5 Fakta Menarik Pekan Perdana Serie A Italia Musim 2021/2022

Gimana hasil tim kesayanganmu?

Berbeda dengan liga top Eropa lainnya yang telah memulai kompetisi sejak pekan lalu, Serie A baru memulai laga pembuka pada 22 Agustus kemarin. Meski baru pembukaan, kompetisi musim ini tampaknya akan berjalan lebih kompetitif dan menarik. Serie A bahkan dibuka dengan banjir gol dan permainan yang keras dan atraktif.

Tidak hanya itu, persaingan akan lebih ketat karena kembalinya deretan pelatih top seperti Jose Mourinho, Max Allegri hingga Maurizio Sarri. Itu hanya satu dari banyak cerita pekan perdana, dan inilah 5 fakta menarik lainnya.

1. Juara bertahan tampil garang meski ditinggal para pemain kuncinya

5 Fakta Menarik Pekan Perdana Serie A Italia Musim 2021/2022Selebrasi kemenangan Inter Milan (inter.it)

Berstatus juara bertahan, Inter Milan menjadi sorotan karena masalah finansial yang cukup serius. Hal ini bahkan memaksa mereka melepas dua pemain kuncinya, Achraf Hakimi dan Romelu Lukaku. Sang pelatih Antonio Conte bahkan mundur lebih dulu akibat dari kesulitan finansial tersebut.

Hal ini pun membuat banyak pihak meragukan Inter Milan di musim ini. Meski demikian, mereka membungkam para pengkritiknya lewat performa impresif di laga pembuka. Melawan Genoa, Inter Milan tampil garang dengan kemenangan 4-0.

Hakan Calhanoglu dan Edin Dzeko jadi pahlawan dalam laga tersebut lewat satu gol dan satu assist masing-masing. Fans pun kini optimis dua pemain barunya itu bisa mengisi lubang yang ditinggalkan Lukaku.

2. Klub elite tampil impresif kecuali Juventus

5 Fakta Menarik Pekan Perdana Serie A Italia Musim 2021/2022Gol Cristiano Ronaldo dianulir di menit akhir (globaltimes.com)

Persaingan menuju juara musim ini tampaknya akan sangat seru dan ketat jika melihat performa meyakinkan para tim unggulan di laga pembuka. Klub-klub seperti Atalanta, Napoli, AS Roma, lazio dan AC Milan kompak meraih kemenangan. Mereka bakal menjadi btu sandungan serius bagi juara bertahan Inter Milan.

Nasib buruk justru menimpa Juventus. Mereka hanya meraih hasil imbang 2-2 melawan Udinese. Juventus sebenarnya hampir saja menang lewat gol Cristiano Ronaldo di akhir laga. Sayang, golnya tersebut dianulir VAR akibat offside tipis.

Baca Juga: Hebat! 5 Kiper yang Mampu Mencetak Gol di Pentas Serie A Italia

3. Kompetisi dibuka dengan banjir kartu merah

5 Fakta Menarik Pekan Perdana Serie A Italia Musim 2021/2022Victor Osimhen dihanjar kartu merah (correctscore.com)

Hal lain yang menarik dari laga pembukaan Serie A musim 2021/2022 adalah banyaknya kartu merah yang dikeluarkan wasit. Dari 10 laga yang berlangsung terdapat 6 kartu merah, di mana dua laga di antaranya diterima masing-masing klub.

Laga tersebut adalah AS Roma melawan Fiorentina, dan Bologna melawan Salernitana. Di antara enam kartu meraih itu, dua di antaranya didapatkan dua pemain depan top, yaitu Nicolo Zaniolo dan Victor Osimhen.

4. Panggung para pemain anyar

5 Fakta Menarik Pekan Perdana Serie A Italia Musim 2021/2022Hakan Calhanoglu dan Edin Dzeko (inter.it)

Klub-klub Serie A cukup aktif di bursa transfer musim panas ini. Inter Milan, AC Milan dan AS Roma menjadi salah satu yang paling banyak hadirkan pemain baru. Luar biasanya, laga pembuka ini jadi panggung untuk para pemain baru.

Hakan Calhanoglu dan Edin Dzeko tampil memukai untuk Inter Milan dengan masing-masing ciptakan 1 gol dan 1 assist. Sedangkan striker baru AS Roma, Tammy Abraham jadi pahlawan Giallorossi lewat dua assist yang dia berikan untuk kemenangan 3-1 atas Fiorentina. 

5. Tak ada kejutan dari klub promosi

5 Fakta Menarik Pekan Perdana Serie A Italia Musim 2021/2022Venezia FC (football-italia.net)

Musim ini Serie A kedatangan tiga klub promosi baru, yaitu Empoli, Venezia dan Salernitana. Ketiganya sudah sangat lama tidak tampil di kasta tertinggi sepak bola Italia. Venezia dan Salernitana bahkan sudah absen selama hampir lebih dari 20 tahun. Sayangnya, ketiganya gagal membbuat kejutan di laga pembuka Serie A musim ini.

Ketiganya harus menerima kekalahan dari klub-klub yang lebih mapan. Venezeia dikalahkan Napoli dengan skor 2-0, Salernitana dibungkam Bologna 3-2, sedangkan Empoli kalah 1-3 dari Lazio.

 

Itulah beberapa fakta menarik laga pembuka Serie A musim 2021/2022. Meski baru laga perdana, kompetisi musim ini menjanjikan persaingan yang sangat menarik. Perginya bintang Serie A seperti Romelu Lukaku tergantikan dengan hadirnya bintang baru seperti Tammy Abraham, Olivier Giroud dan Kaio Jorge. 

Baca Juga: 5 Calon Bintang Muda Serie A Musim 2021/22, Siap Tampil Mengejutkan

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya