Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Pekan ke-15 Premier League, Chelsea Kehilangan Takhta

Manchester City kini jadi pemuncak Premier League

Premier League pekan ke-15 menjadi mimpi buruk bagi pemuncak klasemen, Chelsea. Mereka harus rela kehilangan takhta usai menelan kekalahan dari tim kuda hitam, West Ham United. Di sisi lain, para pesaingnya sukses meraih tiga poin. Kondisi ini pun membuat persiangan di puncak klasemen semakin memanas.

Tidak hanya itu, persaingan di posisi The Big Six pun tidak kalah sengit. Tim-tim mapan mulai menemukan permainan terbaiknya kembali. Berikut ini lima fakta menarik yang tersaji di pekan ke-15 Premier League.

1. West Ham, sang pembunuh raksasa

5 Fakta Menarik Pekan ke-15 Premier League, Chelsea Kehilangan Takhtapara pemain West Ham melakukan selebrasi gol (twitter.com/WestHam)

Setelah gagal meraih kemenangan dalam tiga laga terakhirnya di Premier League, West Ham akhirnya kembali ke jalur kemenangan. Luar biasanya, lawan yang mereka kalahkan adalah sang pemuncak klasemen, Chelsea. The Hammers unggul dengan skor tipis 3-2. Kemenangan ini sangat fantastis karena West Ham kini bisa disebut sebagai tim penghancur klub raksasa.

Selain Chelsea, mereka juga berhasil membungkam Liverpool dan Tottenham di EPL serta menyingkirkan Manchester United dan Manchester City di Piala Liga. Tambahan tiga poin pun membuat posisi empat mereka aman untuk sementara dengan 27 poin, unggul dua angka Spurs di bawahnya.

2. Manchester City rebut klasemen, Liverpool menempel sengit

5 Fakta Menarik Pekan ke-15 Premier League, Chelsea Kehilangan Takhtapara pemain Man City melakukan selebrasi gol (premierleague.com)

Kemenangan West Ham atas Chelsea jadi berkah tersendiri bagi Manchester City dan Liverpool. Anak asuh Pep Guardiola berhasil merebut puncak klasemen setelah mengalahkan Watford dengan skor 3-1. Sementara itu, Liverpool secara dramatis menang 1-0 atas Wolverhamtpon lewat gol di menit akhir Divock Origi.

The Reds kini naik ke peringkat kedua dengan 34 poin, hanya tertinggal satu angka saja dari Manchester City. Sementara itu, Chelsea harus turun dua tingkat dengan koleksi 33 poin. Ini menjadi kekalahan kedua mereka pada musim ini di Premier League.

Baca Juga: 7 Mantan Pemain Manchester City yang Saat Ini Bermain di LaLiga

3. Debut meyakinkan Ralf Rangnick dan catatan impresif Steven Gerrard

5 Fakta Menarik Pekan ke-15 Premier League, Chelsea Kehilangan TakhtaRalf Rangnick (twitter.com/ManUtd)

Sudah enam pelatih yang menjadi korban pemecatan di Premier League musim ini. Artinya enam sosok baru juga datang sebagai pelatih pengganti. Salah satunya Ralf Rangnick yang menjalani debutnya memimpin Manchester United mengalahkan Crystal palace dengan skor 1-0. Dengan hasil ini, MU hanya terpaut tiga poin saja dari peringkat empat.

Catatan yang lebih impresif ditorehkan pelatih anyar Aston Villa, Steven Gerrard. Ia meraih kemenangan ketiganya dari empat laga EPL usai mengalahkan Leicester City 2-1. Pelatih sebelumnya, Dean Smith, hanya mampu meraih tiga kemenangan dari 11 pertandingan. Aston Villa pun kini kembali merangkak ke papan tengah dengan menempati posisi 10.

4. Newcastle akhirnya meraih kemenangan perdana

5 Fakta Menarik Pekan ke-15 Premier League, Chelsea Kehilangan Takhtapemain Newcastle United melakukan selebrasi gol (premierleague.com)

Setelah sekian lama terpuruk tanpa meraih satu pun kemenangan, Newcastle United akhirnya memutus rekor tersebut. The Magpies meraih kemenangan pertamanya usai mengalahkan Burnley dengan skor 1-0. Ini juga menjadi kemenangan pertama Eddie Howe setelah menggantikan Steve Bruce.

Ia telah memimpin klub pada tiga laga Premier League dengan rinciain masing-masing satu kemenangan, sekali imbang, dan sekali kalah. Tambahan tiga poin pun membuat peringkat mereka naik satu tingkat ke urutan 19 dengan 10 poin dan tertinggal tiga angka dari posisi aman.

5. Tottenham semakin nyaman di bawah asuhan Antonio Conte

5 Fakta Menarik Pekan ke-15 Premier League, Chelsea Kehilangan TakhtaAntonio Conte (premierleague.com)

Di bawah asuhan Nuno Santos, permainan Tottenham cenderung monoton, tumpul, dan kurang memiliki kreativitas. Namun, semuanya berubah ketika klub diambil alih oleh Antonio Conte. Spurs mampu menunjukan determinasi, visi bermain yang jelas, dan tentu saja sebuah identitas. Pada pekan ke-15 semalam, Spurs menang telak 3-0  atas Norwich.

Meski kalah penguasaan bola dengan 40 persen saja, Spurs lebih efektif dengan melahirkan tujuh shoot on goal berbanding satu. Di bawah asuhan Conte, Spurs belum terkalahkan di Premier League dengan torehan tiga kemenangan dan sekali imbang. Kini mereka pun duduk di peringkat ke-5 dengan 25 poin, hanya tertinggal dua angka dari West Ham. Namun, Conte masih memiliki satu laga tunda.

 

Itulah lima catatan menarik yang terjadi pada pekan ke-15 Premier League. Tatanan klasemen berubah cukup drastis, khususnya di papan atas. Dengan perjalanan yang masih cukup panjang, setiap tim masih memiliki peluang yang sama untuk meraih gelar. Klub favoritmu di urutan berapa?

Baca Juga: Conte Cuek Harry Kane Seret Gol di Premier League

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya