Kembali ke Juventus, 5 Tugas Berat Ini Sudah Menanti Allegri

Bisakah dia mengembalikan dominasi Juventus?

Musim ini Juventus gagal mempertahankan gelar Scudetto yang telah sembilan musim berada di tangan mereka. Tak hanya itu, Juventus pun kembali gagal di Liga Champions. Akibatnya, Andrea Pirlo yang baru semusim menangani Bianconerri terpaksa harus dipecat. Sebagai gantinya, Juventus memutuskan untuk kembali dilatih Massimilliano Allegri.

Sederet pekerjaan rumah penting pun sudah menantinya. Sebagai klub raksasa dan ambisius, Juventus sangat berharap Allegri mampu mengembalikan kejayaan mereka. Berikut ini 5 tugas berat yang sudah menanti Allegri.

1. Mempertahankan Cristiano Ronaldo

Kembali ke Juventus, 5 Tugas Berat Ini Sudah Menanti AllegriCristiano Ronaldo (insider.com)

Sejak didatangkan pada 2018, Cristiano Ronaldo mampu menjadi mesin gol Juventus. Dia menorehkan 101 gol hanya dari 133 laga di semua ajang, padahal usianya telah menginjak 36 tahun. Meski demikian, sang pemain gagal membawa Juventus meraih trofi Liga Champions dalam tiga musim terakhir, seperti yang mereka harapkan.

Kini sang pemain dikabarkan akan meninggalkan Juventus. Beberapa tim besar seperti Manchester United dan PSG kabarnya siap menebus harga sang pemain. Ini akan menjadi tugas pertama Allegri untuk bisa meyakinkannya bertahan. Meski telah berusia uzur, kehadirannya akan tetap dibutuhkan skuad Juventus, bukan hanya sebagai pencetak gol, melainkan juga pengalaman dan kepemimpinannya.

2.  Menyatukan kembali kekompakan pemain

Kembali ke Juventus, 5 Tugas Berat Ini Sudah Menanti AllegriMassimiliano Allegri dan Cristiano Ronaldo (90min.com)

Meski kehadiran Cristiano Ronaldo memberikan dampak signifikan soal mencetak gol, hal ini pun menghadirkan keretakan dalam skuad. Sejak didatangkan pada 2018, tiga musim berturut-turut Juventus selalu gagal di fase knock out Liga Champions. Prestasi tertinggi mereka hanyalah babak perempat final.

Bandingkan saat diasuh Allegri ketika Juventus berhasil  lolos ke babak final dalam dua kesempatan. Kini dengan pulangnya sang pelatih, dia diharapkan mampu mengembalikan keseimbangan di dalam skuad. Apalagi, Allegri pun dikenal mampu mengenali karakteristik dan posisi yang tepat bagi para pemain Juventus.

Baca Juga: Berharap Tuah Kepulangan Allegri ke Juventus

3. Mengembalikan dominasi Juventus di Serie A

Kembali ke Juventus, 5 Tugas Berat Ini Sudah Menanti AllegriSelebrasi juara Serie A Juventus di bawah asuhan ALlegri (espn.com)

Penunjukan kembali Massimiliano Allegri sebagai pelatih Juventus tak lain dan tak bukan demi mengembalikan dominasi Juventus di Serie A. Musim ini mereka tidak hanya gagal pertahankan Scudetto, tetapi juga hanya mampu finish di peringkat ke-4 di akhir musim di bawah Inter Milan, AC Milan, dan Atalanta.

Allegri sendiri adalah sosok yang mampu mempersembahkan 5 gelar Scudetto dan 4 Coppa Italia beruntun selama lima musim menangani Juventus. Kini, pada periode keduanya dia diharapkan kembali merebut trofi tersebut dari tangan Inter Milan. Peluang tersebut akan sangat terbuka karena sang juara tampaknya akan melakukan perombakan akibat masalah finansial.

4. Strategi transfer yang jitu

Kembali ke Juventus, 5 Tugas Berat Ini Sudah Menanti AllegriMassimiliano Allegri (twitter.com/juventusfcen)

Kunci lainnya yang bakal menjadi penentu kesuksesan Juventus di musim depan adalah strategi transfer pemain. Allegri harus mampu memilih pemain-pemain baru yang dibutuhkan selain mempermanenkan beberapa nama yang sudah membuktikan kontribusinya seperti Federico Chiesa, Alvaro Moratta, dan Dejan Kulusevski.

Saat ini Juventus dikaitkan dengan beberapa nama besar, seperti Paul Pogba, Angel Correa, dan Mauro Icardi. Selain menghadirkan pemain baru, Allegri pun harus memilah pemain-pemain yang bakal dilepas dan memiliki kontribusi minim.

5. Mewujudkan mimpi meraih Liga Champions

Kembali ke Juventus, 5 Tugas Berat Ini Sudah Menanti AllegriBuffon gagal meraih Liga Champions (theguardian.com)

Liga Champions tampaknya ajang yang tidak bersahabat bagi Juventus. Klub yang baru meraih dua trofi Liga Champions tersebut sudah tampil dalam 3 laga final dalam dua dekade terakhir. Namun, semuanya harus dilewati dengan kekalahan. Kehadiran Allegri diharapkan mampu mewujudkan mimpi panjang tersebut.

Allegri sendiri merupakan satu-satunya pelatih Juventus yang berhasil membawa Bianconeri lolos ke dua final Liga Champions. Pada periode keduanya ini, dia diharapkan mampu memberikan trofi paling bergengsi ini.

 

Kehadiran Massimiliano Allegri di kursi kepelatihan Juventus untuk musim depan membangkitkan kembali optimisme fans. Mereka berharap kedatangannya bisa mengembalikan kejayaan Bianconeri di Serie A dan Eropa. Dengan pengalamannya yang matang, bisakah Allegri mewujudkan mimpi tersebut?

Baca Juga: Kenangan dan Dosa Gianluigi Buffon Bersama Juventus

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya