Monchengladbach dilakukan 10 tahun kemudian. Klub ini menjadi klub ke-30 dari kota Westphalia dengan nama lengkap Borussia 199 M.Gladbach.

2. Gelar Bundesliga pertama dalam sejarah klub

Pemuncak Klasemen Bundesliga, Ini Fakta Menarik Monchengladbachbulicheck.de

Gladbach baru merasakan kompetisi Bundesliga pada tahun 1965 usai berhasil promosi. Namun tak perlu waktu lama bagi mereka untuk bisa menjadi juara. Lima musim kemudian mereka berhasil meraih trofi Bundesliga pertamanya, yaitu musim 1969/1970.

Sepanjang sejarah klub, mereka telah meraih lima gelar Bundesliga. Itu semua terjadi di era 70-an. Dan sejak saat itu, mereka pun tak pernah lagi merasakan juara.

3. Kekuatan Eropa era 70-an

Pemuncak Klasemen Bundesliga, Ini Fakta Menarik Monchengladbachfootballwhispers.com

Era 70-an tidak hanya menjadi masa berjaya mereka di Jerman, melainkan juga di Eropa. Gladbach berhasil meraih trofi UEFA Cup (Europe League) pada musim 1974/1975. Saat itu mereka berhasil mengawinkan trofi Bundesliga dan UEFA Cup usai mengalahkan Twente di final dengan skor aggregate 5-1.

Pada musim 1978/1979 mereka kembali menjadi juara UEFA Cup dengan mengalahkan wakil Serbia, Red Star Belgrade. Gelar itu sekaligus menjadi gelar terakhir mereka di kancah Eropa.

Baca Juga: 2 Gol Injury Time Antar Dortmund Kembali ke Puncak Bundesliga

4. Menjalin persahabatan dengan Liverpool

Pemuncak Klasemen Bundesliga, Ini Fakta Menarik Monchengladbachwdr.de

Di era 70-an musuh bebuyutan Gladbach di kompetisi Eropa adalah Liverpool. Keduanya saling berhadapan sebanyak lima kali dengan tiga kemenangan untuk The Reds dan dua untuk Gladbach.

Tetapi, alih-alih saling membenci, keduanya justru saling menjalin persahabatan. Pada tahun 80 dan 90-an kedua fans klub saling berkunjung ke stadion masing-masing untuk saksikan klubnya bertanding.

Fans Gladbach bahkan turut memberikan sumbangan sekitar 40 ribu euro kepada fans Liverpool korban tragedi Hillsborough pada 1989.

5. Berpeluang raih juara Bundesliga musim ini

Pemuncak Klasemen Bundesliga, Ini Fakta Menarik Monchengladbachtwitter.com/borussia_en

Terakhir kalinya Gladbach menjuarai Bundesliga terjadi pada musim 1976/1977. Kini impian mereka untuk menjadi juara lagi terbuka setelah empat dasawarsa. Konsistensi dibutuhkan oleh anak asuh Florian Kohfeldt, apalagi jalannya kompetisi masih cukup panjang.

Saat ini mereka unggul empat poin dari para pesaingnya. Persaingan pun sangat ketat, bahkan klub dengan peringkat 10 pun secara kalkulasi angka masih bisa menjadi juara Bundesliga.

Mampukah Monchengladbach mengejutkan dunia dengan juarai Bundesliga musim ini?

Baca Juga: Gagal di Liga Champions, Dortmund Buru Gelar Juara Bundesliga

Firli N. Purnagara Photo Community Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You