Comscore Tracker

6 Pemain Top yang Memutuskan Kembali Bermain Usai Umumkan Pensiun

Robben kembali bermain untuk klub masa kecilnya

Di dunia lapangan hijau, usia kepala tiga biasanya menjadi akhir perjalanan karier para pesepak bola. Fisik yang tidak lagi fit dan kehilangan waktu bermain kadang mendorong mereka untuk memilih gantung sepatu, dan memulai karier baru di balik layar.

Tetapi tidak jarang juga para pemain veteran tersebut memilih kembali bermain setelah jalani masa pensiun. Hal ini tak lepas dari pengalaman dan kualitas mereka yang masih terjaga. Siapa saja? Ini 6 pemain top di antaranya.

1. Johan Cruyff  

6 Pemain Top yang Memutuskan Kembali Bermain Usai Umumkan Pensiuneurosport.com

Johan Cruyff merupakan legenda bagi Ajax, Barcelona dan timnas Belanda. Setelah membela Barcelona sejak tahun 1973, ia memutuskan untuk gantung sepatu pada tahun 1978. Namun tak berselang lama Cruyff  memutuskan untuk kembali bermain dengan membela tim MLS,  Los Ageles Aztec.

Alasan sang pemain adalah dikarenakan dirinya menjadi korban penipuan investasi di Spanyol. Setelahnya ia aktif bermain selama enam tahun dan sempat kembali membela Ajax sebelum kembali pensiun sebagai pemain bersama Feyenoord pada tahun 1984.

2. Marc Overmars

6 Pemain Top yang Memutuskan Kembali Bermain Usai Umumkan Pensiuntelegraaf.nl

Pada tahun 2000 Barcelona memboyong Marc Overmars dari Arsenal dengan harga sangat tinggi kala itu, 40 juta euro. Sayang kariernya harus tehenti oleh cedera lutut parah dan memutuskan gantung sepatu pada tahun 2004.

Namun empat tahun kemudian ia memutuskan kembali bermain usai tampil apik saat laga perpisahan Jaap Stam. Beberapa klub pun menawarkan kontrak kepada Overmaras. Meski ia awalnya menolak, Overmars akhirnya menerima tawaran klub pertamanya, Go Ahead Eagles dengan kontrak setahun.

Ia pun sempat membela klub guram Belanda, SV Epe pada 2010 sebelum akhirnya benar-benar pensiun pada 2011.

3. Jens Lehmann

6 Pemain Top yang Memutuskan Kembali Bermain Usai Umumkan Pensiundailymail.co.uk

Jens Lehmann merupakan salah satu kiper terbaik pada masanya. Pemain asal Jerman itu menghabiskan enam musim bersama Arsenal dan menjadi bagian penting ketika The Gunners menjuarai Premier League dengan rekor tak terkalahkan pada musim 2003/2004.

Pada tahun 2008 ia hijrah ke Stuttgart dan memutuskan pensiun pada musim selanjutnya. Namun pada Maret 2011 Arsenal membutuhkan bantuannya setelah badai cedera menghantam skuadnya.

Lehmann pun kembali dari masa pensiunnya untuk membela Arsenal sebelum pensiun selamanya di akhir musim.

Baca Juga: Selain Robben, 7 Pemain Ini Kembali Bermain Setelah Sempat Pensiun

4. Paul Scholes

6 Pemain Top yang Memutuskan Kembali Bermain Usai Umumkan Pensiungoal.com

Paul Scholes merupakan generasi emas Manchester United di masa kepelatihan Sir Alex Fergusson. Bersama Setan Merah ia telah mempersembahkan semua gelar bergengsi di level klub. Gelandang elegan ini mengakhiri kariernya di dunia sepak bola pada akhir musim 2010/2011.

Namun pada Januari 2012 publik dikejutkan dengan keputusannya kembali bermain untuk Setan Merah. Hebatnya, saat itu ia pun sukses persembahkan gelar Premier League sebelum benar-benar gantung sepatu untuk selamanya.

5. Landon Donovan

6 Pemain Top yang Memutuskan Kembali Bermain Usai Umumkan Pensiundailynews.com

Landon Dovovan adalah ikon dan legenda sepak bola Amerika Serikat. Ia memutuskan gantung sepatu pada tahun 2014 setelah membela LA Galaxy sejak tahun 2005, dan sempat dipinjamkan ke Bayern Munchen dan Everton. Namun pada tahun 2016 mantan timnya, LA Galaxy memintanya untuk kembali.

Ia pun menerima ajakan tersebut dan tampil dalam enam laga pada musim tersebut. Sayangnya ia gagal memberikan titel juara pada klubnya tersebut. Terlepas dari itu, Landon Donovan adalah top skorer sepanjang masa MLS.

6. Arjen Robben

6 Pemain Top yang Memutuskan Kembali Bermain Usai Umumkan Pensiuntwitter.com/fcgroningen

Arjen Robben menjadi pemain paling baru yang memutuskan untuk kembali bermain setelah mengumumkan gantung sepatu pada Juli 2019 lalu. Sepanjang kariernya ia pernah membela Chelsea, Real Madrid dan Bayern Munchen dengan total 20 trofi bergengsi.

Namun keputusannya untuk pensiun diralat baru-baru ini setelah bergabung dengan klub masa kecilnya, Groningen. Alasannya pun cukup mulia karena Robben ingin membantu mantan klubnya itu, yang sedang mengalami krisis finansial akiba pandemik Covid-19.

Itulah 6 pemain top yang memutuskan kembali ke dunia lapangan hijau setelah menjalani masa pensiun. Beberapa pemain memiliki tujuan mulia dengan membantu mantan klubnya. Ada pemain favoritmu?

Baca Juga: Paul Scholes Sarankan Pogba Untuk "Gunakan Otak" Saat Bertanding

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya