Comscore Tracker

5 Gelandang yang Berpotensi Meninggalkan Liverpool setelah Wijnaldum

Ada Naby Keita dan Alex Oxlade-Chamberlain

Musim lalu Liverpool gagal mempertahankan gelar Premiere League, bahkan berakhir tanpa meraih satu pun gelar. Tak hanya itu, mereka pun kehilangan gelandang andalan, Giorgino Wijnaldum, yang tidak memperpanjang kontraknya dan pergi ke PSG dengan status free transfer

Tampaknya gelandang asal Belanda itu bukan satu-satunya yang meninggalkan Anfield. Beberapa gelandang berikut ini pun dikabarkan berpotensi hijrah pada bursa transfer mendatang. Siapa saja? Ini ulasannya. 

1. Marko Grujic

5 Gelandang yang Berpotensi Meninggalkan Liverpool setelah WijnaldumMarko Grujic (thisisanfield.com)

Didatangkan dari Red Star Belgrade pada 2016, nasib Marko Grujic di Liverpool justru kurang beruntung. Dia gagal mendapatkan tempat di tim utama dan lebih sering dipinjamkan ke klub lain. Sempat dipinjam Cardiff City dan Herta Berlin, musim lalu gelandang bertahan itu berkostum Porto selama satu musim dengan tampil dalam 39 laga di semua ajang.

Pemain berusia 25 tahun ini sudah tak memiliki masa depan lagi di Anfield dan Liverpool dikabarkan ingin melepas sang pemain di bursa transfer mendatang dengan banderol 20 juta euro atau sekitar Rp345 miliar. Porto kabarnya menjadi tim yang paling berminat untuk mendatangkannya.

2. Harry Wilson

5 Gelandang yang Berpotensi Meninggalkan Liverpool setelah WijnaldumHarry Wilson (sbnation.com)

Harry Wilson merupakan lulusan akademi Liverpool yang digadang-gadang bakal jadi pemain kunci di masa depan. Namun, hingga saat ini dia belum mampu mewujudkan prediksi tersebut dan lebih sering dipinjamkan ke klub lain. Musim lalu dia dipinjamkan ke  Cardiff City dan berhasil menorehkan 7 gol dari 38 laga.

Meski tampil memukau, dia tampaknya tetap kesulitan menembus tim utama Liverpool yang sudah diisi nama-nama besar. Hal ini pun dimanfaatkan beberapa klub yang siap memboyongnya. Leeds United, Benfica, dan Cardiff bakal menjadi klub yang bersaing untuk dapatkan pemain asal Wales itu.

Baca Juga: 5 Rekor yang Dipecahkan Mohamed Salah bersama Liverpool, Fantastis!

3. Ben Woodburn

5 Gelandang yang Berpotensi Meninggalkan Liverpool setelah WijnaldumBen Woodburn (theathletic.com)

Ben Woodburn menjadi lulusan akademi Liverpool lainnya yang kesulitan mendapatkan tempat di tim utama. Musim lalu dia dipinjamkan ke klub divisi Championship, Blackpool, dengan mencatatkan 11 laga saja. Sebelumnya dia juga sempat dipinjamkan ke Sheffield United dan Oxford United.

Berposisi sebagai gelandang serang, Woodboorn akan sulit memiliki masa depan di Liverpool. The Reds sendiri kabarnya bakal melepas pemain berusia 21 tahun ini demi mendapatkan dana segar. Saat ini harga pasar sang pemain hanya 2 juta euro atau sekitar Rp34 miliar.

4. Naby Keita 

5 Gelandang yang Berpotensi Meninggalkan Liverpool setelah WijnaldumNaby Keita (si.com)

Naby Keita diboyong Liverpool pada 2018 lalu dari RB Leipzig dengan harga 60 juta euro atau sekitar Rp1 triliun. Sayangnya, harga mahal sang gelandang justru tidak berbanding lurus dengan performanya di Liverpool. Kariernya di Anfield tidak berjalan dengan mulus. Kesulitan beradaptasi dan masalah cedera menjadi penghambat performa pemain asal Guinea tersebut.

Musim lalu dia hanya tampil dalam 10 laga di Premier League. The Reds dikabarkan sudah habis kesabaran dan memasukan namanya ke dalam daftar jual di bursa transfer mendatang. Nilai pasarnya sendiri saat ini jatuh ke angka 32 juta euro atau sekitar Rp551 miliar.

5. Alex Oxlade-Chamberlain

5 Gelandang yang Berpotensi Meninggalkan Liverpool setelah WijnaldumAlex Oxlade-Chamberlain (twitter.com/ChampionsLeague)

Alex Oxlade-Chamberlain sebenarnya tampil impresif bersama Liverpool sejak kedatangannya dari Arsenal pada 2017. Sayangnya, cedera lutut dan hamstring mengganggu performanya di dua musim terakhir. Sialnya, setelah sembuh dia keksulitan bersaing menembus tim utama.

Musim lalu dia hanya tampil dalam 13 laga Premier League dengan torehan sebiji gol. Saat ini dia dirumorkan akan meninggalkan Liverpool dan bergabung dengan Dortmund. Sang pemain bahkan dikabarkan sudah menjalin komunikasi dengan klub asal Jerman itu.

 

Liverpool tampaknya akan merombak skuadnya musim depan dengan melepas beberapa pemain yang dinilai kurang berkontribusi. Dana yang mereka dapatkan dari penjualan pemain akan digunakan memboyong pemain anyar. Hal ini tentunya demi membentuk skuad yang lebih kompetitif usai gagal dapatkan satu pun gelar di musim lalu.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Bela Liverpool dan PSG, Wijnaldum Terbaru

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya